Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Apakah Anda punya wajan atau peralatan dapur lainnya yang berkarat dan ingin mengkilapkannya kembali? Jika iya, tentu saja Anda harus tahu cara mengkilapkan stainless steel. Dengan begitu peralatan dapur Anda akan kembali kinclong seperti yang baru.

Seperti kita ketahui bahwa banyak produk peralatan rumah tangga dan dapur yang terbuat dari material stainless steel. Karena material ini sangat kuat dan tahan lama, sehingga banyak perusahaan yang jual stainless steel 304. Wajan yang Anda pakai untuk memasak juga terbuat dari stainless steel.

Tapi material stainless steel ini sangat mudah berkarat dan Anda harus cepat membersihkannya kembali. Jika dibiarkan berkarat, maka bisa menyebar ke peralatan dapur yang lainnya.

Cara Mengkilapkan Stainless Steel

Ingin tahu cara mengkilapkan stainless steel itu seperti apa? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Memakai Baking Soda

Baking Soda
Sumber: realfood.co.id

Bahan dapur ini banyak dipakai sebagai bahan untuk pembuatan kue. Namun ternyata baking soda juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan noda pada peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel.

Baking soda mempunyai sifat abrasif dimana dengan kemampuannya tersebut bisa melunturkan partikel kotoran dalam benda. Lalu bagaimana cara mengkilapkan stainless steel dengan memakai baking soda?

Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu 1 sendok teh baking soda, 2 gelar air, kain lap, dan sikat gigi bekas.

Jika karat pada stainless steel masih sedikit, campurkan soda dengan air dan gosokkan ke bagian yang ada nodanya dengan bantuan sikat gigi. Jika stainless steel telah kembali mengkilap, bilas dengan air dan keringkan dengan lap kering.

Tapi jika stainless steel mempunyai noda karat yang sangat banyak, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Setelah itu taburkan baking soda pada bagian stainless yang berkarat hingga semua permukaannya tertutup. Kemudian biarkan sekitar 30 menit.

Setelah itu sikat bagian yang telah ditaburi dengan baking soda dengan memakai sikat gigi. Jika karatnya sudah menghilang, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap.

2. Memakai Cuka Dapur

Apakah Cuka Merupakan Disinfektan dan Membunuh Virus Corona?
Sumber: bisnis.com

Selain baking soda, Anda juga dapat mengkilapkan kembali stainless steel dengan menggunakan cuka dapur. Cara menggunakannya juga sangat mudah.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah lumuri bagian yang berkarat dengan cuka kemudian tunggu hingga kering. Setelah itu gosok secara lembut area tersebut dengan menggunakan sikat gigi.

Jika karat sudah menghilang, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan memakai lap.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

3. Memakai Campuran Lemon dan Baking Soda

Lemon And Baking Soda
Sumber: sparkleandshine.today

Jika karat masih membandel, Anda bisa menggunakan campuran lemon dan baking soda. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan perasan lemon hingga berubah menjadi pasta.

Kemudian oleskan pasta tersebut ke bagian yang berkarat dan diamkan sejenak. Setelah itu gosok secara lembut bagian tersebut dengan menggunakan sikat gigi. Jika sudah bersih, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap kering.

4. Cuci Jika Ada Noda

Cleaning
usatoday.com

Jika perabotan dapur Anda ada noda, segera bersihkan pada permukaannya. Jangan sampai noda tersebut hingga mengering. Jika sudah mengering, Anda akan lebih lama membersihkannya dan permukaan perabot Anda akan berpotensi rusak.

Anda bisa membersihkan noda tersebut dengan air dan biarkan selama semalaman.Tapi jika ukuran kotorannya telah banyak, semprotkan cairan sabun ke permukaan stainless steel.

Baca juga: 6 Cara Mengasah Pisau Stainless Steel Tanpa Pakai Batu Asah

Itulah beberapa cara mengkilapkan stainless steel yang dapat Anda coba supaya perabotan Anda kinclong kembali. Dibandingkan dibiarkan membandel, sebaiknya bersihkan perabotan Anda secara teratur.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks