Indonetwork, Peralatan Rumah Tangga – Cara mengasah pisau stainless steel tidak harus menggunakan batu batu asah saja, namun jika bisa dengan menggunakan material lainnya. Apalagi batu asah ini cukup sulit ditemukan dan hanya tersedia di pasar tradisional saja.

Pisau yang biasa Anda gunakan di dapur sudah banyak terbuat dari stainless steel karena terkenal sangat awet. Tidak heran jika daftar harga stainless steel itu sangat tinggi. Peralatan dapur lainnya seperti wajan juga terbuat dari stainless steel.

Namun jika pisau stainless Anda sudah tidak tajam lagi, jangan langsung membuangnya begitu saja. Karena Anda dapat menajamkannya kembali dengan menggunakan batu asah atau bahan yang lainnya.

Cara Mengasah Pisau Stainless Steel

Pisau merupakan peralatan dapur yang sangat esensial. Karena itu, pisau harus selalu dalam keadaan tajam agar bisa memotong bahan makanan dengan mudah.

Lalu seperti apa cara mengasah pisau stainless steel supaya bisa tajam kembali? Simak rangkuman kami berikut ini.

1. Gesekkan Ke Pisau Lainnya

Cara Mengasah Pisau Agar Tajam dan Awet, Wajib Paham | Mealy
Sumber: mealy.id

Cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggesekkan pisau Anda denga pisau yang lainnya. Cara ini seharusnya tidak asing lagi, apalagi jika Anda sering melihat acara memasak atau master chef di TV.

Beberapa koki ada yang menggesekkan kedua pisaunya sebelum dipakai untuk memotong daging. Cara tersebut memang sangat efektif untuk mengasah pisau supaya lebih tajam.

Baca Juga: 7 Alasan Orang Menggunakan Peralatan Dapur Stainless

2. Asah Dengan Keramik

Cukup Pakai Gelas Keramik, Ini Cara Mengasah Pisau Dapur Tanpa Batu - Posbelitung.co
Sumber: belitung.tribunnews.com

Jika di dapur ada cangkir yang terbuat dari keramik, Anda bisa menggunakannya untuk mengasah pisau stainles steel. Bagian yang dipakai untuk mengasahnya adalah bagian gelas yang tidak tertutup dengan cat.

Kebanyakan cangkir keramik yang ada di rumah telah dilapisi dengan cat, sehingga tekstur keramiknya tidak terlihat. Namun Anda hati-hati ketika akan mengashnya karena cangkir keramik itu sangat licin.

Jika tidak hati-hati, bisa saja pisau tergelincir dan jatuh hingga melukai bagian tubuh Anda.

3. Memakai Batu Sungai

10 Cara Mengasah Pisau Agar Tajam dan Awet, Wajib Paham | Endeus.TV
Sumber: andeus.tv

Batu sungai juga dapat Anda manfaatkan untuk mengasah pisau stainless steel hingga tajam kembali. Namun pastikan menggunakan bagian batu sungai yang permukaannya halus dan rata.

Batu sungai memang terkenal karena kekerasannya dan tekstur permukaannya yang cukup bagus untuk mengasah pisau. Tapi jika tidak ada batu sungai, Anda bisa menggunakan batu yang ada di area taman.

Cara mempertajamnya sangat mudah dimana Anda tinggal menggosokannya dari sisi ke sisi yang lain.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Stainless Steel yang Berkarat

4. Asah Dengan Amplas

Inilah kesalahan kita cara mengasah parang dengan amplas sehingga tidak tajam alias tetap tumpul - YouTube
Sumber: youtube.com

Amplas yang biasa dijual di toko material biasanya tersedia dalam beberapa variasi sesuai dengan kekerasan permukaannya. Saat membeli amplas, Anda dapat memilih amplas yang kekerasannya mendekati batu asah.

Cara ini tentu saja sangat efektif, namun tidak dapat digunakan secara terus menerus. Karena amplas itu tidak awet dan tahan lama jika digesekkan dengan material tajam seperti pisau.

5. Memakai Ubin Beton

5 Cara Menajamkan Pisau Tumpul, Bisa Pakai Kardus! - Berkeluarga
Sumber: berkeluarga.id

Cara mengasah pisau stainless dengan ubin beton sama saja dengan menggunakan batu asah. Anda hanya perlu memanfaatkan bagian kasar dari ubin betonnya saja.

Tapi pastikan bahwa ubin yang dipakai itu telah dibersihkan terlebih dahulu dengan air. Jika tidak dibersihkan, maka kotoran akan menempel pada pisau. Apalagi jika ubin yang dipakai dijadikan sebagai pijakan oleh banyak orang.

6. Memakai Alat Asah Pisau

Cara Menggunakan Alat Pengasah Pisau Manual - Dapur Modern
Sumber: dapurmodern.org

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk mempertajam pisau yaitu dengan memakai alat asah pisau basah. Alat ini dapat Anda beli di pasaran dan cara menggunakannya sangat mudah.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Stainless Steel untuk Dapur Profesional

Itulah beberapa cara mengasah pisau stainless steel yang dapat Anda coba. Jadi jika di rumah tidak ada alat asah pisau, gunakan saja material lain seperti cangkir keramik.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks