Indonetwork, Kesehatan – Perkembangan pada industri kecantikan di dunia bahkan Indonesia sudah semakin pesat. Sehingga tren kecantikan saat ini semakin beragam dan diminati berbagai kalangan baik pria atau wanita dari usia remaja hingga lanjut usia. Tren penggunaan bahan alami pada perawatan kecantikan saat ini semakin marak. Madu menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang untuk dijadikan bahan perawatan kecantikan. Tidak heran, saat ini Anda dapat menemukan produk jual madu murni dengan mudah karena permintaan pasar yang tinggi.

Kira-kira apa saja manfaat madu murni dalam kesehatan, khususnya manfaat untuk  kecantikan ? Simak informasi berikut ini mengenai manfaat madu murni bagi kecantikan.

Madu Murni Untuk Kecantikan

Madu murni merupakan cairan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah madu bersama serangga lain dengan tekstur kental berwarna keemasan. Manfaat yang dimiliki madu murni sudah tidak diragukan lagi dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Sehingga permintaan madu murni pun semakin tinggi karena dapat diolah dalam beragam bentuk seperti obat, kosmetik, hingga olahan makanan. 

Semakin berkembangnya industri kecantikan, tidak memungkiri banyaknya jenis produk kecantikan yang mengandung bahan kimia dan alami. Salah satu bahan alami yang sudah terkenal akan kandungannya yang baik untuk kecantikan adalah madu. Madu sudah lama digunakan sejak zaman dahulu untuk kecantikan oleh para wanita. 

Di bidang kecantikan sendiri, jenis madu yang diperlukan adalah madu murni yang langsung diambil dari sarang lebah tanpa diolah atau dicampur dengan bahan lainnya. Kandungan antioksidan pada madu itulah yang dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Dengan kandungan alami tersebut, tidak heran jika madu banyak dicari dan mudah didapatkan. Anda dapat menjumpai berbagai jenis merk jual madu murni yang dijual di pasaran dan tidak jarang produk madu tersebut memiliki kandungan tambahan lain. Sehingga Anda perlu lebih seleksi untuk mencari madu murni yang dijual dipasaran tanpa adanya tambahan bahan lainnya.

Berikut beberapa manfaat madu murni bagi kecantikan, yang dirangkum dalam informasi di bawah ini.

1. Melembabkan Kulit 

Madu terkenal dengan salah satu manfaat pada kecantikan yaitu untuk melembabkan kulit. Madu menjadi humektan alami yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit. Humektan adalah suatu zat alami yang membantu menjaga kadar kelembaban kulit. 

Ketika kering, kulit tidak memiliki kelembaban, sehingga madu dapat digunakan untuk meningkatkan kelembaban di kulit. Untuk pengaplikasiannya, cukup oleskan madu murni di area kulit yang terasa kering, kemudian didiamkan 15 menit dan dibilas dengan air bersih.

Baca juga: 6 LANGKAH MUDAH CARA TERNAK LEBAH MADU BAGI PEMULA

2. Menyembuhkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering ditemui pada kulit wajah, tidak hanya pada perempuan, namun juga laki-laki dari berbagai usia. Permasalah jerawat seringkali membutuhkan perawatan khusus karena penggunaan bahan skincare yang berbahaya dapat membahayakan kulit bahkan memperparah jerawat.

Bahan alami yang dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat salah satunya adalah madu. Madu memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. 

Tidak hanya untuk menyembuhkan jerawat meradang, madu juga digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah. Cukup oleskan madu murni pada jerawat atau bekas jerawat yang ingin dihilangkan dan didiamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air.  Anda juga dapat mencampur madu murni dengan berbagai jenis perawatan seperti masker wajah bubuk yang akan digunakan untuk perawatan kulit wajah.

3. Madu Murni Untuk Melembabkan Bibir Kering

Sama halnya dengan kulit wajah, bibir menjadi salah satu bagian yang seringkali mengalami kekeringan. Kondisi tersebut diakibatkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh yang menyebabkan kondisi kulit kering, terutama di area bibir.

Bibir yang kering akan menyebabkan rasa perih dan mengganggu penampilan yang kurang sehat, sehingga kulit membutuhkan kelembaban lebih selain melalui konsumsi air untuk cairan tubuh. 

Madu murni menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk menjaga kelembaban pada bibir. Selain karena kandungannya, madu juga aman untuk dikonsumsi sehingga dapat digunakan di bibir ketika kering. Cukup oleskan madu di bibir dan didiamkan tanpa perlu dibilas.

4. Mencerahkan Kulit Wajah 

Selain melembabkan kulit, madu juga digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan kulit wajah. Sifat pengelupas pada madu dapat mengangkat dan menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit yang menyebabkan kusam.  Dengan penggunaan madu murni pada kulit, sel-sel kulit mati tersebut akan hilang dan membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Mencegah Penuaan Dini

Madu murni dikenal dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Kulit yang lembab dapat membuat kulit terlihat lebih sehat dan tampak lebih muda bersinar.

Hal ini dikarenakan kulit yang kering akan menyebabkan timbulnya keriput dan garis halus pada wajah.  Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembaban kulit dengan bahan alami dan mudah didapat seperti madu dengan perawatan rutin untuk hasil maksimal.

Berdasarkan informasi di atas, manfaat madu untuk kecantikan memang tidak diragukan lagi. Tentu hanya madu murni tanpa pengolahan dan tambahan bahan kimia yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. Sehingga Anda dapat menjumpai berbagai jenis madu murni yang biasanya berasal dari jenis lebah yang berbeda, seperti jenis madu klanceng yang berasal dari lebah trigona.

Baca juga: MENGENAL MADU KLANCENG BESERTA KHASIATNYA

Ciri-Ciri Madu Murni

Sebelum menggunakan madu untuk perawatan kulit, Anda perlu memperhatikan madu yang dibeli apakah madu tersebut merupakan madu murni atau bukan. Berikut ini beberapa ciri untuk membedakan madu murni dan palsu.

  • Madu asli memiliki tekstur lebih kental
  • Madu yang asli tidak membeku ketika dimasukkan ke dalam kulkas
  • Ketika dipanaskan, madu murni tidak berbusa/berbuih.
  • Madu murni tidak lengket dan akan menyerap ketika menempel di kulit.
  • Madu yang murni tidak mudah terbakar. 

Salah satu penjual madu murni berkualitas dan terpercaya adalah Rimba Raya Bee Farm. Disini Anda dapat menemukan berbagai jenis produk jual madu murni yang berkualitas dengan harga bersaing dan tersedia dalam beberapa ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks