Peternak burung walet di Indonesia banyak menggunakan pemutar suara untuk menarik burung walet sebanyak-banyaknya. Tidak hanya menggunakan ilmu tentang bisnis, namun mereka juga menggunakan keterampilan serta kepekaan untuk mengatur strategi dalam beternak walet.

Banyaknya budidaya walet di Indonesia, serta adanya cara pemanggilan walet melalui sound system, membuat beberapa daerah memiliki peraturan tersendiri mengenai hal ini. Oleh karena itu, peternak juga harus memperhatikan peraturan daerahnya masing-masing untuk membudidayakan walet.

Peralatan-Peralatan yang dibutuhkan untuk Budidaya Burung Walet

Budidaya burung walet merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, penjualan sarang burung walet dapat diolah menjadi berbagai makanan, minuman, hingga vitamin bahkan kosmetik. Sarang burung walet yang kaya akan berbagai manfaat membuat sebagian besar orang tertarik untuk mengolah bahkan membudidayakan burung walet.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan burung walet, maka Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan untuk mensukseskan usaha yang Anda. Dalam budidaya burung walet, yang pertama harus dipersiapkan adalah rumah burung walet. Anda dapat melakukan riset bagaimana membangun rumah atau ruangan untuk burung walet tinggal. Rumah tersebut nantinya akan dibagun sirip-sirip di dalamnya agar burung walet yang tinggal dapat membangun rumahnya sendiri-sendiri.

Burung walet tidak serta merta tertarik untuk tinggal di rumah burung walet yang Anda buat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan beberapa peralatan sound system untuk menarik burung walet yang sedang berkeliaran di alam bebas. Sound system yang dibutuhkan biasanya terdiri dari amplifier, speaker-speaker kecil, dan kabel telepon.

Selain itu, Anda juga membutuhkan timer yang digunakan untuk mengatur pada jam berapa saja Anda akan menarik burung walet. Timer ini nantinya akan dihubungkan dengan amplifier yang sudah terpasang, sehingga ia dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam membudidayakan burung walet, Anda juga memerlukan charger accu untuk mengecas aki dan mesin embun untuk menjaga kelembapan udara di dalam rumah walet Anda.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting harus disiapkan adalah racun hama dan parfum perangsang walet. Racun tersebut nantinya dapat Anda semprotkan pada dinding serta lantai rumah burung walet untuk menangkal serangga-serangga yang masuk. Sementara parfum perangsang walet digunakan agar burung walet betah menginap pada rumah yang Anda buat.

Baca juga: 4 Karakteristik Rumah yang disukai Walet

Cara Mengatur Suara Panggil, Tarik, dan Inap Walet

Burung Walet
Sumber: Pexels

Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan burung walet, Anda harus mempunyai keterampilan serta kepekaan untuk mengatur suara panggil, tarik, dan inap untuk burung walet. Karena pengaturan yang tidak sesuai akan membuat burung walet tidak tertarik dan hanya mampir ke dalam rumah burung walet yang Anda buat.

Anda dapat menghasilkan suara panggil, tarik, dan inap untuk burung walet menggunakan amplifier yang telah terpasang. Amplifier tersebut akan mengalirkan suara-suara ke speaker-speaker kecil yang telah Anda pasang dalam rumah burung walet Anda. Dalam mengatur suara tersebut, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan berbagai posisi jarum jam. Untuk suara panggil, Anda dapat mengaturnya dengan mengikuti posisi arah jarum jam pukul 09.00. Sementara untuk suara tarik, Anda dapat mengaturnya dengan mengikuti posisi arah jarum jam pukul 08.00 dan untuk suara inap, Anda dapat mengaturnya dengan mengikuti posisi arah jarum jam pukul 07.00 atau 07.30.

Pengaturan suara untuk burung walet, bukan berarti Anda hanya mengatur dengan mengikuti posisi jarum jam saja. Namun Anda juga harus menyesuaikan dengan keadaan rumah burung walet dan keadaan di lingkungan Anda. Pengaturan yang kurang tepat, hanya akan menggagalkan usaha Anda dalam menarik burung-burung walet. Alih-alih masuk dan menginap, mereka hanya akan berputar-putar di atas rumah burung walet dan kemudian pergi.

Baca juga: Prospek dan Tips Budidaya Walet Menggunakan Pemikat Walet

Penyebab Burung Walet Tidak Merespon Suara yang Anda Buat

Burung Walet
Sumber: Pexels

Pengaturan suara dan pemeliharaan rumah burung walet yang kurang diperhatikan akan menurunkan daya pikat burung walet. Burung walet yang bergerombol dan memutar-mutar di atas rumah walet milik Anda bukan jaminan bahwa mereka akan menginap dan membuat sarang di dalamnya.

Apabila burung walet tidak merespon suara atau hanya melintas dan tidak peduli pada rumah yang Anda buat, maka berarti ada beberapa permasalahan yang menyebabkan ketidaktertarikan burung walet. Penyebab tersebut di antaranya adalah pemutaran suara pada musim yang kurang tepat, suara terlalu keras, terlalu kecil, atau terganggu oleh suara rumah burung walet di sekitar.

Penyebab lainnya yaitu permasalahan yang berhubungan dengan bangunan rumah. Mulai dari akses menuju ruangannya yang sulit, ruangan bergema, hingga lokasi rumah yang kurang prospek. Bagian ruang inap yang menjadi sarang hama, suhu atau kelembaban yang tidak stabil, papan sirip yang kotor dan berbau hingga tidak adanya media untuk bersarang pada papan sirip juga membuat burung walet enggan menginap.

Baca juga: Karunia Walet, Penyedia Perlengkapan Budidaya Walet Terkemuka di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan walet dan mendapatkan keuntungan dari penjualan sarangnya, Anda bisa mendapatkan segala perlengkapannya di Karunia Walet. Karunia Walet merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 2016 dan menyediakan kebutuhan perlengkapan gedung walet yang paling lengkap dan berkualitas.


Author

%d bloggers like this: