Indonetwork, BudidayaKetumbar atau bisa disebut juga dengan coriandrum sativum merupakan tanaman penghasil rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian yang sering sekali digunakan untuk rempah-rempah atau bumbu masakan adalah bijinya. Aromanya biji ketumbar yang sangat khas inilah yang menjadikan citarasa masakan menjadi sangat nikmat. 

Tetapi, apakah Anda ingin tahu bagaimana cara menanam biji ketumbar dengan benar? Pada artikel ini, Indonetwork akan membahas tentang bagaimana cara menanam, merawat, dan mengolah biji ketumbar. Artikel ini akan dibuat ringkas dan sederhana sehingga dapat mudah sekali dipahami bagi para pemula. Yuk, simak artikel berikut ini!

Cara Menanam Biji Ketumbar

Biji Ketumbar 

Tidak hanya bijinya saja, daun ketumbar juga biasa digunakan untuk taburan masakan seperti sup dan salad. Air rebusan ketumbar pun bisa bermanfaat bagi kesehatan, seperti untuk menurunkan gula darah, penyakit kulit, dan juga bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan lain sebagainnya.

Maka dari itu dengan banyaknya manfaat dari tanaman ketumbar, Anda juga bisa menanam ketumbar sendiri. Berikut beberapa cara mudah menanam ketumbar.

1. Bibit Tanaman Ketumbar

Langkah pertama untuk menanam ketumbar yaitu dengan melakukan pembibitan ketumbar. Caranya adalah dengan merendam bijinya terlebih dahulu pada air hangat selama sekitar 50 menit. Tujuannya agar benih bisa cepat berkecambah. Selain biji, Anda juga bisa memanfaatkan akar ketumbar untuk proses pembibitan.

Setelah itu, ambil biji yang sudah direndam direndam tersebut untuk dicuci dengan air bersih atau air matang. Lalu, keringkan. Setelah itu, pindahkan biji ketumbar ke dalam media pot atau polybag.

Selanjutnya, siapkan dan campurkan media berupa tanah yang subur, pupuk organik, pasir dan sekam bakar. Jika sudah, masukkan biji ketumbar ke dalam wadah berisi media gembur. Buatlah lubang di bagian samping dan juga di bawah wadah agar sirkulasi airnya berjalan lancar.

Selanjutnya, Anda bisa mendiamkannya selama 1 hari dan upayakan media dalam keadaan lembab. Jika sudah didiamkan selama 1 hari, barulah buat lubang dan tanam biji yang tadi sudah Anda keringkan. Jika sudah dilakukan, tutuplah wadah dengan plastik yang bening.

Agar bisa tumbuh dengan baik, letakkan wadah di tempat yang terkena sinar matahari dengan cukup. Anda perlu menghindari tanaman dari air hujan.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Biji Ketumbar, Rasakan Khasiatnya!

2. Persiapan Lahan Tanam

Biasanya dalam waktu sekitar 7-12 hari, biji ketumbar akan berkecambah. Tetapi, bisa juga biji yang sudah Anda semai tidak tumbuh dikarenakan faktor kelembaban yang sangat tinggi sehingga biji ketumbar malah membusuk. Kualitas awal biji ketumbar juga sangat mempengaruhi proses perkecambahan ini. Tanaman bisa tumbuh dengan sangat cepat atau bahkan tidak akan tumbuh.

Jika bibit ketumbar sudah siap, Anda bisa pindahkan ke lahan tanam. Ciri-ciri bibit ketumbar yang sudah siap yaitu bibit yang memiliki 2-5 helai daun. Sebelum ditanam, siapkan dahulu lahan sebaik mungkin. Anda dapat melakukannya di lahan pertanian atau hanya sekedar di pot jika Anda tidak mempunyai lahan yang cukup luas.

Jika menanam ketumbar di lahan pertanian, sebaiknya Anda bersihkan dahulu gulma-gulma yang tumbuh. Kemudian, olah tanah sampai benar-benar gembur dan subur. Agar tanah tambah subur, Anda dapat menambahkan pupuk organik di dalamnya.

3. Jarak Tanam Ketumbar yang Ideal

Untuk menanam ketumbar pada lahan pertanian yang sudah Anda olah tadi, Anda bisa membuat bedengan dengan ukuran yang menyesuaikan dengan lahan Anda.  Ukuran idealnya adalah sebesar 2 meter kali 30 cm dan dengan ketinggian 10 cm.

Selain itu, perhatikan jarak antara satu lahan dengan lahan lainnya. Jarak yang ideal untuk menanam ketumbar adalah sekitar 10-15 cm antar tanaman. Jika Anda menanam di pot, gunakanlah jarak yang fleksibel dan memastikan pot tertata dengan rapi dan indah dipandang.

Agar kelembaban tanah tetap terjaga dengan baik dan juga bibit mudah beradaptasi, maka segera lakukan penyiraman. Ingat untuk tidak menyiram tanaman terlalu banyak agar tidak membusuk. 

Cara Merawat Ketumbar

tanaman biji ketumbar
Sumber: Healthline

Setelah berhasil menanam ketumbar, Anda tentu perlu melakukan perawatan tanaman ketumbar agar hasil panen lebih banyak dan juga tanaman menjadi lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa cara merawat tanaman ketumbar yang bisa Anda lakukan.

1. Penyiangan Gulma

Pada beberapa hari kedepan biasanya tanaman ketumbar akan tumbuh dan pada sekeliling tanaman akan tumbuh gulma. Gulma akan sangat mengganggu bagi pertumbuhan ketumbar karena banyak sekali menyerap nutrisi yang seharusnya dimiliki oleh ketumbar. Karena itu, cabuti gulma setiap gulma tumbuh agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.

Baca Juga: Fakta-fakta Unik tentang Biji Ketumbar

2. Pemupukan

Nutrisi yang terdapat pada tanah bisa saja mengurang, dikarenakan diserap oleh tanaman. Berikanlah pupuk organik untuk bisa memperbaiki struktur tanah yang ada. Juga bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan hasil panen lebih banyak.  

3. Penyiraman

Siramlah tanaman ketumbar dengan perlahan dan terukur. Jangan terlalu banyak, seperti tadi yang sudah dibahas, karena bisa menyebabkan layu atau membusuk. Lakukan penyiraman pada saat pagi dan sore hari saja.

4. Pemangkasan

Tinggi tanaman ketumbar ini bisa bervariasi, tidak selalu sama ukurannya dengan yang lain. Maka dari itu, lakukan pemangkasan saat daun mulai tumbuh banyak dan terlalu tinggi.

Mengolah Biji Ketumbar

minuman sehat ketumbar
Sumber: Google

Banyak sekali orang yang masih belum paham dan penasaran dengan cara pengolahan ketumbar yang benar. Pada dasarnya, bumbu dapur yang satu ini bisa diolah sesuai dengan selera atau juga kebutuhan sesuai masing–masing orang. 

Biji ketumbar dapat diolah dengan direbus, direndam, digoreng, atau juga dikeringkan, karena ketumbar tetap bisa digunakan sebagai pelengkap cita rasa masakan. Setiap bagian tanaman ini, mulai dari batang, daun, dan biji ketumbar memiliki aroma yang khas dan aroma yang lumayan kuat. 

Rempah-rempah ini bahkan bisa juga digunakan pada hampir semua masakan Indonesia. Tidak hanya bermanfaat bagi bumbu masakan saja, air biji ketumbar juga bisa digunakan untuk berbagai masalah kesehatan. Adapun cara mengolah ketumbar dengan direbus dan direndam.

Rekomendasi Distributor Biji Ketumbar

Itulah informasi seputar cara menanam biji ketumbar. Anda sedang mencari distributor biji ketumbar yang murah dan juga berkualitas? PT. Sumber Roso Agromakmur jawabannya. Perusahaan kami jual biji ketumbar per kg dengan harga termurah dan berkualitas. Cek di sini untuk informasi harga biji ketumbar per kg.

Selain jual biji ketumbar per kg kami juga menyediakan produk lain. Diantaranya kami juga menjual cabai merah kering, kedelai non GMO, dan biji wijen putih. Hubungi kami sekarang juga melalui tombol WhatsApp di bawah untuk informasi harga biji ketumbar per kg dan dapatkan penawaran menarik dari kami. 

Penulis: Najmia Chaerunnisa
Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks