Indonetwork, Makanan – Indonesia memiliki banyak rempah-rempah yang sering dijadikan sebagai tambahan pada produk pangan. Salah satu rempah yang biasa digunakan yaitu ketumbar. Bukan hanya sebagai bahan tambahan pada produk pangan, ternyata air rebusan ketumbar juga memiliki banyak manfaat.

Hal ini dikarenakan biji ketumbar memiliki banyak kandungan nutrisi yang bisa Anda dapatkan saat mengkonsumsinya. Karena bentuk dan teksturnya yang keras, maka Anda bisa mencoba metode rebusan air biji ketumbar untuk mendapatkan khasiatnya.

Berikut ulasan lengkap mengenai rebusan air biji ketumbar, mulai dari manfaatnya hingga cara membuatnya. Simak terus untuk selengkapnya!

Kandungan Biji Ketumbar

kandungan biji ketumbar
Sumber: Unsplash

Coriandrum Sativum atau biji ketumbar adalah salah satu rempah Indonesia yang bisa meningkatkan cita rasa sebuah makanan. Sebagai rempah, biji ketumbar mengandung minyak atsiri yang bisa meningkatkan aroma cita rasa makanan.

Minyak-minyak yang terkandung pada biji ketumbar antara lain adalah asam linoleat, asam oleat, linalool, alpha-pinene, dan terpene. Selain itu, biji ketumbar juga kaya akan kandungan lain seperti serat, antioksidan, vitamin B dan C, kalium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi, dan kalsium.

Maka dari itu, biji ketumbar sangat kaya akan kandungan yang  bermanfaat dan sering ditambahkan pada produk pangan. Tidak jarang, biji ketumbar pun sering dimanfaatkan air rebusannya untuk kesehatan. Ada beberapa cara untuk mengolah biji ketumbar, yaitu dengan cara digoreng, direbus, atau dikeringkan.

manfaat air rebusan biji ketumbar

air rebusan biji ketumbar
Sumber: floreseditorial.com

Berikut beberapa manfaat rebusan biji ketumbar:

1. Bantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Seperti yang sudah diketahui, biji ketumbar memiliki kandungan serat dan antioksidan. Kedua kandungan ini bisa membantu menstabilkan fungsi hati dan membantu pergerakan usus sehingga produksi enzim pencernaan dapat berjalan lancar.

Jika Anda rajin mengkonsumsi rebusan biji ketumbar ini, maka dapat meminimalisir penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti diare, perut kembung, cacingan, dan sembelit.

BACA JUGA: KACANG TANAH: SOLUSI BAHAN MAKANAN SEHAT

2. Meringankan Gejala Flu dan Batuk

Kandungan vitamin dan antioksidan pada ketumbar bisa membantu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga tubuh pun dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk flu dan batuk.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah adanya plak yang menyumbat pembuluh darah. Plak ini merupakan kumpulan dari kolestrol-kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Rebusan air biji ketumbar dapat membantu Anda mengontrol kandungan kolesterol jahat di dalam darah.

4. Mencegah Anemia

Biji ketumbar mengandung zat besi yang tentunya bisa membantu Anda terhindar dari penyakit anemia. Anemia terjadi karena defisiensi oksigen pada peredaran darah di tubuh, sehingga Anda kekurangan darah. Kandungan zat besi pada biji ketumbar dapat membantu Anda mencegah hal ini.

5. Mengatasi Infeksi Jamur dan Bakteri

Beberapa penyakit akibat infeksi jamur dan bakteri seperti konjungtivitis dapat dibantu dengan konsumsi rebusan biji ketumbar yang rutin Anda konsumsi.

6. Sebagai Obat Diabetes

Pengobatan alternatif air rebusan biji ketumbar dapat membantu Anda menurunkan kadar gula dalam tubuh pada penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada biji ketumbar bisa membantu mengurangi kadar gula.

7. Mengatasi Menstruasi Tak teratur

Bagi wanita, siklus menstruasi bisa saja tidak teratur karena beberapa faktor. Untuk meminimalisirnya, Anda dapat mencoba rutin mengkonsumsi air rebusan biji ketumbar.

BACA JUGA: 8 MANFAAT BIJI KETUMBAR BAGI WANITA

Cara Membuat Air Rebusan Biji Ketumbar

manfaat air ketumbar
Sumber: thestatesman.com

Untuk mendapatkan khasiat-khasiat diatas, Anda dapat mencoba untuk membuat air rebusan biji ketumbar di rumah. Berikut cara mudah untuk membuat air rebusan biji ketumbar di rumah bagi Anda yang ingin mencobanya:

  • Ambil biji ketumbar sebanyak satu sendok
  • Panaskan air hingga mendidih di panci, pastikan air panas hingga mendidih agar minyak dari dalam biji dapat keluar
  • Setelah panas, masukkan biji ketumbar ke dalam rebusan selama kurang lebih 1 menit
  • Setelah dirasa sudah cukup, matikan kompor dan dinginkan air ketumbar hingga dingin
  • Lakukan infusi air ketumbar dengan mendiamkan rebusan biji ketumbar tersebut selama kurang lebih satu malam
  • Setelah itu, saring biji ketumbar untuk memisahkannya dari air rebusan. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan ketumbar ini pada pagi hari

Efek Samping Konsumsi Ketumbar

biji Ketumbar
Sumber: Pixabay

Semua hal yang berlebihan pastinya tidak baik untuk kesehatan, termasuk mengkonsumsi air rebusan biji ketumbar terlalu banyak. Ternyata, ketumbar dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. 

Alergi akibat biji ketumbar dapat menyebabkan asma, gatal-gatal pada kulit, dan bengkak pada hidung serta mulut. Selain itu, biji ketumbar juga dapat menurunkan gula darah secara drastis.

Efek samping lain akibat konsumsi biji ketumbar terlalu banyak yaitu dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, dan anoreksia atau gangguan berat badan akibat pola makan yang tidak teratur.

Namun jangan khawatir akan efek samping dari konsumsi rebusan biji ketumbar ini. Selama Anda menjaga pola makan dan mengatur kuantitas konsumsi air rebusan, Anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat daripada efek sampingnya.

Supplier Biji Ketumbar Berkualitas

Anda bisa memperoleh biji ketumbar berkualitas di supplier Sumber Roso Agromakmur. Dengan proses pengeringan yang terjamin, supplier ini menyediakan ketumbar berkualitas tinggi dan tersedia dalam bentuk biji ketumbar utuh, pecahan atau kepingan.

Anda bisa melakukan pemesanan secara grosir maupun eceran. Selain itu, Sumber Roso Agromakmur juga melayani pembelian dan pengantaran dalam dan antar provinsi. Selain biji ketumbar, Anda juga bisa menemukan berbagai jenis biji-bijian pangan seperti kacang tanah, kacang hijau, hingga rempah-rempah lainnya yang berkualitas. 

Enable Notifications OK No thanks