Indonetwork, Rempah-rempah – Dalam ilmu taksonomi, ketumbar masuk dalam keluarga Apiaceae. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai peterseli Cina. Semua bagian tanaman dapat dimakan, namun manfaat biji ketumbar paling banyak ditemukan pada daunnya yang segar dan bijinya yang telah dikeringkan. Di Amerika Serikat batang dan daun ketumbar biasa disebut cilantro. Rasa cilantro sangat berbeda dari biji ketumbar. Cilantro memiliki rasa yang kompleks sedangkan biji ketumbar unggul dengan aromanya.

Asal Biji Ketumbar

Biji ketumbar adalah rempah-rempah yang dihasilkan dari biji bulat berwarna coklat dari tanaman ketumbar (Coriandrum sativum), yang merupakan anggota keluarga peterseli. Biji ketumbar berasal dari Eropa Selatan dan wilayah Mediterania. Anda dapat menambahkannya pada masakan baik dalam bentuk utuh atau yang sudah dihaluskan. Rasanya gurih segar dengan aroma seperti bunga yang keluar saat dipanggang.

khasiat rebusan biji ketumbar
Sumber: Pinterest.com

Jenis-jenis Biji Ketumbar

Terdapat dua jenis biji ketumbar. Biji yang kecil biasanya digunakan untuk membuat minyak esensial. Sedangkan jenis buah yang lebih besar seperti yang diproduksi di negara-negara tropis seperti India, Maroko, dan Australia digunakan secara luas untuk keperluan penggilingan dan pencampuran dalam perdagangan rempah-rempah.
Biji ketumbar umumnya ditemukan baik sebagai biji kering utuh maupun dalam bentuk bubuk. Sementara tekstur biji utuh atau retak lembut melengkapi olesan daging atau bumbu seperti chutney, bubuk ini paling cocok untuk menggabungkan rasa dengan apik ke dalam adonan. Memanggang atau memanaskan biji dalam wajan kering dapat meningkatkan rasa dan aromanya.

manfaat air rebusan biji ketumbar
Sumber: In.pinterest.com

Sejarah Unik Ketumbar di Berbagai Negara

1. India

Sebenarnya, ketumbar bukanlah rempah-rempah yang banyak digunakan di zaman kuno, namun disebutkan dalam teks-teks kuno India, yang ditulis dalam bahasa Sansekerta. Di sana disebut sebagai “kusthumbari” atau “dhanayaka”.

2. Israel

Pada tahun 1983 buah ketumbar tertua ditemukan dalam penggalian arkeologi di gua Nahal Hemar di Israel yang berasal dari tahun 7600-6000 SM.

3. Roma-Inggris-Amerika

Sedangkan dalam sejarah Romawi, pada saat festival, orang-orang Romawi akan melempar bola ketumbar manis. Bola-bola ketumbar tersebut akan pecah dan menghujani penonton festival, itulah asal mula confetti. Dan dalam peradabannya, Inggris yang bertanggung jawab untuk memperkenalkan ketumbar kepada bangsa Amerika pada tahun 1670, tanaman ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah pertama yang ditanam di sini. Selama Perang Dunia II ketika sumber daya langka, biji ketumbar akan dilapisi gula putih atau merah muda dan dibuang dari gerobak karnaval untuk anak-anak. Permen ini juga disebut confetti yang kemudian seiring berjalannya waktu diganti dengan potongan kertas.

Baca Juga: MUDAH! INI CARA MENANAM BIJI KETUMBAR BERKUALITAS DI RUMAH

Pengolahan Biji Ketumbar di Berbagai Negara

Rempah-rempah ini adalah bahan utama dalam masakan India Selatan dan juga merupakan bumbu penting di negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia. Di luar Asia, biji ketumbar digunakan secara luas dalam proses pengawetan sayuran. Di Jerman dan Afrika Selatan, bijinya digunakan saat membuat sosis. Di Rusia dan Eropa Tengah, biji ketumbar sesekali menjadi bahan dalam roti gandum hitam sebagai alternatif pengganti jintan. Orang-orang Zuni di Amerika Utara telah mengadaptasinya ke dalam masakan mereka dengan mencampurkan bubuk biji ketumbar yang digiling bersama cabai. Bahkan di Belgia, biji yang sedang dalam pembahasan ini digunakan dalam pembuatan bir. Bukan hanya bir, ketumbar juga terdaftar sebagai salah satu bahan asli dalam formula rahasia Coca-Cola.

Cara Membuat Biji Ketumbar Bubuk

Bersihkan biji ketumbar lalu letakkan ke dalam panci. Panggang kering biji-bijian tersebut sampai sedikit berubah warna dan memberikan aroma yang enak. Seperti biji-bijian yang lain, memanggangnya akan mengeluarkan lebih banyak rasa aromatik. Setelah itu angkat dan giling menggunakan penggiling bumbu atau secara manual dengan lesung dan alu atau sederhana dengan menempatkannya dalam kantong yang dapat ditutup rapat dan tumbuk dengan palu hingga konsistensi bubuk halus. Dinginkan dan simpan bubuk ketumbar buatan sendiri dalam wadah kedap udara.

Baca Juga: MANFAAT AIR REBUSAN BIJI KETUMBAR, RASAKAN KHASIATNYA!

Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol jahat
  3. Membantu mengatur kadar glukosa darah
  4. Membantu penurunan berat badan
  5. Memperlambat proses penuaan dengan memulihkan kesehatan kulit
  6. Memperbaiki pertumbuhan rambut & menunda rambut beruban

Daftar Masakan Indonesia yang Menggunakan Biji Ketumbar

1. Tahu dan Tempe Bacem

Sebagai warga Indonesia, menu makanan akan terasa kurang lengkap jika tanpa tahu dan tempe. Daripada hanya digoreng biasa, Anda bisa membuat variasi tahu dan tempe bacem. Agar makin nikmat, tambahkan ketumbar pada resep tahu dan tempe bacem Anda.

2. Ayam goreng ketumbar

Ketumbar biasa digunakan sebagai salah satu bumbu untuk membuat ayam goreng yang lezat. Ayam goreng ketumbar memang paling cocok disantap bersama nasi hangat dan sambal. Cobalah untuk memasaknya sendiri di dapur rumah atau kos agar Anda dapat merasakan aromanya yang khas.

3. Nasi goreng ketumbar

Apabila Anda telah bosan dengan nasi goreng kecap, tambahkan saja ketumbar ke dalam resepnya. Ketumbar juga cocok ditambahkan pada resep nasi goreng yang lezat. Resep masakan dengan ketumbar ini termasuk sangat praktis dan gampang dibuat di rumah.

4. Ikan Bakar Kecap

Bagi Anda penggemar ikan, ikan bakar kecap dengan ketumbar merupakan hidangan yang paling cocok untuk Anda. Agar semakin praktis, Anda bisa menggunakan ketumbar bubuk yang siap pakai sehingga tidak perlu repot menghaluskan bumbu lagi.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan biji ketumbar yang berkualitas dan kaya nutrisi seperti, kunjungilah PT. Sumber Roso Agromakmur. Perusahaan tersebut dapat melayani pembelian baik dalam jumlah kecil atau eceran dan jumlah besar atau grosir.

Author

Enable Notifications OK No thanks