Indonetwork, BudidayaSeperti harga plastik mulsa untuk pertanian yang bermacam-macam, setiap tanaman memiliki cara budidaya yang berbeda. Begitu pula dengan cara budidaya melon menggunakan plastik mulsa.

Plastik mulsa yang digunakan pun berbeda-beda. Ada tanaman yang tidak tahan terhadap panas dan bisa mati jika terlalu banyak sinar matahari. Maka Anda harus menggunakan plastik mulsa yang dapat memberikan efek dingin kepada tanaman. Begitu juga sebaliknya.

Salah satu tanaman yang dibudidayakan menggunakan plastik mulsa adalah tanaman melon. Banyak petani yang menggunakan plastik mulsa sebagai bantuan media tanam. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang menanam melon di dalam rumah tanam.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan melon, simak artikel berikut.

Cara Budidaya Melon menggunakan Plastik Mulsa

Harga Plastik Mulsa untuk Pertanian
Sumber: Pinterest

Melon merupakan salah satu tanaman yang bisa menjadi peluang usaha bagi para petani. Tanaman melon akan tumbuh secara optimum pada suhu 25o-30oC dan dengan curah hujan antara 1500-250 mm/th.

Berikut beberapa cara budidaya melon menggunakan plastik mulsa yang bisa dijadikan sebagai panduan.

1. Proses Persiapan Lahan

Tahap pertama yang dilakukan ketika membudidayakan tanaman melon adalah mempersiapkan lahan dan memastikan bahwa tanah terbebas dari gulma maupun rumput liar. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kandungan unsur hara serta pH tanah.

Jangan lupa juga untuk menggemburkan tanah dengan cangkul atau alat lain sebelum menuju ke tahap selanjutnya.

2. Pemberian Pupuk Dasar

Ketika proses pemupukan, Anda bisa meletakkan pupuk di sepanjang bedengan. Sementara pupuk yang digunakan adalah pupuk organic seperti pupuk kandang dan pupuk anorganik seperti campuran Phonska.

3. Pemasangan Plastik Mulsa

Jika pupuk sudah tersebar ke seluruh lahan bedengan, proses selanjutnya adalah penutupan lahan dengan plastik mulsa untuk mencegah penguapan serta tumbuhnya gulma pada tanah.

Baca Juga: Pengaruh Mulsa Plastik terhadap Tanaman Bawang Merah

4. Persiapan Bibit

Untuk menghasilkan bibit melon yang unggul, Anda perlu merendam bibit dalam air yang telah dicampur dengan Zat pengatur Tanaman (ZPT) dan bakterisida dan fungisida selama 5 jam terlebih dahulu .

Setelah itu, benih diletakkan pada kain basah selama 1 sampai 2 hari hingga benih berkecambah. Sambil menunggu benih berkecambah, Anda bisa menyiapkan tanah yang ditaruh di polybag kecil dan sirami tanah dalam polybag dengan air.

Jika bibit sudah berakar, Anda bisa menanamnya di polybag kecil yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Anda dapat memindahkan bibit pada bedengan jika bibit sudah tumbuh daun.

5. Persiapan Ajir

Ajir merupakan sepotong kayu yang ditancapkan di tanah untuk merambatkan tanaman. Untuk menanam melon, Anda memerlukan ajir yang tertancap pada lahan bedengan sebagai area tanam. Ajir inilah yang nantinya berfungsi sebagai penyangga batang atau tempat merambatnya tanaman melon.

6. Proses Penanaman Bibit

Jika bibit sudah tumbuh daun, itu artinya bibit sudah bisa dipindahkan ke bedengan. Buatlah lubang pada plastik mulsa dengan jarak 40-50 cm antar lubang tanam. Setelah itu, beri larutan NPK dan insektisida pada lubang tanam serta siram bibit pada polybag hingga basah sampai akar.

Kemudian Anda bisa memindahkan bibit pada tanah bedengan dan siram tanaman melon yang baru saja dipindahkan.

7. Pemupukan Tanaman Melon

Setelah tanaman dipindahkan, jangan lupa untuk memberikannya pupuk untuk memicu pertumbuhan dan perkembangan tanaman melon.

8. Pengairan

Pengairan tanaman melon bisa dilakukan secara terjadwal untuk menjaga pertumbuhannya. Faktor cuaca dan umur tanaman juga perlu menjadi perhatian Anda.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe dengan Plastik Mulsa

Daftar Harga Plastik Mulsa untuk Pertanian

Harga Plastik Mulsa untuk Pertanian
Sumber: Pinterest

Setiap toko pertanian menyediakan plastik mulsa dengan varian harga yang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada kuantitas yang dibeli serta warna yang dipilih. Berikut daftar harga beberapa merk plastik mulsa yang dapat menjadi perkiraan Anda.

Harga Plastik Mulsa untuk Pertanian

Daftar harga yang terdapat pada tabel di atas bukanlah harga paten atau tetap. Mengingat setiap toko menyediakan merek, warna, serta ukuran yang berbeda-beda. Anda pun bisa membelinya dalam jumlah eceran ataupun per roll.

Baca Juga: Cara Budidaya Udang Vaname

Rekomendasi Toko Plastik Mulsa Pertanian

Terdapat berbagai produsen yang menjual mulsa plastik hitam perak untuk pertanian. Salah satunya yakni PT. Pundi Nasutra Selaras.

PT. Pundi Nasutra Selaras adalah salah satu produsen yang jual plastik mulsa untuk pertanian dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Mereka juga menerima pemesanan dalam jumlah besar dan siap dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anda bisa langsung memesan mulsa plastik hitam perak diPT. Pundi Nasutra Selaras melalui website maupun nomor telepon yang tersedia.

Anda juga dapat berbelanja peralatan lainnya seperti konstruksi, rumah tangga, hingga perkantoran melalui e-commerceIndonetwork. Salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan seperti pembuatan website, pembuatan company profile, dan berbagai media promosi lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulai berbelanja sekarang di Indonetwork.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks