Indonetwork, Peralatan Industri – Dongkrak mobil adalah alat yang digunakan untuk mengangkat bagian dari mobil. Umumnya dongkrak digunakan untuk memudahkan penggantian ban atau melakukan perbaikan di bagian bawah mobil. Karena penting, maka Anda perlu tahu cara menggunakan dongkrak supaya dapat menangani sendiri kendaraan jika perlu ganti mobil di tengah jalan.

Alat ini sangat penting sebagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan. Salah satunya digunakan untuk mengangkat mobil sehingga ban yang kempes atau rusak dapat dilepas dan diganti dengan yang baru.

Tak hanya itu dongkrak mobil juga digunakan untuk mengangkat mobil dan membuat perbaikan sementara sehingga mobil bisa dibawa ke bengkel terdekat. Nah, bagi Anda yang masih bingung cara menggunakannya, selengkapnya berikut ini cara menggunakan dongkrak mobil yang benar.

Bagaimana cara menggunakan dongkrak?

1. Persiapan

Parkirkan mobil Anda di permukaan yang datar dan keras untuk menghindari pergeseran atau tergelincirnya dongkrak saat digunakan. Jangan mencoba mengganti ban di jalan yang miring atau tidak stabil.

Pastikan rem tangan (rem parkir) ditarik untuk mencegah mobil bergerak. Letakkan benda seperti batu bata atau blok roda di belakang dan di depan roda yang berlawanan dengan sisi yang akan diangkat. Ini untuk menambah keamanan dan stabilitas.

2. Menemukan Titik Tumpu

Titik tumpu adalah area di bawah mobil yang dirancang untuk menahan beban saat dongkrak digunakan.Selanjutnya letakkan dongkrak buaya di bawah titik tumpu tersebut. Pastikan kepala dongkrak (bagian yang menyentuh mobil) tepat berada di bawah titik tumpu.

3. Mengangkat Mobil

Sebelum mengangkat, pastikan dongkrak dalam posisi stabil dan semua bagian berfungsi dengan baik. Putar tuas dongkrak searah jarum jam untuk mulai mengangkat mobil. Terus angkat hingga ban yang rusak terangkat sepenuhnya dari tanah.

4. Mengganti Ban

Setelah mobil terangkat dengan aman, ganti ban yang rusak atau kempes dengan ban serep. Kemudian sebelum menurunkan mobil, pastikan semua baut roda sudah dipasang dengan kencang, tapi jangan mengencangkan dengan penuh sampai mobil kembali berada di tanah.

5. Menurunkan Mobil

Setelah ban serep terpasang, putar tuas dongkrak berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan mobil secara perlahan kembali ke tanah. Saat mobil berada di tanah, lepaskan dongkrak dari bawah mobil dan pastikan semuanya aman.

6. Finalisasi

Sekarang dengan mobil kembali di tanah, kencangkan semua baut roda dengan kunci roda secara menyilang untuk memastikan bahwa roda terpasang dengan kuat. Kemudian simpan kembali dongkrak buaya dan semua perlengkapan yang digunakan.

Baca Juga: 5 Penyebab Gearbox Mobil Rusak

Tips Aman Menggunakan Dongkrak Mobil

Cara menggunakan dongkrak
Sumber: The Home Depot

Menggunakan dongkrak mobil dengan aman sangat penting untuk menghindari cedera atau kerusakan pada kendaraan. Berikut ini adalah beberapa tips penting untuk penggunaan dongkrak yang aman:

1. Pilih Permukaan yang Tepat dan Pakai Peralatan yang Sesuai

Pastikan kendaraan berada di permukaan yang rata dan keras. Permukaan yang tidak stabil atau miring bisa menyebabkan dongkrak bergeser atau kendaraan jatuh. Selalu gunakan dongkrak yang sesuai dengan berat dan tipe kendaraan Anda. Periksa kapasitas maksimum dongkrak dan pastikan tidak melebihi beban yang dianjurkan.

2. Posisi Dongkrak yang Benar dan Stabilkan Kendaraan

Selalu tempatkan dongkrak pada titik angkat yang ditentukan oleh produsen kendaraan, yang biasanya tercantum di manual kendaraan. Posisi yang salah bisa merusak kendaraan atau membuat dongkrak tergelincir.

Sebelum mengangkat kendaraan dengan dongkrak, pastikan untuk menarik rem tangan dan memblokir roda yang berlawanan dengan sisi yang diangkat. Gunakan blok roda atau benda serupa untuk mencegah kendaraan bergeser.

3. Jangan Pernah Berada di Bawah Kendaraan yang Diangkat

Jangan pernah berada di bawah kendaraan yang hanya ditopang oleh dongkrak. Jika perlu bekerja di bawah kendaraan, gunakan penyangga atau jack stand untuk menambah keamanan.

4. Pengangkatan dan Penurunan yang Perlahan

Angkat dan turunkan kendaraan secara perlahan dan hati-hati. Gerakan yang tergesa-gesa dapat menyebabkan kendaraan tergelincir atau jatuh dari dongkrak. Jika memungkinkan siapkan jack stand (penyangga) jika Anda perlu bekerja di bawah kendaraan. Dongkrak tidak dirancang untuk menopang beban jangka panjang atau stabil.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Lem untuk Aksesoris Mobil

Jangan Menggunakan Dongkrak pada Bagian yang Salah

Jangan menempatkan dongkrak di bawah bagian kendaraan yang tidak stabil atau tidak kuat seperti panel bodi, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Terakhir, pastikan area di sekitar kendaraan bersih dari alat atau benda lain yang bisa mengganggu stabilitas atau pengoperasian dongkrak.

Itulah cara menggunakan dongkrak mobil yang benar. Dengan mengikuti tips ini dapat membantu memastikan bahwa Anda menggunakan dongkrak dengan cara yang aman dan efektif.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Author

Enable Notifications OK No thanks