Indonetwork, OtomotifTerdapat berbagai jenis hingga merek lem untuk aksesoris mobil yang bisa membantu Anda menangani kerusakan interior dan eksterior kendaraan. Baik itu mobil hingga kendaraan roda dua.

Sebagaimana mestinya, pengaplikasian lem barangkali terlampau mudah untuk Anda. Akan tetapi, beberapa merek lem memiliki cara kerjanya tersendiri.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan lem, ada baiknya untuk membaca panduan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar benda yang direkatkan bisa menempel dengan kuat dan tahan lama.

Apabila Anda sedang mencari rekomendasi merk lem yang bisa digunakan untuk aksesoris mobil, berikut beberapa merek yang direkomendasikan.

1. Lem GOOP

lem goop
Sumber: Amazon

Perekat dengan merek GOOP adalah salah satu lem yang bisa Anda coba untuk mengatasi kerusakan pada mobil. Lem ini dapat digunakan untuk interior dan eksterior kendaraan, mulai dari memperbaiki komposit serat karbon, sobekan kursi, hingga kaca spion samping.

Akan tetapi, apabila Anda menggunakan lem ini, berikan waktu istirahat untuk benda yang Anda rekatkan agar lem dapat bekerja dan menempel dengan sempurna. Meskipun begitu, lem ini diproduksi dengan formula yang dapat merekatkan plastik dengan mudah, juga solusi untuk menangani kendaraan Anda.

2. Rhino Ultra Gel

lem untuk aksesoris mobil
Sumber: Pinterest

Merek lem Rhino Ultra Gel adalah lem yang bisa tahan terhadap tekanan seperti kelembaban, getaran, guncangan, hingga tahan panas. Oleh karena itu, benda yang Anda perbaiki dan direkatkan menggunakan lem ini, dapat kembali seperti semula.

Perekat ini bisa menangani mulai dari spatbor, pegangan pintu, hingga kaca spion. Daya rekatnya yang besar terutama pada benda berbahan kaca, lem ini berguna dalam banyak perbaikan otomotif. Terutama pada benda yang berhubungan dengan plastik, karet, dan kaca.

3. Lem Perekat 3M

lem perekat 3M untuk mobil
Sumber: Google

Merek perekat yang satu ini dapat menangani celah dan retakan yang lebih tebal, karena retakannya harus diisi, kemudian diikat. Biasanya, kerusakan ini seringkali terjadi pada jok mobil atau konsol tengah yang retak.

Produk ini banyak digunakan pada kelas-kelas industri untuk pengaturan profesional, bahkan dapat berfungsi pada bumper atau pintu interior.

Sebelum mengaplikasikan pada bagian otomotif yang rusak, pastikan untuk membaca panduan terlebih dahulu. Mengingat perekat merk ini bisa sangat cepat kering dan residu perekatnya tidak mudah lepas.

Oleh karena itu, selalu gunakan sarung tangan untuk mengaplikasikan perekat ini, agar tidak menempel pada tangan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan peralatan untuk memudahkan dalam proses pengaplikasian.

Baca Juga: 5 Aksesoris Untuk di Dashboard Mobil

4. Permatex Cream Plastic Welder

Permatex Plastic Welder 84115 Cream 5-Minute Plastic Weld Adhesive 0.84 oz. | eBay
Sumber: Google

Perekat lem Permatex dapat diaplikasikan pada  aksesoris mobil berbahan termoplastik, seperti trim dan panel. Ketika kering, lem Permatex akan berwarna krem, tetapi sangat tahan terhadap berbagai tekanan seperti hujan, panas, lembab, dan dingin. Ini merupakan perekat terbaik untuk plastik ABS, PVC, dan logam berlapis.

5. JB Plastic Weld

Amazon.com: J-B Weld 50132 PlasticWeld Quick-Setting Epoxy Syringe - Translucent Yellow - 25 ml : Automotive

Selain untuk interior dan eksterior mobil, juga terdapat lem perekat untuk suku cadang mobil plastik. Dengan menggunakan lem merk JB Plastic Weld, suku cadang Anda akan mendapat ikatan yang kuat, yakni sekitar 3.900 Psi kekuatan tarik berbasis epoxy. Lem ini akan mengering setelah 1 jam Anda mengaplikasikannya.

6. Loctite Plastics Bonding System

Loctite® Plastics Bonding System lem mobil
Sumber: Google

Loctite Plastics Bonding System merupakan lem perekat transparan, sehingga ketika kering tidak akan meninggalkan bekas atau noda berwarna putih maupun kuning.

Perekat ini terbukti memiliki daya rekat yang sangat kuat, karena tahan terhadap kelembaban, panas, hingga bahan kimia. Oleh karena itu, lem ini sangat cocok untuk kendaraan dan berbagai komponen plastik lainnya.

Tidak hanya dapat diaplikasikan ke kendaraan, beberapa orang bahkan menggunakannya untuk memperbaiki peralatan rumah tangga seperti gorden dan papan seluncur.

Baca Juga: 6 Aksesoris Mobil untuk Mudik ke Luar Kota

7. PASCOFIX

lem untuk aksesoris mobil
Sumber: Pinterest

Rekomendasi merk lem perekat untuk aksesoris mobil lainnya adalah PASCOFIX. Lem ini merupakan salah satu lem yang tahan terhadap getaran, kelembaban, hingga elemen yang keras.

Selain dapat memperbaiki aneka jenis aksesoris mobil, lem ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki keramik, kaca, bahkan dapat digunakan untuk merekatkan kain.

Jika sebagian besar lem memiliki masa simpan antara 12 sampai 15 bulan, lem PASCOFIX dapat bertahan selama bertahun-tahun apabila disimpan di suhu yang benar untuk menghindari lem menjadi padat.

8. 3M Scotch-Weld

Jual Scotch-Weld Epoxy Adhesive DP 110 Translucent lem untuk mobil
Sumber: Tokopedia

Terdapat juga lem 3M Scotch-Weld yang dipercaya bisa merekatkan partikel plastik dan karet. Dengan menggunakan lem ini, benda yang Anda perbaiki dapat menghasilkan garis yang lebih terkontrol dan presisi. Bahkan Anda sudah bisa memegang atau menggunakannya setelah 15 detik pengaplikasian.

Hal ini dikarenakan lem 3M Scotch-Weld memiliki daya tarik sebesar 2.500 PSI. Meskipun menghasilkan lem yang tipis ketika diaplikasikan, lem ini dapat digunakan pada berbagai produk seperti berbahan karet, silikon, hingga perhiasan.

9. JB Weld High Heat

Buy J-B Weld 37901 EkstrimHeat Pasta Metalik Tahan Suhu Tinggi - 3 ons Online at Lowest Price in Indonesia. B01IBOBY74

Untuk memperbaiki benda yang membutuhkan pengikatan atau penyegelan, Anda membutuhkan lem yang lebih padat. JB Weld High Heat ini adalah lem dempul yang bagus dan dapat dibentuk, bahkan dapat bertahan kuat.

Akan tetapi, lem ini membutuhkan waktu lebih lama daripada merek lainnya, yakni sekitar 8 jam setelah pengaplikasian. Dalam mengaplikasikannya, Anda hanya perlu melilitkan dempul lem ke sekitar benda yang perlu diperbaiki. Kemudian lem berangsung-angsur akan mengering dengan sendirinya.

Baca Juga: Daftar 8 Aksesoris Mobil untuk Wanita

Itulah rekomendasi lem untuk aksesoris mobil yang patut Anda coba gunakan. semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan berbagai aksesoris mobil termasuk lem perekat untuk mobil, Anda bisa membelinya melalui e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan. Di sana terdapat berbagai opsi aksesoris-aksesoris boneka bagus dan berkualitas yang bisa menjadi pilihan Anda.

Itulah aksesoris-aksesoris canggih untuk yang bisa Anda tambahkan pada kendaraan pribadi Anda. semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks