Indonetwork, Peralatan Industri – Di supermarket atau toko, Anda pasti pernah melihat setengah atau satu lusin minuman botolan yang tersegel per pack dalam bungkus plastik yang sangat erat. Nah, plastik yang digunakan untuk segel minuman botol tersebut disebut plastik shrink film.

Plastik shrink film atau disebut juga plastik shrink wrap adalah plastik yang terbuat dari bahan polimer yang bisa menyusut dengan erat, mengikuti bentuk barang yang dikemas ketika dipanaskan di mesin khusus. Karena sifatnya yang lentur dan kuat, plastik shrink film sering digunakan untuk pembungkus atau segel akhir suatu barang. Ketebalannya pun bervariasi, mulai dari yang paling tipis 12 – 19 micron, hingga yang lebih tebal 30 – 150 micron.

Tingginya kebutuhan akan shrink film membuat banyak orang mulai mempelajari karakteristik dan pengaplikasiannya yang tepat. Nah, pada artikel kali ini akan mengulas manfaat, jenis, dan bagaimana cara menggunakan shrink film sebagai plastik wrap suatu produk.

Manfaat Shrink Film di Berbagai Industri

manfaat shrink film
Sumber: Huamao Evergreen Industry Co., Ltd.

Dari sekian jenis plastik yang ada di pasaran, shrink film menjadi salah satu plastik yang banyak digunakan. Bukan hanya oleh pelaku bisnis usaha kecil menengah, plastik ini juga sangat mendukung produktivitas bisnis skala besar.

Lalu, apa saja manfaat shrink film untuk mendukung kebutuhan setiap industri? Berikut penjelasannya.

Shrink Film sebagai Overwrap

Dari berbagai jenis kemasan, jenis plastik ini memiliki karakteristik yang bagus sebagai pembungkus overwrap atau tahap akhir untuk menyatukan beberapa barang dalam satu kemasan utuh. 

Shrink film tidak hanya digunakan untuk kebutuhan minuman kemasan botol atau kaleng. Melainkan juga produk perawatan kulit dan tubuh seperti body lotion, shampo, serta peralatan rumah tangga seperti teko dan gelas. Bahkan barang-barang berbahaya agar tidak melukai dan menimbulkan kerusakan.

Menjadi Pelindung dari Kerusakan Eksternal

Shrink film mampu menjaga beberapa barang yang disatukan dan dikemas tetap stabil, terhindar dari kerusakan eksternal. Barang yang melalui pengiriman jarak jauh dan memakan waktu tempuh lama besar kemungkinan bentuk asli akan rusak jika tidak dikemas sedemikian rupa. Terlebih bila tingkat kelembaban dalam kontainer pengiriman tinggi. Plastik shrink film dapat bantu mencegah perubahan bentuk asli muatan, serta melindungi dari kontaminasi langsung debu, kotoran, serta air.

Seperti satu lusin botol minuman yang dikemas menjadi satu pack dari pabrik, lalu didistribusikan ke berbagai wilayah hingga sampai ke tangan kita. Kondisi air maupun botolnya masih utuh ketika dibeli, karena tersegel oleh plastik shrink film yang sangat erat dan aman.

Efisiensi Perpindahan Barang

Pasti akan sulit dan membutuhkan waktu lama untuk memindahkan barang-barang kecil. Supaya lebih hemat waktu proses distribusi, barang-barang kecil baiknya disatukan kemudian dikemas dengan plastik shrink. Dengan begitu, barang tidak akan tercecer. Anda pun akan lebih mudah memindahkan banyak barang sekaligus saat pengiriman dan penyimpanan.

Baca Juga: Mengenal Mika Plastik untuk Kemasan Produk Makanan

3 Jenis Plastik Shrink Film

jenis shrink film
Sumber: jagannathpolymers.com

Terdapat dua jenis plastik shrink berdasarkan bentuknya, yaitu plastik shrink wrap roller stock yang bersifat melilitkan barang. Serta plastik shrink centerfolded yang memiliki lipatan ganda dan produk diletakan di tengah plastik agar menyusut sempurna.

Sementara itu, tiga jenis plastik shrink film berdasarkan bahannya, di antaranya:

POF Shrink

Plastik shrink polyolefin (POF) sangat jernih dengan ketebalan yang tipis yaitu 12, 15, dan 19 micron. Meski sulit robek dan fleksibel, namun plastik ini akan mudah dibuka jika sudah terobek.

Karena tingkat transparansinya yang tinggi, sehingga POF shrink film cocok untuk melapisi produk high class. Kamu bisa menemukannya pada segel teh celup kotakan, buku, dan produk retail lainnya.

PVC Shrink

Sementara itu, plastik shrink polyvinyl chloride (PVC) memiliki tingkat ketebalan lebih tinggi antara 30 – 60 micron. Tingkat transparansinya masih cukup clear, namun tidak sejernih POF shrink. Penggunaan plastik PVC shrink biasa ditemukan sebagai segel kosmetik, sabun cair, kotak smartphone, dan shuttlecock.

PE Shrink

Tingkat ketebalan plastik shrink polyethylene (PE) lebih tinggi dibandingkan plastik PVC shrink yaitu 50 – 150 micron. Meski tingkat transparansinya buram, namun plastik ini sangat ulet dan kuat sehingga sulit robek. Jenis plastik ini pun kerap dijadikan sebagai kemasan makanan.

Cara Menggunakan Shrink Film untuk Mengemas Barang

cara menggunakan plastik shrink film
Sumber: IndiaMART

Pengemasan barang dengan plastik shrink film menggunakan teknik shrink wrapping. Shrink wrapping merupakan teknik pengemasan yang menggunakan komponen shrink film dan suhu panas yang tepat agar plastik bisa menyusut dan membungkus produk dengan pas. Teknik shrink wrapping biasa dilakukan pada mesin pengemasan shrink.

Ikuti langkah-langkah berikut saat Anda akan menggunakan shrink film untuk mengemas barang.

  1. Siapkan barang yang akan dikemas, serta plastik shrink sesuai ukuran dan jenis barang. Di sini akan menggunakan plastik shrink conterfolded.
  2. Sambungkan mesin dengan sumber listrik. Nyalakan mesin dengan menekan tombol power. Tekan pula tombol konveyor dan blower switch.
  3. Atur suhu sesuai kebutuhan dengan cara memutar knop bottom dan side temperatur.
  4. Atur pula kecepatan konveyor dengan cara putar knop conveyor speed. Pastikan kecepatannya sudah sesuai dengan suhu mesin.
  5. Letakan barang di tengah plastik shrink film centerfolded dengan menyisakan sedikit ruang di sekitar sisi-sisi plastik. Barang akan dibawa masuk ke shrink tunnel dan mulai proses pemanasan hingga plastik menyusut mengikuti bentuk barang.
  6. Dinginkan dan periksa hasilnya setelah barang keluar dari mesin.

Baca Juga: Cara Sablon Plastik yang Mudah dan Keuntungannya

Kini Anda sudah lebih paham mengenai manfata, jenis, hingga bagaimana menggunakan shrink film untuk pengemasan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk usaha bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan plastik shrink film, silakan hubungi CV. Multi Kemas Plastindo lebih lanjut. Mereka adalah shrink film specialist, perusahaan yang bergerak dibidang kemasan plastik, khususnya PVC, POF dan PE Shrink Film dan plastik packaging. Selain itu, CV. Multi Kemas Plasindo juga menyediakan plastik fuji wrap untuk buah.

Enable Notifications OK No thanks