Bekerja di industri manufaktur tentu menuntut Anda mampu mengoperasikan berbagai jenis mesin. Terlebih lagi bagi Anda yang memang bertugas di sektor tertentu menggunakan mesin CNC milling. Anda harus mampu mengetahui cara menghidupkan mesin CNC milling.

Nah bagi Anda yang harus memahami mesin CNC milling, berikut ini simak ulasan mengenai pengertian CNC milling, kegunaan, cara menghidupkannya, hingga jenis-jenisnya. Simak rangkumannya berikut ini.

Pengertian Mesin CNC Milling

Dilansir dari situs Tech Target, istilah Computer Numerical Control (CNC) adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda kerja menggunakan pisau pemotong yang berputar.

Metode pergerakan CNC milling adalah mengotomatisasi kontrol peralatan mesin melalui penggunaan software yang tertanam dalam komputer mikro yang terpasang pada alat tersebut. Mesin ini biasanya digunakan dalam pembuatan untuk bagian logam dan plastik pemesinan.

Dengan CNC, setiap objek yang akan diproduksi mendapat program komputer khusus, biasanya ditulis dalam bahasa standar internasional yang disebut G-code, kemudian disimpan di dalam dan dijalankan oleh Machine Contrrol Unit (MCU) atau komputer mikro yang terpasang pada mesin.

Program tersebut berisi instruksi dan parameter yang akan diikuti oleh alat mesin, seperti laju umpan bahan dan posisi serta kecepatan komponen alat. Melalui mesin ini proses pemesinan dapat dilakukan dengan akurasi yang tinggi dan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan mesin milling konvensional.

Operator mesin hanya perlu mengatur parameter yang dibutuhkan dalam program, kemudian mesin akan otomatis melakukan pemesinan dengan presisi yang konsisten.

Baca Juga: Cara Kerja Mesin Miling dan Jenis-jenisnya

Kegunaan Mesin CNC Milling

Mesin CNC milling biasanya digunakan dalam proses manufaktur untuk membuat berbagai macam produk, seperti komponen mesin, alat-alat medis, komponen pesawat terbang, dan lain-lain.

CNC Milling juga menghasilkan beragam produk dengan berbagai bentuk dan ukura dan toleransi yang ketat, sehingga sering digunakan di industri yang memang harus membutuhkan presisi dan kualitas yang baik.

Beberapa contoh kegunaan mesin CNC milling dalam industri manufaktur berikut ini:

Komponen otomotif
CNC milling berguna sebagai pembuatan komponen otomotif, seperti blok mesin, roda gigi, knalpot, dan lainnya.

Pembuatan komponen pesawat terbang
Komponen pesawat terbang seperti sayap, roda pendaratan, dan bagian struktural lainnya dapat diproduksi dengan mesin CNC milling.

Produksi peralatan medis
Berbagai jenis peralatan medis seperti implan tulang, prototipe protesa, dan lainnya dapat diproduksi dengan mesin CNC milling.

Industri elektronik
Berbagai jenis komponen elektronik seperti papan sirkuit cetak dan pengkabelan.

Industri manufaktur umum
CNC milling dapat digunakan untuk memproduksi berbagai jenis produk dari bahan metal, plastik, kayu, dan lainnya seperti alat industri, alat rumah tangga, alat kesehatan, dan lainnya.

Baca Juga: Jenis-jenis Mesin Pemotong Logam dan Baja Ringan

Cara menghidupkan mesin CNC Milling

Lantas bagaimana cara menghidupkan mesin CNC milling dan mengoperasikannya? Selengkapnya berikut ini rangkaian ulasannya yang dilansir dari beberapa sumber.

  • Cek apakah mesin dan area sekitarnya aman untuk dioperasikan. Pastikan tidak ada benda atau orang di sekitar mesin yang bisa mengganggu operasi.
  • Mulailah menyalakan sistem kontrol mesin CNC dan layar kontrolnya. Cek juga apakah semua indikator dan lampu pada kontrol mesin berfungsi dengan baik.
  • Selanjutnya masukkan program mesin CNC milling yang akan digunakan untuk membuat produk atau bagian yang diinginkan. Program ini dapat dimasukkan melalui disket atau kartu memori, atau melalui koneksi jaringan jika tersedia.
  • Periksa apakah bahan kerja yang akan digunakan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Pastikan bahan kerja telah terpasang dengan kuat di atas meja mesin.
  • Periksa pemegang alat yang akan digunakan untuk memotong bahan kerja. Pasang alat dengan benar dan pastikan telah dikencangkan dengan kuat.
  • Atur parameter pemotongan seperti kecepatan pemotongan, kecepatan umpan, dan kedalaman potong. Pastikan parameter yang dipilih sesuai dengan bahan kerja dan alat yang digunakan.
  • Setelah parameter pemotongan telah diatur, jalankan program mesin CNC milling. Pastikan mesin berjalan secara halus dan stabil.
  • Amati dan periksa bagaimana mesin beroperasi. Pastikan bahan kerja dan alat memotong bergerak sesuai dengan program yang telah diatur dan sesuai dengan parameter pemotongan yang telah dipilih.
  • Setelah proses pemotongan selesai, matikan mesin dan bersihkan area kerja dari serpihan-serpihan bahan kerja dan debu yang terbentuk selama proses pemotongan.
  • Perlu diperhatikan bahwa cara menghidupkan mesin CNC milling di atas bisa jadi berbeda tergantung mesin yang digunakan. Pastikan untuk selalu mengiktui petunjuk penggunaan mesin sesuai buku petunjuk masing-masing merek atau jenisnya.

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur Indonesia Siap Transformasi Menuju Industri 4.0

Jenis-jenis Mesin CNC Milling

Terdapat beberapa jenis mesin CNC milling yang digunakan di berbagai industri manufaktur. Namun berikut ini ada dua jenis yang sering digunakan.

Vertical Milling Machine

Dirangkum dari CNC Masters, mesin Vertical Milling Machine merupakan jenis mesin yang memiliki mesin vertikal dan paling umum ditemui. Mesin milling machine, memiliki spindel vertikal untuk memasang pemotong penggilingan, seperti penggilingan akhir dan penggilingan muka, untuk berbagai operasi penggilingan.

Mesin ini digunakan untuk alur pemesinan, slotting alur kunci, menghasilkan permukaan datar, dan mengebor dan membuat lubang.

Horizontal Milling Machine

Horizontal Milling Machine (Mesin Frais Horizontal) adalah jenis mesin penggilingan yang digunakan untuk memotong benda kerja dengan menggunakan pisau frais yang dipasang pada sumbu horizontal.

Dalam mesin frais horizontal, benda kerja ditempatkan di atas meja mesin dan ditempatkan di bawah pisau frais horizontal. Pisau frais horizontal berputar pada sumbu horizontal dan digunakan untuk memotong benda kerja pada bidang datar atau permukaan yang sejajar dengan meja.

Baca Juga:  Bagian-Bagian Mesin Bubut dan Fungsinya Beserta Gambar!

Itulah uraian mengenai cara menghidupkan mesin CNC milling yang dirangkum dari beberapa sumber. Apabila Anda berkeinginan untuk mencari mesin CNC milling dapat melihat rekomendasinya di sini.

Author

Enable Notifications OK No thanks