Indonetwork, Mesin Alat Berat – Dalam artikel ini akan disajikan informasi mengenai bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya beserta gambar. Mesin bubut adalah sebuah mesin yang digunakan untuk menghilangkan material yang tidak diperlukan dari pekerjaan.

Cara kerja mesin bubut adalah dengan memutar benda kerja pada sumbu rotasi untuk melakukan berbagai proses seperti pemotongan, pengamplasan, knurling, pengeboran, deformasi, pembubutan muka, dan pemutaran.

Terdapat berbagai jenis dan bentuk mesin bubut. Hal ini bergantung pada tujuan pemakaiannya. Misalnya saja mesin bubut ringan, sedang, standar, long bed lathe, centre lathe, mesin bubut sabuk, dan masih banyak lagi.

Mesin ini banyak digunakan pada berbagai bidang industri seperti minyak dan gas, otomotif, penerbangan, dan penggilingan kertas.

Bagian-Bagian Dasar Mesin Bubut

bagian mesin bubut
Sumber: Gesaintech

Mesin bubut memiliki berbagai komponen yang saling mendukung kerja satu sama lain. Akan tetapi, mesin ini juga memiliki bagian-bagian dasar, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Headstock

Headstock merupakan bagian dari bed yang letaknya berada di paling kiri. bagian ini dilengkapi dengan poros utama, mekanisme kecepatan, dan mekanisme pergantian gigi.

Bagian headstock berfungsi untuk menyalurkan daya ke berbagai bagian-bagian mesin bubut. Oleh karena itu harus dibuat sekuat mungkin untuk mencegah gaya potong merusak housing yang dibangun.

2. Tailstock

Bagian ini adalah dudukan bor dan tengah yang berada di seberang headstock. Pada bagian tailstock, terdapat spindle yang bergerak secara longitudinal, tetapi tidak berputar.

Umumnya, spindle memiliki bentuk yang runcing. Spindle berfungsi untuk menahan mata bor, pusat, dan perkakas lainnya.

Sementara tailstock umumnya ditempatkan di sepanjang bed dan dijepit pada posisi yang telah ditentukan.

3. Carriage

Carriage merupakan bagian pengangkutan pada mesin bubut yang berfungsi untuk mendukung, memandu, dan memberi dukungan terhadap komponen mesin selama proses berlangsung.

4. Bed

Bagian bed dari mesin bubut adalah bagian alas kokoh yang menghubungkan headstock dan memungkinkan carriage carrier dan tailstock dipindahkan sejajar dengan sumbu poros.

Terdapat 3 jenis bed yang sering digunakan dalam mesin bubut, diantaranya yaitu bed V terbalik, flat bed, dan kombinasi flat bed dengan bed V terbalik.

5. Tool Post

Bagian tool post, terletak pada bagian paling atas. Tool post berfungsi untuk memegang berbagai alat. Bagian ini terdiri dari 3 jenis, yaitu ring dan rocker tool post, quick change tool post, dan square-head tool post.

Baca juga: Jenis-Jenis Mesin Pemotong Logam dan Baja Ringan

Bagian-Bagian Mesin Bubut dan Fungsinya

bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya beserta gambar
Sumber: Pinterest

Selain bagian-bagian dasar dari mesin bubut, masih ada banyak komponen lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Chuck

Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk menyatukan benda kerja, terutama benda kerja dengan ukuran penerk dan berdiameter besar. Biasanya, bagian ini dipasang ke mesin bubut dengan cara disekrup pada spindle nose.

2. Saddle

Bagian saddle merupakan bagian yang berfungsi untuk mendukung slide silang, sandaran majemuk, dan tiang alat. Saddle adalah bagian pengecoran berbentuk H yang dipasang pada bagian atas jalur mesin bubut.

3. Leg

Bagian leg adalah bagian paling bawah yang bisa menahan seluruh berat mesin dan menjaga mesin agar dapat berdiri dengan tegak.

4. Compound Rest

Komponen lain dari mesin bubut adalah compound rest. Bagian ini bekerja dengan menopang tiang pahat dan pahat pemotong dalam berbagai posisi. Umumnya, compound rest diperlukan untuk mengubah sudut dan mengebor lancip pendek.

5. Apron

Umumnya, apron diikat ke saddle dan digantung di depan bed. Apron terdiri dari roda gigi dan sambungan untuk mentransmisikan gerakan dari stik umpan ke carriage, dan mur belah yang dihubungkan ke sekrup utama selama pemotongan ulir.

6. Lead Screw

Lead screw atau yang juga disebut sebagai power screw dan translation screw, berfungsi mengubah gerakan rotasi menjadi Gerakan linier. Selain itu, bagian ini juga banyak digunakan untuk operasi pemotongan benang.

7. Spindle Utama

Spindle utama memiliki poros silinder berongga yang memungkinkan benda kerja panjang melewatinya. Bagian ini memegang benda kerja dengan kuat, sehingga memungkinkan gaya dari alat pemotong tidak dapat mengalahkannya.

Baca juga: Jenis dan Fungsi As Drat Stainless Steel Pada Industri

Jual Mesin Bubut Terbaik

bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya beserta gambar
Sumber: Pinterest

Terdapat banyak mesin bubut dengan varian ukuran, harga, hingga kualitas yang berbeda-beda. Anda dapat dengan menemukan mesin bubut baik di offline store maupun di online store. Salah satu perusahaan yang menjual mesin bubut adalah CV Avodamitra Indotech.

CV Avodamitra Indotech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi timbangan untuk mendukung kebutuhan industry, retail, perhotelan, dan lain sebagainya.

CV Avodamitra Indotech menyediakan mesin bubut dengan spesifikasi CO 636 A x1000, swing over bed 360, distance between center 1000, dan berat sekitar 600 kg.

Selain mesin bubut, mereka juga menyediakan berbagai jenis timbangan seperti jembatan timbang, conveyor belt scale, bagging scale, batching scale, AMP scale, batching plant scale, floor scale, bench scale, timbangan hewan, timbangan sapi, timbangan emas, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan produk-produk CV Avodamitra Indotech atau mencari referensi toko lainnya, Anda bisa mengunjungi e-commerce Indonetwork.

Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan. Di e-commerce Indonetwork, Anda bisa menemukan berbagai merek dan toko yang menjual mesin bubut.

Itu dia bagian-bagian mesin bubut dan fungsinya beserta gambar. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks