Indonetwork, OtomotifList atau daftar sparepart bengkel motor merupakan salah satu daftar yang bisa Anda sediakan di toko. Dengan adanya daftar sparepart ini, tentunya akan memudahkan Anda dan karyawan untuk mengetahui ketersediaan produk.

Lebih lengkap lagi, daftar sparepart tersebut dapat Anda lengkapi dengan deskripsi atau fungsi sparepart. Hal ini juga bisa Anda gunakan untuk mempermudah karyawan baru yang belum hafal sparepart ketika melayani pembeli.
Apabila Anda membutuhkan referensi untuk pembuatan daftar sparepart, berikut beberapa daftar sparepart yang harus ada dalam katalog Anda.

Daftar Sparepart Bengkel Motor

daftar spare part motor
Sumber: Unsplash

Berikut daftar sparepart-sparepart yang bisa Anda sediakan dalam bisnis bengkel motor Anda.

1. Mesin

Mesin adalah jantung dari setiap kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Setiap sepeda motor, bergantung pada mesin pembakaran internal untuk mendapatkan tenaga. Mesin terletak dalam sebuah ruang kecil di mana busi menyalakan kombinasi udara dan bahan bakar yang terkontrol.

2. Karburator

Salah satu bagian yang tak terpisahkan dari mesin adalah karburator. Sparepart ini mengontrol rasio campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin dan bertanggung jawab atas pergerakannya.

3. Knalpot

Knalpot juga termasuk bagian terpenting dari kendaraan bermotor. Pasalnya, knalpot dapat menjaga agar kendaraan bermotor tetap dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, knalpot juga penting untuk menjaga kebisingan pada mesin.

4. Roda

Bagian terpenting yang sering terlihat dari kendaraan bermotor adalah roda. Roda merupakan bagian sepeda motor yang mendapatkan tenaga dari mesin.

Roda terdiri atas beberapa bagian yang salah satunya adalah ban karet. Terdapat berbagai bentuk dan ukuran ban sepeda motor, diantaranya seperti ban off-road, ban jalan, dan ban olahraga ganda.

5. Rem

Bagian terpenting lainnya dari kendaraan bermotor adalah rem. Sepeda motor memiliki dua set rem untuk mengendalikan roda depan dan belakang. Terdapat dua jenis rem yang bisa Anda temukan dalam jenis sepeda motor, yakni rem cakram dan rem tromol.

Rem cakram biasanya terdapat pada jenis sepeda motor besar, karena dapat menghasilkan tenaga pengereman yang jauh lebih besar. Sementara rem tromol adalah generasi yang lebih tua dan banyak ditemukan dalam sepeda motor yang lebih kecil. Biasanya digunakan sebagai rem belakang.

Baca juga: Kerja Motor Elektrik Hingga Distributor Electric Motor Teco

6. Pipa Knalpot

Pipa knalpot berfungsi sebagai penghubung tempat pembuangan asap. Asap dikumpulkan dari kepala silinder, kemudian masuk ke dalam knalpot dan dilepaskan melalui satu lubang yang disebut sebagai pipa depan.

7. Tangki Bensin

Untuk menjalankan mesin, kendaraan bermotor membutuhkan bensin. Bensin tersebut disimpan dalam sebuah tangka agar motor tetap dalam berjalan berkilo-kilo meter.

Dengan adanya tangki ini, bensin dapat tersimpan dengan aman, tidak membahayakan lingkungan dan orang-orang disekitar, maupun terhindar dari api yang dapat memicu kebakaran.

8. Tangki Oli

Tidak hanya bensin, kendaraan bermotor juga membutuhkan oli untuk menjaga mesin agar tetap dingin. Tangki oli motor adalah tangki yang dapat memperhitungkan kelebihan oli untuk bersirkulasi melalui mesin dan oil cooler yang dipasang di bagian depan motor.

9. Jok atau Kursi

Hampir semua sepeda motor memiliki ukuran jok yang berbeda-beda tergantung pada jenis sepeda. Sparepart ini juga termasuk dalam komponen sepeda motor yang bisa diubah sesuai kemauan pengendara.

Selain itu, pengendara bahkan bisa menambahkan bantalan ataupun sandaran yang bisa dimodifikasi. Pengendara pun bisa menambahkan jok tambahan pada bagian depan yang biasa mereka manfaatkan untuk ruang duduk tambahan.

10. Dasbor Motor

Untuk mengontrol kerja sepeda motor, bagian dasbor dapat melaporkan seluruh kegiatan berkendara Anda mulai dari jarak yang ditempuh, kecepatan motor, lampu sein yang menyala, hingga jumlah bahan bakar yang tersedia.

Setiap sepeda motor memiliki penempatan dan konfigurasi yang berbeda-beda. Akan tetapi, umumnya terletak di antara atau di bawah setang agar pengemudi dapat memonitor dengan jelas.

11. Spion

Bagian terpenting lainnya yang harus ada dalam sepeda motor adalah spion. Spion ini merupakan bagian yang bisa Anda andalkan untuk melihat kanan dan kiri.

Sebagian besar sepeda motor menggunakan spion dengan cermin cembung, karena dapat menghasilkan gambar tegak dan membuat area tampak luas dibandingkan dengan cermin datar.

Baca juga: 7 Komponen Penyusun Elektrik Motor

Rekomendasi Distributor Sparepart Bengkel Motor

Daftar Sparepart Bengkel Motor
Sumber: Pinterest

Terdapat berbagai distributor sparepart motor yang menyediakan bermacam-macam sparepart hingga mereknya. Anda bahkan bisa membeli produk sparepart untuk dijual baik di offline store maupun melalui online store. Salah satu distributor yang menyediakan produk sparepart motor adalah Panca Jaya Equipment.

Panca Jaya Equipment merupakan perusahaan yang bergerak di bidang supplier dan Distributor produk-produk peralatan bengkel atau alat-alat teknik dan mekanik, peralatan industrial, dan perawatan otomotif.

Mereka menyediakan berbagai sparepart motor hingga peralatan industri dengan berbagai merek. Seperti sparepart Yamaha, Suzuki, Honda, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan pemesanan produk sparepart motor dari Panca Jaya Equipment, Anda bisa menghubungi melalui kontak yang terdapat dalam website mereka, baik kontak Whatsapp maupun email.

Apabila Anda memerlukan referensi lain terkait distributor sparepart motor Yamaha, Anda bisa melakukan penelusuran pada e-commerce Indonetwork. Indonetwork merupakan salah satu pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan periklanan.

Itulah daftar sparepart motor yang wajib ada dalam toko bengkel motor Anda. Semoga bermanfaat.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks