Indonetwork, Peluang Usaha– Pada perkembangan globalisasi yang pesat saat ini, kegiatan berniaga pun berlangsung semakin pesat. Tak hanya bisnis ekspor saja yang mengalami pertumbuhan, bisnis barang impor juga mendatangkan peluang dengan keuntungan yang menjanjikan. Berniaga dengan antarnegara semakin menjadi daya tarik dilakukan oleh setiap kalangan dengan jangkauan berbagai macam kategori produk.

Apa Itu Reseller Barang Impor?

Reseller barang impor merupakan seseorang yang melakukan penjualan produk barang luar negeri, dari pihak supplier luar negeri kepada calon konsumen dengan tetap memberikan kualitas unggul.

Bisnis barang impor juga dapat menjadi alternatif bagi reseller untuk menyediakan barang luar negeri dan dijual kembali di dalam negaranya. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan dan memudahkan konsumen dalam negeri mendapatkan produk luar negeri yang belum diproduksi di dalam negaranya.

Ada berbagai macam ide bisnis reseller, salah satunya menjadi reseller barang impor. Jika Anda tertarik, cari tahu lebih lanjut mengenai keuntungan dan bagaimana cara menjadi reseller barang impor berikut ini.

Keuntungan Menjadi Reseller Barang Impor

reseller barang import
Sumber: Freepik

Apa saja keuntungan menjadi seorang reseller barang impor? Berikut beberapa di antaranya.

Mudah Menentukan Keuntungan

Barang yang telah didapatkan merupakan impor dari negara luar dengan persaingan biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi. Anda dapat dengan sesuka hati menentukan dan memilih jumlah kebutuhan atau keuntungan yang ingin diperoleh dengan jangka waktu yang bebas Anda atur.

Tidak Perlu Produksi Barang

Anda tidak perlu lagi memikirkan dan mengatur perihal produksi barang. Anda hanya perlu meningkatkan dan memperbaiki marketing communication dalam penyaluran produk ke calon konsumen dan membentuk kepercayaan kepada pelanggan Anda.

Mendapat Kualitas Produk yang Bagus

pertama-tama Anda harus riset dan menyeleksi supplier yang benar-benar memberikan kualitas produk bagus dan jujur. Sehingga kedepannya, kualitas, mutu, dan kepercayaan akan produk impor telah dijamin atas kesepakatan antara dua belah pihak. Dengan begitu akan timbul rasa yakin untuk terus menggunakan dan membeli produk pada toko Anda. 

Baca Juga: Begini Prosedur Impor Barang dari Luar Negeri yang Benar

Cara Menjadi Reseller Barang Impor

reseller barang import
Sumber: Freepik

Menjadi reseller memang tidak perlu repot memikirkan proses dan biaya produksi produk. Namun di sisi lain, Anda harus menentukan rencana bisnis dan bagaimana cara mempromosikan produk reseller Anda. Lebih lanjut, berikut cara menjadi reseller barang impor.

Menentukan Rencana Bisnis

Anda dapat memulai bisnis reseller pemula dengan tetap memperhatikan business plan seperti menyiapkan biaya dan modal awal yang tidak membutuhkan modal besar sebab, produk yang dijual reseller merupakan barang jadi dari pabrik atau supplier sehingga reseller tidak mengeluarkan biaya produksi. Selain itu, ketika sudah memiliki pangsa pasar yang mapan, reseller bisa dengan cepat memenuhi pesanan calon pembeli.

Mengetahui Target Market dan Kondisi Pasar

Tidak kalah penting untuk meriset kondisi kebutuhan pasar serta mengetahui jenis market yang hendak Anda tuju. Anda dapat memilih barang atau produk yang sekiranya dapat digemari dan dibutuhkan oleh calon pembeli. Selain itu, memahami jenis market yang dapat Anda rangkul untuk memulai bisnis reseller barang impor dapat menentukan strategi pemasaran dan dapat membantu Anda dalam menentukan harga yang kompetitif serta mengukur kualitas barang  yang nantinya Anda peroleh dari supplier.

Anda juga dapat menjadikan passion atau hobi yang selama ini Anda gemari menjadi peluang bisnis reseller impor. Misalnya, Anda gemar mengoleksi produk tas impor dengan target market yang akan dijalani sehingga dapat menjadi patokan detail dan terukur yang dapat menjadi wadah kreatifitas untuk lebih ditekuni karena memiliki insight sesuai dengan minat sesuai dengan kegemaran yang Anda inginkan sejak lama.

Menentukan dan Memilih Barang atau Produk dengan Resiko yang Sedikit Rendah

Bila Anda belum sepenuhnya yakin terhadap beberapa option target barang yang hendak dipasarkan, entah terhadap kualitas atau efek samping yang mungkin timbul, sebaiknya Anda mencermati resiko yang mungkin timbul dengan skala yang masih dapat ter-cover dan tidak berpengaruh pada kesehatan konsumen seperti furniture, distributor tas import tangan pertama, aksesoris, gadget, fashion, home decor dan sebagainya.

Memilih Produk Original Bukan dengan Kualitas Super

Anda juga perlu memperhatikan kualitas barang original seperti tas impor china murah yang hendak dijual terlebih bila Anda ingin mengembangkan rate dan reputasi toko. Karena sudah banyak barang branded yang begitu umum dan dapat diragukan kualitas barangnya oleh calon konsumen. Sebaiknya Anda tetap fokus pada kualitas produk original dengan kualitas yang tetap terjaga.

Memilih Supplier yang Berpengalaman

Anda perlu memutuskan bekerjasama dengan mitra atau supplier dengan produksi atau penyimpanan barang/ produksi dengan jumlah barang dan kualitas barang yang sudah tidak diragukan. Anda juga perlu mengetahui lokasi strategis dan terjangkau untuk keamanan dan kepercayaan calon pembeli dengan pelayanan yang terus Anda kembangkan.

Mempelajari Sistem Pembayaran

Anda memerlukan ketekunan dan ketelitian terhadap transaksi yang mungkin timbul karena barang impor yang hendak Anda jual. Dengan mempelajari beberapa metode tunai, transfer, barter  hingga metode pembayaran L/C atau letter of credit dan sebagainya mampu membantu Anda untuk terus berkembang dengan menyiapkan pelayanan kepada para calon pembeli.

Mempelajari Pengurusan Document Pendukung yang Penting

Bill of Landing dan Pengajuan Impor Barang (PIB). Terdapat beberapa dokumen penting yang hendak Anda cermati dalam proses bisnis reseller impor sebagai barang bukti atau bentuk dokumentasi terkait pengiriman ataupun rincian biaya produk serta tanda bukti terima sebagai reseller. Anda juga perlu mempelajari dokumen penting lain seperti informasi dari bea cukai untuk kemudian menjadi perhatian terkait pajak yang harus Anda lengkapi.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Modal Laptop dan Internet

Demikianlah informasi rangkuman mengenai keuntungan dan langkah yang dapat Anda pelajari untuk menjadi reseller terpecaya. Anda juga dapat menghubungi Media Solusi Nusantara untuk memudahkan Anda mencari distributor reseller terpercaya dengan kualitas barang yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Semoga bermanfaat!

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks