Indonetwork, Peluang Usaha – Perkembangan teknologi dan internet yang pesat mampu memudahkan orang-orang mengakses berbagai kebutuhan dan keinginan untuk memiliki barang secara cepat. Sebab kegiatan jual beli barang saat ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Salah satu pihak yang membantu memudahkan penyampaian barang dari distributor atau supplier ke masyarakat, yaitu reseller.

Reseller merupakan istilah bahasa Inggris yang diambil dari kate “re” dan “seller” yang berarti orang yang membeli kembali barang atau produk dari berbagai pihak untuk kemudian dijual atau dipasarkan kembali, untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan lebih dari harga beli sebelumnya.

Dari sisi pembeli, adanya reseller dapat memudahkan masyarakat dalam membeli produk dari orang terdekatnya, yang pada awalnya mungkin sulit didapatkan karena terkendala harga dan jarak.

Sementara dari sisi reseller itu sendiri, menjadi seorang reseller tentu menguntungkan karena tidak memperlukan banyaknya modal besar untuk memulai bisnis dengan minim risiko. Anda dapat menjual kembali produk dari supplier, sehingga mendapat keuntungan yang lebih baik dari segi efisiensi waktu, lokasi pick up, dan sebagainya.

Karena itulah bisnis reseller sering diminati oleh para pemula yang ingin berjualan, namun belum memiliki banyak produk atau brand pada toko yang akan dibukanya kelak. Terbesit keinginan untuk menggeluti bisnis reseller juga, tapi bingung harus jualan apa? Berikut ide bisnis reseller untuk pemula yang dapat Anda coba.

Ide Bisnis Reseller untuk Pemula

ide bisnis reseller
Sumber: Tirachardz/Freepik

Ada banyak sekali jenis barang maupun jasa yang dapat Anda jadikan produk jualan bisnis reseller. Namun, di antara itu semua, Anda dapat menyeleksinya dan memilih produk apa yang sekiranya tidak membutuhkan modal besar, namun tinggi peminat atau banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Nah, berikut beberapa ide produk atau bisnis reseller yang berpeluang cuan besar untuk pemula.

Pakaian dan Perlengkapan Kebutuhan Anak

Mengapa menjual pakaian anak-anak atau kebutuhan bayi menjadi salah satu ide bisnis reseller yang menjanjikan? Karena secara umum, orang tua atau dewasa cenderung memperhatikan kebutuhan sandang dan kebutuhan anak.

Karena pada usia anak, tergolong masih pada masa pertumbuhan dan belum mengerti untuk memilih kebutuhannya sendiri. Anda dapat memilih ide bisnis satu ini apabila sebelumnya telah mengerti dan memahami tren pakaian anak serta perlengkapan bayi yang juga dibutuhkan oleh kalangan orang tua.

Baca Juga: Cara Mudah Berjualan Di Marketplace, Banyak Pembeli!

Tas Import 

Tas merupakan salah satu fashion item yang begitu banyak digemari oleh masyarakat dan sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari seperti untuk bersekolah, bekerja, hangout dan sebagainya. Anda dapat menjadikan produk tas ini sebagai barang jualan reseller Anda. Apalagi saat ini tersedia berbagai macam jenis dan model tas, seperti shoulder bag, tas impor wanita dengan kualitas bagus, backpack, waist bag, hand bag, cluth, dan sebagainya.

Makeup and Skincare

Tidak kalah menarik dengan fashion, produk makeup juga dapat menjadi ide bisnis reseller terbaik karena peminat yang begitu banyak di kalangan wanita. Dengan banyaknya jenis make up dan skincare dari berbagai brand, akan mempermudah Anda untuk membuka peluang terhadap kelebihan kualitas masing-masing brand.

Namun, sebelum mulai menjadi reseller make up dan skincare, setidaknya Anda sudah paham terlebih dulu mengenai kandungan, reaksi efek samping yang mungkin timbul, tekstur, hingga manfaatnya untuk berbagai kondisi kulit dari masing-masing make up dan skincare. Lalu, pastikan untuk memilih produk yang sudah bersertifikat BPOM, sehingga calon pembeli akan semakin yakin terhadap keamanan dan fungsi dari produk yang Anda jual

Baju Trift dan Aksesoris Fashion

Berbisnis pakaian trift telah menjadi ide usaha yang tren sejak beberapa tahun terakhir terutama di kalangan anak muda, karena memiliki banyak minat dari masyarakat. Berjualan pakaian trift terbilang mudah, karena Anda tidak harus pergi keluar negeri untuk mendapatkan pakaian preloved yang masih layak untuk digunakan.

Dalam mempromosikannya, Anda juga dapat memadukan pakaian trift dengan aksesori lainnya seperti topi, kalung, gelang, perhiasan, hingga strap untuk masker. Ini dapat jadi ide yang bagus untuk membuat produk bundling yang menarik.

Tips Berbisnis Reseller untuk Pemula

ide bisnis reseller
Sumber: Freepik/Tirachardz

Sudah terpikirkan ingin jualan produk apa untuk bisnis reseller? Setelah itu, Anda perlu simak beberapa tips berbisnis reseller berikut ini supaya lebih paham alur kerja kedepannya dan mengantisipasi kerugian.

Memilih Produk yang Akan Dijual

Langkah awal apabila Anda ingin mulai menjadi reseller adalah mengetahui dan mempelajari produk apa saja yang banyak dibutuhkan, atau sedang trend dan cocok untuk dijual pada lokasi sekitar Anda. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas produk, harga, dan minat konsumen nantinya pada barang. Mengingat agar barang mudah dijual dan laris dipasaran.

Mengetahui Kompetitor dan Market

Anda perlu melihat peluang ketika ingin menjual produk. Karena dengan mengetahui siapa target konsumen dan kondisi pasar dapat menjadi kunci penting untuk menghindari kerugian pada masa mendatang.

Lalu, pertimbangkan juga seberapa besar skala bisnis yang ingin dijalani. Anda juga perlu menganalisis perkembangan yang terjadi terhadap pesaing atau supplier lain untuk memperbandingkan promo dan perbedaan harga yang sedang dijalankan.

Mencari Supplier yang Sesuai

Anda dapat mencermati aspek bisnis dan kelayakan serta kualitas produk dari berbagai pilihan supplier sesuai dengan skala bisnis yang akan Anda kerjakan. Dengan membuat prioritas berkomunikasi serta kecepatan respons dari supplier juga dapat membantu Anda untuk terus fokus terhadap perhitungan bisnis dan jenjang bisnis nantinya.

Mempelajari Strategi Penjualan Online

Anda dapat mempelajari langkah-langkah pemasaran barang dan memperbarui informasi produk yang Anda jual. Manfaatkan berbagai aplikasi bisnis online shop yang ada. Anda dapat mengunggah berbagai macam informasi produk pada marketplace dengan mencantumkan keterangan dan spesifikasi produk tersebut dengan jelas, agar calon konsumen dapat percaya dan tertarik untuk membelinya.

Anda juga dapat membuka peluang promosi di media sosial sesuai target pasar Anda. Salah satu fitur yang dapat Anda manfaatkan yaitu iklan atau promosi, sehingga calon pembeli tertarik untuk melihat, mencermati, dan membeli produk dari halaman online yang telah Anda buat.

Evaluasi Penjualan secara Berkala

Evaluasi ini dapat dilakukan guna memberikan informasi terhadap kinerja penjualan dalam satu waktu berjalan. Sehingga Anda dapat memperbaiki dan terus memberikan solusi terbaik pada setiap keputusan yang hendak Anda jalani ke depan.

Anda dapat mengetahui perkembangan detail mengenai kenaikan, penurunan, bahkan jumlah stock barang yang tersedia pada bisnis Anda. Evaluasi ini akan begitu penting dilakukan karena akan memperoleh hasil akhir yang cukup memuaskan bila mengetahui keuntungan yang didapatkan dari kegiatan reseller tersebut.

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Online Tanpa Modal? Simak Panduan Ini!

Demikian rangkuman terkait ide bisnis reseller untuk pemula yang perlu dicermati terlebih dulu sebelum mulai menggelutinya. Apabila Anda mencari distributor shoulder bag wanita untuk bisnis reseller, Anda dapat mencarinya di Media Solusi Nusantara yang menyediakan berbagai macam tas wanita impor yang berkualitas dan terjangkau. Anda dapat memilih aneka model dompet, waist bag, hand bag, clutch bag, dan backbag. Hubungi Media Solusi Nusantara sekarang untuk informasi lebih lanjut dan penawaran harga terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks