Perawatan pintu adalah salah satu cara untuk menjaganya agar tetap bertahan lama. Jika dirawat dengan baik, pintu baja dapat bertahan kurang lebih selama 30 tahun. Itu artinya, Anda akan terhindar dari kerusakan dan pengeluaran biaya tambahan.

Bagi Anda yang menggunakan pintu baja motif kayu pada rumah hunian, Anda sangat beruntung. Mengingat perawatan pintu baja yang relatif mudah dan dapat Anda lakukan bersama anggota keluarga atau teman Anda. Hal ini sangat menguntungkan Anda bukan?

Pintu Baja Motif Kayu

Seperti yang kita ketahui, banyak industri maupun rumah hunian yang kini memilih untuk menggunakan pintu baja. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan pintu baja.

Tingginya penggunaan pintu baja pada rumah hunian, membuat banyak perusahaan pintu baja kini juga menyedikan pintu baja dengan variasi yang tidak kalah menarik dengan pintu-pintu lainnya. Mereka bahkan mengadopsi motif kayu untuk memberikan sentuhan kayu pada pintu baja. Sentuhan motif kayu ini dapat memberikan kesan bahwa pintu tersebut benar-benar terbuat dari kayu. Pada akhirnya, desain ini akan membuat lebih banyak orang tertarik pada pintu baja motif kayu.

Baca juga: 8 Desain Terbaik Pintu Baja Bermotif

Cara Merawat Pintu baja Motif Kayu

Pintu Baja Motif Kayu
Sumber: Pexels

Pintu utama dalam rumah hunian merupakan salah satu bagian dari rumah yang seringkali dilalui oleh banyak orang. Terutama gagang pintu yang juga banyak tersentuh oleh manusia, bahkan beberapa kali meninggalkan jejak jari. Oleh karena itu, untuk menjaga pintu baja agar awet dalam jangka panjang, Anda harus menjaganya dengan melakukan perawatan beberapa kali.

Bagi Anda yang tinggal di sekitar pantai, perlu untuk melakukan pembersihan pintu baja lebih sering. Udara yang lebih dekat dengan pantai memiliki kadar asin yang tinggi daripada daerah-daerah yang jauh dari pantai dan menyebabkan korosi pada pintu baja Anda. Oleh karena itu pembersihan secara teratur adalah cara terbaik untuk memastikan pintu Anda terbebas dari karat. Perlu diketahui juga, lingkungan tempat Anda tinggal akan menentukan seberapa sering Anda memerlukan waktu untuk membersihkan pintu baja Anda.

Sesekali, pelumasan engsel pada pintu juga diperlukan. Pengolesan ini untuk mencegah pintu dari karat dan membuatnya lebih mudah digeser.

Apabila Anda menginginkan tampilan baru pada pintu rumah, Anda dapat melakukannya dengan cara mengecatnya. Hal ini juga dapat membantu melindungi pintu baja dari karat. Namun ada beberapa petunjuk yang perlu diketahui sebelum melakukan pengecatan pada pintu baja Anda. Pertama, Anda perlu melepaskan pintu dari engselnya untuk mempermudah proses pengecatan.

Kedua, Anda perlu untuk membersihkan pintu dari debu dan karat. Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah merambatnya karat pada lapisan bawah cat. Anda dapat menggunakan amplas untuk mengikisnya. Jika tidak berhasil, oleskan minyak tanah untuk membantu melunakkan karat dan membuatnya lebih mudah terkikis.

Jika Anda sudah menyelesaikan semua langkah tersebut, pengecatan sudah dapat Anda lakukan pada pintu baja Anda. Perlu juga untuk memastikan bahwa Anda menggunakan primer dan cat yang dibuat untuk mengecat baja. Jika tidak, bisa dimungkinkan warnanya tidak akan menempel dengan baik dan mudah terkelupas.

Baca juga: Mengapa Harus Menggunakan Pintu Baja Murah?

Bagian-Bagian dari Pintu Baja yang Harus dicek Secara Berkala

Pintu Baja Motif Kayu
Sumber: Pexels

Permukaan Pintu

Permukaan pintu baja merupakan bagian pintu yang paling banyak berpotensi untuk kotor, karena banyak faktor seperti cuaca, debu, angin, dan lain sebagainya. Untuk menjaga permukaan pintu tetap bersih, Anda dapat membersihkannya dengan cara mencuci permukaan logam dengan air dan sabun yang bertekstur lembut. Anda juga dapat menggunakan kain lembut dan lap untuk menghilangkan airnya hingga kering.

Engsel Pintu

Detail bagian pintu yang bergerak, selalu membutuhkan pelumasan beberapa kali. Hal ini untuk menjaganya tetap dapat berfungsi dengan baik.

Pegangan dan Kunci

Bagian pegangan dan kunci juga merupakan bagian dari pintu yang harus dijaga dan dirawat secara berkala. Cara terbaik untuk melakukan perawatan pada pegangan dan kunci adalah dengan membersihkannya.

Anda dapat membersihkan bagian pegangan dan kunci seperti Anda membersihkan bagian pintu lainnya. Pastikan Anda memberikan pelumas pada semua bagian yang bergerak, seperti bagian dalam kunci. Untuk menghindari kerusakan pada bagian kunci, Anda perlu juga untuk mengkonsultasikan dengan perusahaan pintu baja di mana Anda memesannya.

Gasket

Segel pintu dan gasket adalah salah satu bagian pintu yang paling rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, bagian ini juga membutuhkan perhatian untuk pengecekan secara teratur. Anda dapat melakukan perawatan dengan menyemprotkan minyak silikon setiap beberapa bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga pintu baja Anda agar terbebas dari kotoran dan dapat selalu tertutup rapat.

Baca juga: 11 Kelebihan Pintu Baja Modern dibandingkan Pintu Kayu

Rekomendasi Perusahaan Pintu Baja motif kayu

Bagaimana? Tidak sulit bukan melakukan perawatan pada pintu baja motif kayu? Dalam artikel ini, kami juga memberikan rekomendasi perusahaan pintu baja yang dapat menjadi opsi ketika Anda memerlukan beberapa pilihan. Jika Anda menginginkan pintu baja murah dan berkualitas, Elpisdoor Indonesia dapat memberikan harga dan kualitas yang paling baik. Elpisdoor Indonesia adalah perusahaan pintu baja yang berkualitas tinggi dan mengedepankan teknologi. Elpisdoor Indonesia juga sudah bersertifikasi sesuai standarisasi internasional, lho! Sehingga mampu memberikan produk pintu baja terbaik dengan berbagai keunggulannya.


Author

%d bloggers like this: