Pemilihan furnitur yang berkualitas menjadi prioritas bagi hampir semua orang ketika akan membangun sebuah rumah, terutama pintu utama yang menjadi akses masuk. Pintu baja murah merupakan salah satu opsi yang dapat Anda gunakan dalam menetapkan pilihan furnitur. Selain memiliki beberapa keunggulan, pintu baja murah juga memiliki harga yang terjangkau dibanding dengan pintu-pintu lainnya.

Apa itu Pintu Baja

Pintu baja merupakan pintu yang berbahan baku baja. Biasanya, pintu ini diaplikasikan ke dalam bangunan seperti industri. Namun akhir-akhir ini, banyak orang juga mengaplikasikan pintu baja pada rumah hunian mereka. Mengingat desain pintu yang tidak kalah menarik dengan desain pintu dari bahan lainnya.

Setiap pintu baja, memiliki ketebalan yang berbeda-beda, ketebalan ini diukur dengan ketebalan dari kulit baja menggunakan alat pengukur. Sebagian besar pintu baja yang dijadikan sebagai pintu masuk rumah, memiliki standar ukuran 24 dengan tebal 0,020 inci dan berat sekitar 1,15 pon per kaki persegi. Beberapa produsen biasanya menyediakan variasi ukuran 20 dengan ketebalan mencapai 0,032 inci.

Pintu baja terbuat dari bahan baja yang tidak padat, karena kegunaannya yang difungsikan sebagai pintu keamanan industri, atau hunian saja. Baja padat dinilai terlalu berat jika diaplikasikan pada rumah hunian, bahkan dapat merusak engsel dari bingkainya. Kerusakan tersebut akan memberikan kerugian besar, karena pemilik rumah harus mengeluarkan biaya untuk renovasi.

Pintu baja padat biasanya sering digunakan dalam militer dan kelautan, karena keduanya merupakan kelompok yang memerlukan pertahanan lebih tinggi daripada pemasangan pada rumah hunian. Meskipun begitu, pintu baja terkenal akan keamanannya jika digunakan sebagai pintu industri maupun rumah hunian Anda.

Baca juga: 5 Alasan Memilih Pintu Baja untuk Hunian Anda

Mengapa Harus Menggunakan Pintu Baja Murah

Pintu Baja
Sumber: Pexels

Jangan hanya dilihat dari judulnya, pintu baja murah ini mempunyai segudang keunggulan yang bisa membuat Anda terpikat. Berikut sejumlah keunggulan dari pintu baja murah.

Ketahanan Pintu

Pintu baja murah, terkenal akan ketahanan pintunya yang sangat kuat. Bagaimana tidak, pintu baja murah ini tahan akan serangan peluru dan pencuri yang akan membobol rumah Anda. Sehingga dari segi keamanan, pintu baja memiliki rating tinggi dibandingkan dengan jenis pintu lainnya. Bahkan banyak orang memilih pintu berbahan baja sebagai pintu keamanan, karena memiliki lapisan kulit baja pada ambang pintu yang sulit untuk dirusak dengan tangan, kaki, atau peralatan pertukangan lainnya.

Selain itu, pintu berbahan baja juga memberikan nilai jangka panjang yang dapat bertahan hingga 30 tahun dengan perawatan yang tepat. Jika dibandingkan dengan pintu berbahan kayu yang mudah menyerap kelembaban, mudah mengelupas, menggelembung, dan melengkung, pintu baja dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Harga Terbaik

Adanya beberapa keunggulan yang dimiliki pintu baja, membuat pintu tersebut terdengar sangat mahal untuk pengaplikasian pada rumah hunian. Mengingat angka ketebalan dan beratnya yang tidak sedikit.

Namun bagi Anda yang tertarik untuk memasang pintu baja pada rumah hunian Anda, tidak perlu merisaukan mengenai biaya yang harus dikeluarkan, karena harga pintu baja cukup terjangkau. Bahkan lebih murah daripada pitu fiberglass atau kayu. Produsen pintu baja menyediakan harga yang bervariatif sesuai desain dan jenis pintu baja yang Anda inginkan. Seperti pintu baja murah, pintu baja tahan api, pintu baja dengan model dekoratif, dan pintu baja jenis lainnya.

Baca juga: 5 Tips Memasang Pintu Baja dengan Harga Murah

Dilengkapi dengan Peringkat Api

Fitur peringkat api yang diberikan pada setiap pintu baja, menjadi nilai jual utama bagi perusahaan furnitur pintu baja. Namun perlu diketahui juga, bahwa tidak semua pintu baja memiliki peringkat yang sama.
Peringkat api pada pintu baja menunjukkan seberapa besar ketahanannya terhadap api, terlebih ketika terjadi kebakaran. Ketahanan ini sebelumnya sudah melalui uji laboratorium yang akan menunjukkan seberapa lama pintu tersebut dapat menahan api.

Desain dan Gaya yang Tidak Kalah Menarik

Pintu Baja Murah
Sumber: Pexels

Meskipun terbuat dari baja dan terlihat biasa dari segi desain, perusahaan-perusahaan baja telah menghadirkan pintu baja dengan desain yang tidak kalah menarik dari pintu-pintu yang berbahan selain baja.
Apabila Anda tertarik untuk memasang furnitur berbahan baja, namun merisaukan pula tentang desainnya, Anda dapat mengakali dengan sejumlah warna berbeda untuk mendapatkan kesan yang tidak kaku. Selain itu, Anda juga dapat melapisinya dengan vinil untuk mendapatkan warna serat kayu.

Baca juga: 7 Jenis Pintu untuk Hunian yang Bisa Anda Pilih

Ramah Lingkungan

Baja merupakan salah satu bahan yang sering digunakan oleh perusahaan dalam pembuatan pintu. Berdasarkan proses pembuatannya, baja merupakan bahan yang dapat didaur ulang hingga beberapa kali. Berbeda dengan bahan baku lain yang bisa mengalami degradasi dalam proses pembuatannya. Oleh karena itu, mengapa pintu baja dikatakan sebagai ramah lingkungan.

Rekomendasi Perusahaan Pintu Baja

Bagaimana? Banyak bukan kelebihan dari pintu baja yang bisa diaplikasikan pada rumah hunian Anda? Dalam artikel ini, kami juga memberikan rekomendasi perusahaan pintu baja yang dapat menjadi opsi ketika Anda memerlukan beberapa pilihan. Jika Anda menginginkan pintu baja murah dan berkualitas, Elpisdoor Indonesia dapat memberikan harga dan kualitas yang paling baik. Elpisdoor Indonesia adalah perusahaan pintu baja yang berkualitas tinggi dan mengedepankan teknologi. Elpisdoor Indonesia juga sudah bersertifikasi sesuai standarisasi internasional, lho! Sehingga mampu memberikan produk pintu baja terbaik dengan berbagai keunggulannya.


Author

%d bloggers like this: