Pindah rumah dari tempat yang lama ke rumah baru pastinya menjadi hal yang menyenangkan dan sangat dinanti-nantikan. Meskipun proses pindahan cukup melelahkan dan merepotkan, karena harus mengurus banyak hal. Namun saat ini, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan mengenai susahnya pindah rumah, karena Anda dapat menggunakan layanan jasa pindah rumah yang dapat banyak membantu.

Apabila Anda sudah menemukan layanan jasa pindahan, kemudian Anda akan kembali bertanya-tanya bagaimana caranya memastikan bahwa layanan jasa yang digunakan benar-benar aman dan dapat menjamin kepercayaan Saya? Maka untuk meyakinkan diri Anda, Anda perlu untuk menanyakan sejumlah pertanyaan kepada layanan jasa tersebut terkait semua hal yang ada dalam proses pindahan. Berikut beberapa daftar pertanyaan yang bisa membantu Anda untuk menggali lebih dalam mengenai informasi dari layanan jasa pindah rumah yang akan Anda gunakan.

Berapa Perkiraan Biaya yang akan dikeluarkan?

Pertanyaan pertama yang dapat diajukan kepada layanan jasa pindah rumah adalah mengenai tarif, karena setiap perusahaan akan memberikan tarif yang berbeda-beda. Ada yang diukur berdasarkan jarak, ada yang diukur berdasarkan berat, dan ada juga yang diukur berdasarkan jam. Jika jarak pindahan cukup jauh, biasanya perusahaan akan menghitung tarif berdasarkan berat. Akan tetapi jika jarak pindahan terhitung dekat, perusahaan akan menghitung tarif berdasarkan jam. Perkiraan tarif ini juga bergantung pada jenis angkutan yang disediakan oleh jasa pindahan.

Berkenaan dengan tarif, Anda juga dapat menanyakan mengenai biaya tambahan. Apakah dengan sekian banyak barang yang akan Anda pindahkan berpotensi untuk mengeluarkan biaya tambahan? Maka dengan hal tersebut Anda dapat memperkirakan berapa kira-kira biaya yang harus Anda siapkan.

Apabila Anda telah menyetujui menggunakan suatu layanan jasa pindahan, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mendapat rincian biaya yang harus dibayar. Rincian tersebut mencakup semua biaya yang telah disertai tanda tangan sebagai simbol kesepakatan antara kedua belah pihak. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan mengenai metode pembayaran yang dapat digunakan dan tenggat waktu tanggal pembayaran.

Apakah Anda Menggunakan Subkontraktor?

Beberapa perusahaan biasanya juga menggunakan bantuan subkontraktor untuk memindahkan barang Anda. Hal ini biasanya dikarenakan jasa layanan yang Anda pilih tidak dapat menjangkau lokasi rumah baru Anda. Maka mereka harus menyewa subkontraktor untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.

Jika perusahaan menggunakan beberapa subkontraktor, Anda dapat meminta daftar lengkap subkontraktor yang digunakan. Anda juga dapat menanyakan apakah Anda juga akan mendapatkan pelayanan terbaik dari subkontraktor tersebut atau tidak.

Baca juga: Berencana Pindahan Kantor? Ikuti Panduannya Berikut ini!

Apakah jasa pindahan Menyediakan Layanan Pengepakan dan Penyimpanan?

Jasa Pindahan
Sumber: Pexels

Pertanyaan lain yang dapat Anda ajukan adalah mengenai pengepakan dan penyimpanan. Anda harus mengetahui bagaimana layanan jasa pindahan yang Anda pilih mengemas dan melindungi barang-barang Anda. Beberapa perusahaan jasa pindahan, biasanya akan mengecilkan sofa Anda dan menyediakan layanan bungkus selimut secara gratis, namun beberapa perusahaan juga akan menarik tarif dalam hal ini.

Selain itu, Anda juga dapat menanyakan bagaimana mereka memberikan label terhadap barang-barang Anda. Hal ini dikarenakan pemberian label dapat mempermudah Anda dalam mengidentifikasi saat barang datang. Pastikan juga Anda mendapat daftar barang-barang yang Anda pindahkan untuk memastikan bahwa semua barang Anda tidak ada yang tertinggal.

Anda juga perlu menanyakan apakah mereka menyediakan layanan penyimpanan atau tidak. Barangkali terdapat sedikit kendala pada rumah baru Anda yang mengakibatkan barang-barang Anda tidak dapat diletakkan pada rumah baru.

Apakah jasa pindahan Menawarkan Asuransi?

Pertanyaan selanjutnya yang dapat ajukan adalah apakah pihak layanan jasa pindah rumah yang Anda pilih menawarkan asuransi atau tidak. Mengingat beberapa perusahaan jasa pindahan sering memberikan asuransi dengan tambahan biaya. Hal ini biasanya didasarkan pada berat barang yang akan Anda pindahkan. Oleh karena itu, Anda perlu menanyakan mengenai hal ini.

Baca juga: 6 Tips Mencari Jasa Pindahan Mesin

Bagaimana Perusahaan Jasa Pindah Rumah Menjamin Barang-Barang Anda

Jasa Pindahan
Sumber: Pexels

Ketika Anda memakai layanan jasa pindahan, Anda juga perlu menanyakan bagaimana perusahaan jasa tersebut menjamin barang-barang milik Anda. Terlebih ketika Anda melakukan pindahan selama musim hujan, cari tahulah apakah perusahaan akan melindungi kerusakan barang dari air atau tidak.

Apakah Dapat Melakukan Pembatalan atau Memundurkan Tanggal Pindahan?

Anda juga dapat menanyakan apakah Anda dapat membatalkan layanan jasa pindahan atau tidak. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terdapat beberapa kendala yang mengharuskan Anda untuk membatalkan kesepakatan.
Selain itu, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan mengenai tanggal pindahan. Apakah bisa memundurkan tanggal pindahan dari tanggal yang disepakati? Hal ini juga akan membantu Anda dalam mengantisipasi apabila rumah baru Anda mendadak perlu perbaikan pada suatu bagian dan mengharuskan Anda untuk mengundurkan tanggal pindahan.

Baca juga: 5 Tempat Sewa Forklift Terbaik di Jakarta

Jasa Pindahan Rumah

Berencana untuk pindah rumah dalam waktu dekat? CV Citra Mandiri solusinya.

CV Citra Mandiri melayani jasa pindahan rumah ke hampir seluruh daerah di Indonesia. Mereka menyediakan beberapa jalur untuk pindahan rumah dari Surabaya, diantaranya adalah melalui jalur darat, laut, serta udara. CV Citra Mandiri memberikan layanan gratis penjemputan barang pindahan ke rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengirimkan barang ke pihak layanan jasa pindahan. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi CV Citra Mandiri dan buat janji hari ini!

Author

Enable Notifications OK No thanks