Indonetwork, Peralatan Industri – TECO merupakan salah satu brand electric motor yang terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Perusahaan ini telah berhasil memperoleh berbagai penghargaan dan sertifikasi. Diantaranya adalah ISO 9001 dan ISO 14001. Pada tahun 2000, TECO berhasil memperoleh EPACT Energy Efficiency Certificate (No.CC002A) di Amerika Serikat dan menetapkan Electric Motor Teco sebagai perusahaan teladan di pasar global. Kali ini kita akan belajar mengenai prinsip kerja motor elektrik hingga perusahaan distributor electric motor TECO.

Motor elektrik TECO melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjamin kualitas produksi serta memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Motor elektrik TECO memproduksi berbagai jenis motor elektrik untuk melayani beragam industri di seluruh dunia. Motor Elektrik TECO tersebar di Amerika Utara dan Asia, dengan bantuan pemasaran dan pendistribusian oleh beberapa perusahaan distributor electric motor TECO.

Prinsip Kerja Motor Electric

Electric Motor TECO Murah
Sumber: Mitraglobalteknik.com

Prinsip kerja motor listrik pada dasarnya sama untuk semua jenis motor. Pada motor elektrik, tenaga listrik diubah menjadi tenaga mekanik. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektromagnet. Sebagaimana kita ketahui bahwa: kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama tarik-menarik. Dari proses tersebut akan dihasilkan gerakan jika menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap. Secara umum, prinsip kerja motor elektrik adalah sebagai berikut:

  • Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya
  • Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, maka kedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan.
  • Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan.
  • Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.

Klasifikasi Motor Electric berdasarkan Beban Motor

Dalam memahami sebuah motor, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban motor listrik. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/ torque sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok (BEE India, 2004):

  • Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torque nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torque konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
  • Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan (torque bervariasi sebagai kuadrat kecepatan).
  • Beban dengan energi konstanadalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.

Baca Juga : 7 Komponen Penyusun Electric Motor

Jenis-jenis Motor Listrik

Electric Motor TECO
Sumber: Blog.unnes.ac.id

Seperti pada gambar di atas, pada dasarnya motor listrik terbagi menjadi 2 jenis yaitu motor listrik DC dan motor listrik AC. Kemudian dari jenis tersebut digolongkan menjadi beberapa klasifikasi sesuai dengan karakteristiknya. Berikut pembagian klasifikasinya:

1. Motor AC

Motor listrik arus bolak-balik adalah salah satu jenis motor listrik yang disuplai oleh sumber tegangan arus bolak balik (AC). Motor listrik arus bolak-balik (AC) tersebut dapat dibedakan lagi jenis-jenisnya sebagai berikut.

  • Motor Sinkron

Motor sinkron adalah salah satu jenis motor listrik arus bolak balik (AC) yang bekerja pada kecepatan tetap dan konstan pada sistem frekuensi tertentu. Motor ini memerlukan arus searah (DC) sebagai pembangkit daya dan memiliki torsi awal yang cukup rendah, oleh karena itu motor sinkron digunakan untuk penggunaan awal dengan beban yang rendah, seperti kompresor udara, generator motor dan perubahan frekuensi. Motor listrik sinkron memiliki kelebihan untuk memperbaiki faktor daya dalam sistem, sehingga motor listriik jenis ini biasa digunakan pada sistem yang memakai banyak listrik.

  • Motor Induksi

Motor induksi merupakan salah satu jenis motor listrik bolak balik (AC) yang bekerja berdasarkan prinsip kerja induksi medan magnet antara stator dan rotor.

2. Motor DC

Motor DC sumber daya sendiri adalah salah satu jenis motor DC yang sumber arus medannya disuplai oleh sumber yang sama dengan sumber kumparan motor listrik, sehingga motor listrik DC jenis ini disebut motor DC sumber daya sendiri. Motor DC sumber daya sendiri ini dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan konfigurasi suplai medan dengan kumparan motornya yaitu sebagai berikut:

  • Motor DC Shunt (Paralel)

Pada motor listrik DC jenis shunt, gulungan medan disambungkan secara paralel dengan gulungan pada motor listrik. Oleh karena itu jumlah arus dalam jalur rangkaian merupakan penjumlahan antara arus medan dan dinamo.

  • Motor DC Seri

Pada motor listrik DC jenis seri, gulungan medan dihubungkan secara seri dengan gulungan pada kumparan motor. Oleh karena itu, arus dinamo sama dengan arus medan.

  • Motor DC Kompon (Gabungan)

Motor listrik DC jenis kompon merupakan penggabungan antara motor jenis seri dan shunt. Pada motor DC kompon, gulungan medan dihubungkan secara seri dan paralel dengan gulungan motor listrik. Sehingga, pada motor DC kompon memiliki torsi awal yang cukup baik dengan kecepatan stabil.

Baca Juga : 5 Jenis Coupling Untuk Industri Bisnis

Mengenal Distributor Electric Motor TECO

PT. Gajah Unggul Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produk pompa industri dan barang2 untuk industri yang berlokasi di Jakarta Selatan. Produk-produk dari PT. Gajah Unggul Pratama sudah teruji kualitas dan keunggulannya sehingga bisa diandalkan untuk kebutuhan industri Anda. Sebagai distributor electric motor TECO, perusahaan tersebut tentunya menawarkan motor TECO dengan harga termurah namun tetap berkualitas. Selain sebagai distributor electric motor TECO, PT. Gajah Unggul Pratama juga menjual berbagai macam produk seperti pompa industri, pressure gauge, flow meter air, vibrator motor, root blower, ring blower dan lain-lain.

DAPATKAN INFO LAINNYA TERKAIT ELECTRIC MOTOR BISA ANDA DAPATKAN DI INDONETWORK.CO.ID


Author

%d bloggers like this: