Alumunium foil banyak digunakan untuk berbagai bungkusan makanan. Fungsi aluminium foil tidak hanya untuk kebutuhan laboratorium saja, namun juga untuk kebutuhan lain. Salah satu fungsinya yaitu untuk kebutuhan dapur.

Karena penggunaan aluminium foil ini sangat kompleks, toko yang jual aluminium foil roll juga sudah banyak. Jadi Anda tidak perlu takut untuk tidak menemukan bahan yang satu ini. Apalagi harga aluminium foil per roll itu sangat terjangkau.

Fungsi Aluminium Foil

Lalu apa saja fungsi aluminium foil untuk kebutuhan dapur. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari aluminium foil.

1. Membungkus Sayuran

Alumunium foil bisa kita gunakan untuk membungkus sayuran seperti selada dan seledri. Dengan menggunakan aluminium foil ini, sayuran yang dibungkus akan tetap segar dan tidak mudah layu.

Baca juga: 5 KEUNTUNGAN MEMAKAI PINTU PAGAR OTOMATIS UNTUK PRIVASI RUMAH

2. Membersihkan Alat Pemanggang

Ketika bakar ikan atau ayam, akan ada sisa-sisa pembakaran yang menempel pada jaring pemanggangnya. Sisa pembakaran itu tentu saja harus dibersihkan supaya tidak memicu zat berbahaya lainnya ketika akan kembali digunakan sebagai alat pemanggang.

Salah satu cara untuk membersihkan sisa pembakaran tersebut yaitu dengan menggunakan aluminium foil. Cara membersihkannya juga sangat mudah.

Sebelumnya remas terlebih dahulu aluminium foil, kemudian gosokkan ke jaring pemanggang. Lakukan penggosokan ini hingga pemanggang benar-benar bersih. Setelah itu Anda cuci pemanggan tersebut seperti biasa.

3. Alas Pemanggang

Ternyata aluminium foil ini tidak hanya bisa kita pakai untuk membersihkan alat pemanggang. Namun aluminium foil bisa kita pakai sebagai alas untuk memanggang ikan atau daging.

Anda cukup tempatkan lembaran aluminium foil ke atas permukaan pemanggang. Kemudian semprotkan sedikit minyak goreng di atasnya dan pakai untuk proses pemanggangan.

Dengan menggunakan aluminium foil, maka ikan tidak akan lengket ke pembakaran. Tidak hanya itu, rasa hidangan yang telah Anda bakar juga akan terasa lebih nikmat.

Makanan yang dipanggang dengan bantuan aluminium foil juga akan matang dengan sempurna. Karena suhu panasnya akan tersebar secara merata ke bagian makanan yang dibakar.

Baca juga: DESAIN PAGAR BESI WIREMESH UNTUK RUMAH ANDA YANG MINIMALIS

4. Melembutkan Gula Merah

Anda juga bisa menggunakan aluminium foil untuk melembutkan gula merah. Anda cukup tempatkan potongan gula merah di dalam aluminium foil, setelah itu tutup gula merah tersebut hingga rapat.

Kemudian bungkusan gula merah tersebut dimasukkan ke dalam oven dan panggang pada suhu 148 derajat celcius selama lima menit. Dengan proses pemanggangan, tekstur gula merah akan lebih halus dan lebih lembut.

Gula merah yang telah dipanggang ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya bisa dipakai untuk membuat kue.

5. Menajamkan Gunting

Jika gunting di rumah Anda terasa sudah tumpul, asah saja dengan menggunakan aluminium foil. Cara menggunakannya sangat mudah dimana Anda tinggal gunting aluminium foil tersebut. Kemudian gosokkan ke gunting yang mulai tumpul.

Baca juga: 5 LANGKAH MUDAH CARA PASANG PAGAR BRC UNTUK RUMAH

6. Membersihkan Oven

Jika Anda malas untuk membersihkan oven, lapisi saja bagian bawah oven dengan menggunakan aluminium foil. Dengan begitu tidak akan ada kerak yang bisa mengotori rak.

Kotoran yang berasal dari bagian atas juga tidak akan ada karena telah dilapisi oleh aluminium. Jika sudah melapisinya, Anda tidak perlu lagi untuk membersihkan oven.

Itulah beberapa fungsi aluminium foil yang perlu Anda ketahui. Anda bisa membelinya di toko terdekat atau langsung beli di supplier aluminium foil di Surabaya yaitu Surya Indo Foil. Disini tersedia aluminium dengan harga yang sangat terjangkau.


Author

%d bloggers like this: