Indonetwork, Bahan Bangunan – Dalam dunia arsitektur, terdapat elemen visual yang disebut dengan maket. Maket adalah tiruan dalam bentuk tiga dimensi dan skala kecil dari sebuah gedung, pesawat terbang, kapal, dan sebagainya. Anda mungkin pernah melihatnya di pameran properti atau saat sedang survei hunian.

Pembuatan maket ditujukan agar kita bisa mengetahui secara lebih jelas seperti apa visualisasi dari bangunan ketika telah dibuat nantinya. Rancangan maket pun dibuat dengan sangat mirip seperti wujud asli dari objek yang akan dibangun, namun dalam ukuran yang lebih kecil.

Meski mini, namun elemen di setiap sudut atau bagian-bagiannya tetap dibuat dengan sangat cermat dan detail. Mulai dari ukiran pada atap, pilar, model jendela dan pintu, hingga pemilihan warna yang diaplikasikan. Karena itu, maket sangat menarik dijadikan sebagai media untuk merepresentasikan rancangan sebuah bangunan atau wilayah yang akan dibangun.

Beberapa contoh bangunan yang dapat dibuat maket adalah sekolah, perkantoran, hotel, perumahan, jembatan, rumah ibadah, taman, hingga sebagian wilayah pemerintahan.

Maket pada umumnya terbuat dari bahan kardus, styrofoam, PVC board, serbuk rumput tabur, kayu balsa, miniatur pohon, gabus, dan terkadang tanah liat. Cara membuat maket pun cukup rumit karena membutuhkan ketelitian, penyesuaian skala bangunan, pembuatan sketsa bangunan, menyambung pola-pola maket, hingga tahap finishing. Maka dari itu, pembuatan maket dilakukan oleh profesional dan memakan waktu cukup lama.

Baca Juga: Inspirasi Gaya Arsitektur Bangunan Rumah Hunian

Fungsi Maket

fungsi maket
Sumber: abadbuilders.com

Fungsi maket memiliki kedudukan penting dalam proyek pembangunan atau arsitektur, di antaranya:

fungsi maket sebagai Media Representasi Visual

Maket yang dibuat dalam wujud 3 dimensi merupakan representasi fisik dari konsep arsitektur yang telah dirancang dan akan dibangun. Dengan adanya maket, klien bisa mengenali seluruh bagian desainnya dengan lebih baik.

Mendukung Perencanaan dan Pengembangan Proyek

Bagi para arsitek atau desainer, maket dapat menjadi sarana pengujian desain untuk membantu perencanaan dan pengembangan proyek.

Evaluasi Skala dan Proporsi

Melalui maket, kita akan lebih mudah mengamati visualisasi dari objek aslinya. Dengan melihat model fisik, mereka bisa mudah mengidentifikasi aspek-aspek yang mungkin perlu diperbaiki. Hal ini juga akan mempermudah desainer dalam menyempurnakan desain mereka.

fungsi maket sebagai Sarana Promosi dan Pameran

Fungsi maket ini karean visualisasinya yang menarik membuat maket cocok diikutsertakan dalam pameran atau promosi untuk memperkenalkan proyek baru. Dengan model fisik yang menarik dan clear, maket bisa menarik minat klien atau calon investor.

Fungsi Maket dalam Membantu membuat Keputusan

Klien atau calon investor dapat membuat keputusan yang tepat dan bijaksana setelah melihat maket dari proyek yang sedang direncanakan. Maket dapat memberi gambaran yang lebih baik tentang rencana pembangunan, renovasi, dan hasil akhir yang diharapkan.

Jenis-jenis Maket

Maket digunakan untuk menampilkan desain proyek sebelum dibangun. Melalui media ini memungkinkan klien memberi masukan lebih rinci dan arsitek pun dapat mengevaluasi kembali rencana proyek dengan lebih baik.

Aplikasi maket tidak hanya untuk proyek pembangunan gedung saja. Berikut jenis dan contoh gambar maket.

Maket Arsitektur

fungsi maket
Sumber: Behance

Jenis maket ini merupakan gambaran fisik dari desain arsitektur bangunan, mulai dari rumah, gedung perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, stadion, dan struktur bangunan lainnya. Maket arsitektur membantu dalam memvisualisasikan tata letak, bentuk, hingga desain interior dan eksterior dari proyek arsitektur.

Maket Perencanaan Kota

maket tata kota
Sumber: MI/M IRFAN

Maket satu ini menampilkan tata ruang suatu wilayah perkotaan atau kota. Tidak hanya terdiri dari maket gedung, tapi juga lengkap dengan infrastruktur jalan, taman, dan elemen-elemen kota lainnya. Maket tata kota lebih rumit karena ada banyak aspek yang dibuat dengan detail, sehingga pembuatannya pun memakan waktu lama.

Baca Juga: Macam-Macam Jenis Atap Rumah dan Harganya

Maket Interior

jenis-jenis maket
Sumber: indonesian.architecturehousemodel.com

Anda mungkin pernah menonton video room tour hunian dari agen real estate?  Video tersebut merupakan maket interior versi digital.

Seperti namanya, maket interior khusus menampilkan gambaran rencana bagian dalam sebuah ruangan dengan lebih detail. Maket ini membantu memvisualisasikan seperti apa tata letak pernak-pernik, perabotan, dan elemen dekoratif nantinya ketika sudah dibangun.

Maket Produk

jenis-jenis maket
Sumber: Original Mockups

Maket yang digunakan untuk memvisualisasikan produk mainan dan elektronik dalam wujud tiga dimensi disebut maket produk. Jenis maket ini biasanya dirancang untuk memberi tahu elemen-elemen pada produk seperti bentuk, ukuran, corak, hingga materialnya.

Maket Transportasi

jenis-jenis maket
Sumber: Pinterest

Maket juga dibutuhkan untuk mempresentasikan dengan lebih jelas seperti apa bentuk fisik pesawat, kereta api, atau mobil ketika selesai dibuat.

Perbedaan Maket dan Miniatur yang Sering Keliru

Banyak orang menyebut maket atau mockup dengan sebutan miniatur. Padahal keduanya memiliki perbedaan dari aspek tujuan, skala dan detail, hingga penggunaannya.

Beda Tujuan Pembuatan

Maket dibuat untuk memberi gambaran visual menyeluruh dari desain dan konsep suatu proyek pembangunan atau arsitektur yang sedang direncanakan. Sedangkan pembuatan miniatur tujuannya lebih untuk koleksi atau hobi pribadi yang menambah kesenangan atau estetika.

Beda Skala dan Detail

Maket dibuat dengan skala yang lebih besar dan terperinci hingga semua elemen desain proyek dapat ditampilkan dengan jelas dan harmonis. Sementara elemen pada miniatur terkadang tidak lengkap karena lebih fokus pada aspek estetika.

Beda Penggunaan

Penggunaan maket lebih umum ditujukan untuk kepentingan bisnis besar dalam industri arsitektur, konstruksi, pengembangan properti, hingga perencanaan kota. Beda halnya dengan penggunaan miniatur yang lebih sering sebagai koleksi pribadi, hadiah, dan pajangan.

Baca Juga: 7 Tips Jitu Memilih Jasa Renovasi Rumah agar Tidak Rugi

Ada beragam fungsi maket yang sangat membantu desainer maupun klien, di antaranya sebagai media represntasi visual bangunan, media promosi dan pameran, pengujian desain, hingga turut berpengaruh terhadap pengambilan keputusan tahap akhir sebelum mulai pembangunan. Melihat wujudnya yang 3 dimensi, pembuatan maket tentu membutuhkan ketelitian dan memakan waktu lama, membuat perakitan maket alangkah baiknya diserahkan ke jasa pembuatan maket custom.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan maket custom bisa menghubungi Custom Maket Store. Mereka menawarkan layanan pembuatan berbagai macam maket, mulai dari untuk taman, jembatan, kendaraan, hingga rumah sakit dengan skala 1:20, 1:25, dan 1:50. Silakan hubungi nomor telepon atau kunjungi langsung kantornya yang berlokasi di Puri Permata Blok B5, No. 27, Jakarta Barat.

Enable Notifications OK No thanks