Indonetwork, Bahan Bangunan – Atap merupakan bagian dari rumah yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung bangunan beserta isinya. Namun, di masa kini fungsi atap juga turut menambah nilai estetika tampilan rumah. Karena itu di pasaran, terdapat macam-macam jenis atap rumah berdasarkan bahan dan modelnya. 

Anda mungkin menyadari jika banyak rumah yang menggunakan lebih dari satu jenis atap. Seperti misalnya atap kamar mandi menggunakan bahan plastik, sedangkan atap ruang tamu menggunakan metal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, loh. Perbedaan penggunaan atap di rumah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari kebutuhan akan pencahayaan alami, susunan konstruksinya, hingga dalam rangka menghemat biaya pembangunan.

Meski berbeda, tentunya dalam memilih atap rumah harus mempertimbangkan dari segi kualitas supaya awet dan mampu memberi perlindungan yang optimal. Jenis atap rumah yang tidak panas kini sedang banyak diburu karena memberi kenyamanan pada rumah. Supaya lebih jelas, berikut inspirasi atap rumah dan harganya yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga: 9 Model Plafon PVC Rumah Minimalis

Macam-macam atap rumah berdasarkan model

Berikut beberapa atap rumah berdasarkan model beserta gambarnya yang bisa jadi inspirasi Anda.

Atap rumah model datar

atap rumah model datar
Sumber: desain.id

Atap model datar bukan hanya cocok diusung untuk bangunan perkantoran saja. Pada rumah minimalis, tidak jarang atap rumah model datar dipilih untuk semakin menambah kesan modern dan unik pada hunian.

Atap rumah model mansard

atap rumah model mansard
Sumber: Today’s Homeowner

Atap ini banyak ditemukan di rumah-rumah negara Prancis. Ciri khas dari atap model mansard yaitu terdapat 4 sisi dengan kemiringan yang cukup curam. Uniknya, atap model mansard kerap kali dijadikan sebagai atap loteng, gudang atas, bahkan kamar tambahan. Karena itu, atapnya juga ditambahkan beberapa jendela.

Atap rumah model kubah

atap rumah model kubah
Sumber: Houzz

Mirip seperti rumah teletubies, rumah dengan atap model kubah memiliki desain khusus tahan gempa, loh. Anda bisa menemukannya rumah teletubbies tersebut di daerah Jogja. Sementara penerapannya di rumah dengan arsitektur klasik, atap model kubah sering kali menjadi atap ruang tamu atau teras untuk menambah kesan elegan.

Atap rumah sandar

atap rumah sandar
Sumber: lantai-kayu.co.id

Sementara atap model sandar ini kebanyakan diterapkan pada desain rumah kontemporer. Atap jenis ini akan terlihat asimetris karena hanya membentuk satu bidang saja dan menempel pada dinding vertikal. Selain unik, kesan elegan dan mewah juga akan terpancar dari hunian yang menerapkan atap model sandar ini.

Atap gelombang plastik

atap gelombang plastik
Sumber: impack-pratama.com

Atap jenis ini banyak diusung di rumah sebagai atap kamar mandi, ruang jemur, hingga dapur, baik untuk atap keseluruhan maupun sisipan saja. Atap gelombang plastik mampu memberi kombinasi penerangan dalam ruangan dan melindungi dari sinar matahari atau sinar UV.

Atap rumah joglo

atap rumah joglo
Sumber: tokban.com

Ingin menambah kesan tradisional Jawa pada hunian? Anda bisa mengusung atap joglo ini pada teras maupun ruang tamu. Atap model joglo umumnya bertingkat dengan bagian bawahnya melebar mengarah ke luar. Atap yang lebar tersebut berfungsi sebagai penghalang cahaya matahari agar tidak masuk terlalu banyak. Jadi, untuk Anda yang menginginkan ruangan dingin alami bisa mengusung atap rumah joglo.

Atap rumah model pelana

atap rumah model pelana
Sumber: interiordesign.id

Jenis atap yang identik dengan kemiringan kurang lebih 30 derajat, sehingga akan membuat bangunan tampak luas. Atap rumah ini kerap diusung sebagai atap rumah minimalis. Lalu, agar dapat menunjang penutup atap pada bagian dindingnya, dibuatkan bentuk segitiga yang terletak di dua sisi bangunan.

Atap rumah trapesium

atap rumah model trapesium
Sumber: bangunrumah-jogja.com

Umumnya, model atap trapesium banyak digunakan pada rumah-rumah bernuansa Eropa. Di mana desainnya identik dengan jendela dan pintu tinggi.

Atap rumah melengkung

atap rumah model melengkung
Sumber: Lifetime Design

Jika Anda ingin menonjolkan nilai estetika yang cukup tinggi, maka model atap rumah melengkung bisa jadi opsinya. Hunian Anda akan tampak lebih menarik dan cantik, terlebih bila dipadukan dengan atap model datar.

Atap rumah bentuk limas

atap rumah model limas
Sumber: interiordesign.id

Satu lagi atap rumah yang memberi kesan besar dan lebar, yaitu atap model limas yang cocok diusung sebagai atap rumah modern. Selain itu rumah akan tampak lebih modern dengan menggunakan model atap ini.

Baca Juga: Atap Rumah Bocor saat Musim Hujan? Atasi dengan Tips Ini

Macam-macam atap rumah berdasarkan bahan dan harganya

Ada berbagai macam bahan atap rumah yang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut, macma-macam atap rumah berdasarkan bahan pembuatannya beserta harga di pasarannya.

Atap plastik

atap bahan plastik
Sumber: Stabilit America

Atap plastik kerap digunakan pada ruang kamar mandi dan dapur untuk memberi pencahayaan alami karena transparan. Atap plastik umumnya menggunakan material polycarbonate, fiber, PVC, uPVC, hingga PET Bottles sehingga termasuk jenis atap rumah yang tidak panas dan tahan karat. Harga atap plastik pun bervariasi namun masih terjangkau mulai dari Rp23.000 per lembar.

Atap tanah liat

atap genteng tanah liat
Sumber: bearfotos

Atap tanah liat atau dikenal juga atap genting adalah salah satu atap yang paling banyak dipilih di Indonesia. Karena terbuat dari tanah liat, atap genting termasuk jenis atap rumah yang tidak panas. Soal daya tahan dan kekokohannya tidak perlu diragukan lagi. Harga atap tanah liat dipasaran yaitu berkisar Rp1.400 hingga Rp4.000 per lembar.

Atap seng

atap seng
Sumber: indonetwork.co.id

Atap seng juga termasuk populer di Indonesia. Karakteristik atap seng mampu menahan panas dengan baik yang dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Pemasangannya pun mudah, tidak memerlukan banyak rangka dan paku. Meski begitu atap seng cenderung mudah berkarat dan jadi sangat berisik jika hujan. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp40.000 per meter.

Atap asbes

atap asbes
Sumber: kompas.com

Karakteristiknya mirip seperti atap seng, bedanya atap asbes memuat karbon yang bisa mengganggu sistem pernapasan dan mudah mengelupas. Soal harga memang cukup terjangkau berkisar Rp40.000 per meter.

Atap metal

atap metal
Sumber: IDEALTATA

Kini banyak hunian yang juga mengusung atap dari genteng metal. Bukan tanpa alasan, atap genteng metal terbuat dari logam anti karat yang berasal dari campuran material alumunium, tembaga, seng, dan besi. Sehingga awet, tahan karat, lebih ringan, dan antilumut. Atap metal dipatok dengan harga mulai dari Rp46.000 per lembar.

Atap kaca

atap kaca
Sumber: architectureanddesign.com.au

Kaca juga mulai banyak dimanfaatkan sebagai bahan atap rumah. Umumnya, atap kaca digunakan sebagai variasi dan kombinasi dengan atap bahan lainnya. Material yang terbuat dari genteng kaca transparan sehingga sangat sering difungsikan untuk memberikan cahaya natural pada ruangan. 

Sedangkan material yang terbuat dari kaca tempered umumnya digunakan untuk penutup kanopi bagasi. Soal harga, atap kaca dipatok cukup mahal mulai dari Rp500.000 per lembarnya.

Atap keramik

atap keramik
Sumber: archify.com

Proses pembuatan atap keramik hampir sama dengan pembuatan genteng tanah liat, sama-sama menggunakan tanah liat dan melalui pembakaran. Bedanya, atap keramik ditambahkan lapisan pewarna glatzur. Genteng keramik memiliki banyak pilihan warna, sehingga mampu menambah nilai estetika tampilan rumah. Meski awet dan tahan api, namun pemasangan genteng keramik cukup rumit. Harga genteng keramik sendiri mulai dari Rp12.000 per lembarnya.

Baca Juga: Insulasi Atap Rumah dengan Aluminium Foil

Bagian-bagian atap rumah

Pada dasarnya atap rumah terdiri dari 3 bagian, yaitu plafon, rangka atap, dan penutup atap. Mulai dari bagian paling bawah yaitu plafon dalam rumah yang terhubung langsung dengan rangka atap dan penutup atap. Inspirasi plafon gypsum dan plafon PVC sering dijadikan pilihan. Plafon bukan hanya untuk mempercantik ruangan, namun juga memberi perlindungan maksimal dari kotoran, cuaca, hingga hewan pengerat dan serangga. Karena itu cara pasang plafon juga tidak sembarangan dan membutuhkan teknik khusus.

Kemudian ada rangka atap yang berfungsi sebagai penopang penutup atap, bahannya bisa dari kayu, besi, baja ringan, hingga beton. Dan bagian atap paling luar yaitu penutup atap yang harus dipasang dengan cermat dan rapat agar bisa memberi perlindungan maksimal secara menyeluruh.

Dari jenis atap rumah di atas, atap gelombang plastik termasuk yang populer digunakan oleh masyarakat kita. Selain karena harganya relatif murah, atap bahan plastik tersebut pun mampu tahan bertahun-tahun dari cuaca.

Jika Anda mencari supplier yang jual atap gelombang plastik berkualitas, CV. Joanna Mandiri Persada merupakan pilihan yang tepat. Mereka adalah perusahaan yang bergerak di bidang general trading, manufaktur, dan supplier bahan bangunan. Tidak hanya menerima pengiriman lokal atau dalam negeri, mereka juga memenuhi permintaan ekspor. Selain atap plastik, Anda bisa menemukan produk bahan bangunan lain, seperti sealant, kran, juga roll plastik.

Enable Notifications OK No thanks