Indonetwork, Peluang Usaha Rosella (Hibiscus sabdariffa) merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan. Bunganya sudah populer diolah menjadi teh herbal karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Anda bisa mendapatkan beberapa khasiat teh bunga rosella, di antaranya untuk menurunkan panas tubuh, menurunkan tekanan darah, dan dijadikan sebagai bahan antibakteri dan antiseptik.

Rosella bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis dan subtropis. Rosella merupakan salah satu tanaman dengan budidaya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak perawatan khusus yang rumit. Karena itu, Anda tak perlu khawatir jika ingin menanam bunga rosella di pekarangan rumah, di pot atau polybag karena perawatannya yang mudah.

Cara Menanam Rosella dari Biji

Cara menanam bunga rosella dari biji pun cukup mudah. Yuk, langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Persiapan Lahan

Lahan yang akan digunakan harus dibajak terlebih dahulu agar rata dengan kedalaman 25 cm. Lahan juga diberi pupuk organik yang didiamkan selama seminggu supaya lebih subur.

Baca Juga: 5 Khasiat Bunga Rosella Kering dan Resepnya

Pemilihan Bibit atau Biji

Benih rosella yang akan digunakan berasal dari pemungutan pertama karena pertumbuhan bijinya lengkap. Dengan memilih biji yang bagus akan membawa tanaman berkecambah dengan kuat dan segar tanpa adanya cacat.

Penanaman

Jarak tanam rosella yang baik yaitu sekitar 12×12 cm, 15×15 cm, 20×20 cm. Pembibitan harus dipisah dan dijauhkan dari pertanaman produksi, karena serat hama penyakit bisa berpindah dengan mudah.

Waktu yang baik untuk menanam rosella yaitu pada pertengahan Agustus hingga Oktober akhir. Kondisi cuaca pada rentang bulan tersebut tidak terlalu kering dan intensitas curah hujan pun belum terlalu tinggi, sehingga dinilai baik untuk pertumbuhan rosella.

Pemeliharaan

Benih rosella akan mulai tumbuh di waktu 2–3 hari setelah penanaman. Anda bisa melakukan penyiangan 2–3 kali seminggu agar tidak terjadi kompetisi dengan rumput. Sementara itu, waktu pemupukan yang baik yaitu di pagi hari menggunakan pupuk ZA, dengan dosis 400 kg/Ha dan pupuk N dengan dosis 119 kg/Ha.

Cara Menanam Rosella dari Batang

Tak hanya bisa tumbuh dari biji, rosella merupakan tanaman yang juga bisa tumbuh dari batang atau yang biasa dikenal dengan metode stek batang. Stek batang rosella pun terbilang mudah dan bisa memangkas waktu  pertumbuhan. Berikut cara stek bunga rosella.

Siapkan Batang

Kriteria batang yang bagus untuk stek rosella yaitu batang yang cukup tua, berwarna gelap, dan sudah menghasilkan cabang. Batang dengan kriteria tersebut memiliki peluang keberhasilan tumbuh yang lebih baik.

Mulai Penanaman

Pertama, siapkan lebih dulu bahan-bahan yang diperlukan untuk stek, di antaranya: polybag atau pot ukuran 10×10 cm, media tanam, air, batang tanaman rosella, ZPT (hormon zat pengatur tumbuh).

Setelah itu, stek dimulai dengan mengisi polybag atau pot dengan media tanam. Olesi bagian pangkal bawah batang rosella dengan ZPT supaya pertumbuhan akar lebih cepat. Diamkan sebentar hingga kering. Setelah diberi ZPT, tanam batang pada polybag atau pot dan beri air supaya lembap.

Lalu, Kapan Bunga Rosella Bisa Dipanen?

cara menanam bunga rosella
Sumber: mdpi.com

Bunga rosella mulai muncul saat usia 2–3 bulan dan baru bisa dipanen di usia 5–6 bulan. Pada bulan kelima, warna bunga sudah cukup pekat dan bijinya sudah tua, menandakan rosella sudah matang.

Cara memanen rosella pun mudah, hanya perlu memetik bunganya menggunakan pisau atau gunting khusus tanaman. Anda bisa memanen bunga rosella 3–6 kali dengan rentang waktu 1–2 minggu.

Baca Juga: Cara Menanam Sayuran di Polybag untuk Pemula

Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan

Melansir Healthline, rosella merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan dan menawarkan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Rosella juga kaya akan kandungan asam organik, mineral, asam amino, karoten, dan vitamin C. Tidak heran jika bunga ini sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat herbal hingga bahan perawatan kecantikan.

Biasanya, rosella dinikmati dengan cara langsung diseduh menjadi teh. Tapi, rosella juga bisa dibuat menjadi teh rosella kering, selai, es krim, hingga diambil sari warnanya untuk campuran biskuit atau kue. Berikut beberapa mantaat rosella untuk kesehatan.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah
  2. Membantu meningkatkan kadar lemak darah
  3. Merawat kesehatan dan kecantikan wajah
  4. Dapat membantu program penurunan berat badan
  5. Mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah kanker
  6. Bisa membantu mengurangi pertumbuhan bakteri

Tidak sulit, kan, cara menanam bunga rosella sendiri di rumah? Karena tanaman ini memiliki bunga yang cantik dengan warna segar, Anda bisa menanamnya di pekarangan atau pot untuk mempercantik suasana lingkungan rumah maupun dijadikan bisnis budidaya tanaman rosella. Selamat mencoba!

Penulis: Muhammad Nabil Musyary dan Langgeng Irma S.

Editor: Langgeng Irma S.

Enable Notifications OK No thanks