Kegiatan industri yang menggunakan mesin, tentu sudah tidak asing dengan penggunaan as drat stainless steel atau yang lebih dikenal ulir. As drat stainless steel atau ulir adalah struktur spiral yang melingkar pada sisi luar sebuah benda. As drat digunakan untuk mengikat atau mengencangkan bagian benda.

Dalam industri konstruksi bangunan ulir yang digunakan berbeda, yaitu long drat atau ulir panjang. Long drat biasanya digunakan untuk menggerakan benda yang sudah terpasang dengan kuat dan di baut.

Baik as drat dan long drat yang ada terbuat dari besi dan baja. Anda bisa menemukan as drat berwarna silver atau hitam. Untuk kekuatan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan as drat baja tahan karat atau yang dikenal dengan stainless steel.

Berdasarkan bentuk dari as drat, terdiri dari beberapa macam sebagai berikut.

1. Ulir Segitiga

Sesuai dengan namanya, ulir ini memiliki bagian ujung berbentuk segitiga. Jenis ulir ini memiliki alas melebar dan bersifat auto locking (tidak perlu dikunci). Ulir segitiga berfungsi sebagai pengikat atau penyambung dua benda atau lebih yang terdapat pada mesin produksi.

Jenis ulir segitiga biasa digunakan pada mesin otomotif atau pertanian. Selain itu juga dapat digunakan untuk industri pengeboran, konstruksi, bahan bangunan, peralatan kelistrikan dan masih banyak lagi.

2. Ulir Segi Empat

Jenis as drat ini memiliki ujung ulir berbentuk persegi empat. Ulir ini digunakan pada benda-benda yang digunakan sebagai penopang dari beban berat. Jenis as drat ini digunakan pada benda kerja di pabrik seperti pada shaft press manual benda kerja, shaft adjuster up down mesin slotter, dan open close chuck mesin bubut

3. Ulir Trapesium

Ulir ini memiliki ujung ulir berbentuk trapesium. Ulir berfungsi pada benda pemindah daya agar kondisi perputaran shaft berulir lebih smooth dan mudah. Penggunaan ulir trapesium pada shaft pemindah gerak pada mesin bubut

4. Ulir Bulat

Permukaan ulir ini berbentuk setengah bulat atau setengah lingkaran. Ulir bulat digunakan pada benda-benda kerja agar dapat bergerak lebih ringan dan halus. Contoh penggunaan ulir ini adalah pada bohlam lampu ruangan.

Baca juga: MENGENAL BERBAGAI JENIS BAUT DAN MUR

5. Ulir Bola (Ball Screw)

Ulir bola atau ball screw memiliki ulir berbentuk lingkaran seperti bola dan ulur sebagai tempat perputaran bola-bola stainless steel pada saat bergerak. Dengan adanya bola-bola tersebut, membuat ulir ini bekerja lebih halus.

Jenis ulir ini biasanya digunakan dalam pabrik industri untuk menggerakan benda kerja secara naik turun atau maju mundur

6. Ulir Segitiga Gergaji

Ulir segitiga gergaji memiliki bentuk ujung dari ulir seperti gigi gergaji. Ulir ini digunakan sebagai pengunci pada benda kerja. Salah satunya adalah digunakan untuk mengunci rim atau lempengan benda kerja.

Saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis as drat stainless steel dengan berbagai ukuran yang sesuai kebutuhan. Anda dapat menemukan as drat stainless steel 10 mm dengan panjang sekitar 1 meter pada beberapa distributor komponen mesin.

Harga produk as drat yang ada di pasaran juga beragam. Salah satunya adalah harga as drat stainless steel 20 mm yang berkisar pada Rp 20.000 – Rp 250.000. Harga as drat stainless tergantung pada ukuran panjang dan merk dari produk as drat.

Untuk mendapatkan produk as drat stainless steel berkualitas, PT. Saudara Baja Fasteners adalah solusinya. Disini Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan komponen baut dan mur berkualitas dengan harga terjangkau.


Author

%d bloggers like this: