Indonetwork, Makanan – Apakah Anda salah seorang yang gemar mengkonsumsi kacang tanah? Kacang tanah kupas yang biasanya diolah menjadi kacang telur adalah cemilan yang paling nikmat menemani waktu santai kita. Banyak sekali olahan kacang tanah, mulai dari kacang tanah rebus, kacang tanah goreng, dan lain-lain. Untuk mendapatkannya pun tidak perlu susah-susah, biasanya seperti kacang tanah rebus bisa kita temukan pedagang yang menjualnya di pinggir jalan.

Kacang tanah atau dalam bahasa ilmiahnya disebut sebagai arachis hypogaea L. ini adalah salah satu tumbuhan palawija yang termasuk dalam suku polong-polongan. Meskipun dituding kacang tanah biang dari jerawat sehingga banyak wanita yang menghindari mengonsumsinya nyatanya kacang tanah bisa menjadi teman diet yang baik. Kacang tanah kupas bisa menyingkirkan perut buncit. Bahkan efeknya jauh lebih terasa daripada mengonsumsi obat diet.

Kandungan Kacang Tanah Kupas

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang tanah kupas memiliki banyak kandungan seperti sumber protein, lemak, dan serat yang baik untuk memenuhi nutrisi tubuh. Meskipun memiliki kandungan lemak, tetapi kacang tanah tidak mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu, manfaat kacang tanah bisa dijadikan teman diet yang baik.

Kandungan gizi yang sangat melimpah pada kacang tanah membuat kacang tanah kaya akan manfaat. Misalnya dalam 100 gr kacang tanah rebus kupas, terkandung sekitar 155 kalori dan beberapa nutrisi yaitu sebagai berikut:

  • 6 gr karbohidrat
  • 7 gr protein
  • 15 gr lemak baik
  • 4 gr serat pangan
  • 90 miligram kalsium
  • 2–4,5 miligram zat besi
  • 530 miligram kalium
  • 270 miligram fosfor
  • 2–3 miligram zinc

Selain kandungan kalori dan beberapa nutrisi di atas, kacang tanah juga mengandung antioksidan dan berbagai macam nutrisi lainnya, seperti folat, vitamin B, vitamin E, selenium, serta magnesium.

Baca Juga: 6 MANFAAT KACANG TANAH SANGRAI UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Kacang Tanah Kupas untuk Diet

1. Memberi Efek Mudah Kenyang

Kacang tanah mengandung protein, dan serat tinggi yang dalam proses pencernaannya membutuhkan waktu lama sehingga kacang tanah memberi efek mudah kenyang ketika dikonsumsi. Dalam suatu penelitian terdapat 15 peserta yang menambahkan sarapannya dengan kacang tanah dan selai kacang. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa kacang tanah dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat kadar gula lebih stabil.

Kacang Bawang
Sumber: Alodokter.com

2. Mengurangi Obesitas, Peradangan, Mencegah Penyakit Jantung, dan Diabetes

Kacang tanah mengandung lemak sehat atau asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi obesitas, peradangan, mencegah penyakit jantung, dan diabetes.

Jenis Kacang-kacangan
Sumber: Arsip.pulung.net

3. Memperlancar Pencernaan

Kacang tanah mengandung kalori yang tinggi. Sebanyak 146 gram porsi kacang tanah mengandung 207 kalori. Namun, tidak semua kalori tersebut diserap oleh tubuh. Hanya sebanyak 50-75% kalori bisa diserap oleh tubuh. Hal itu terjadi karena gigi kita tidak bisa menghancurkan kacang menjadi bagian sangat kecil. Sehingga berpengaruh terhadap proses pencernaan. Sebab alasan tersebutlah mengapa tubuh kita hanya menyerap sedikit kalori dan sisanya dikeluarkan melalui feses. Sejumlah studi mengungkapkan, konsumsi kacang tanah kupas dalam jumlah moderat baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

3. Membantu Meningkatkan Metabolisme

Kacang tanah apabila dikonsumsi secara teratur mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Saat metabolisme meningkat, maka tubuh lebih berenergi dan mampu membakar lebih banyak lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Tips Mengonsumsi Kacang Tanah Kupas untuk Diet

Meskipun aman untuk dikonsumsi saat diet, bukan berarti kacang tanah boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi kacang tanah tetap perlu dibatasi. Sebab terlalu banyak mengonsumsinya dapat memberikan asupan kalori yang berlebih. Berikut ini tIpi mengonsumsi kacang tanah saat diet:

  • Hindari kacang tanah yang diolah dengan digoreng atau ditambahkan dengan coklat atau gula dalam sekotak dessert.
  • Konsumsi kacang tanah yang diolah menjadi bentuk yang bukan aslinya seperti diolah menjadi selai.
  • Konsumsi kacang tanah yang diolah dengan direbus adalah cara paling aman untuk menurunkan berat badan. Bisa juga kacang tanah ditambahkan dalam sup dan salad.

Baca Juga: IDE BISNIS BERBAHAN DASAR KACANG TANAH

Kacang Tanah Rebus untuk Diet

Jika Anda berpikir kalau mengonsumsi kacang tanah rebus membuat gemuk, perut buncit, dan tidak percaya diri, maka buang jauh-jauh pikiran tersebut. Sebuah penelitian menemukan bahwa sering mengonsumsi kacang tanah dapat membantu menurunkan berat badan. Berat badan yang berlebihan sering terjadi karena faktor pola makan yang tidak terkontrol dan olahraga yang tidak teratur. Kandungan yang ada dalam kacang tanah beserta manfaatnya baik untuk program diet. Untuk itu, di bawah ini adalah resep atau cara membuat kacang tanah rebus yang enak dan cocok dijadikan camilan ketika diet.

Bahan-bahan:

  • ½ kilogram kacang tanah
  • 3 siung bawang putih, kupas
  • 1-3 batang kayu manis
  • 3 adas manis
  • 3 sendok makan garam

Cara membuat:

  • Siapkan bawang putih kupas, kayu manis, dan adas manis.
  • Cuci bersih kacang tanah, masukkan ke dalam panci, tambahkan air.
  • Campurkan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam panci.
  • Rebus kacang tanah dengan bumbu hingga matang.
  • Kacang tanah rebus siap dinikmati menjadi teman diet.

Itulah beberapa informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diperhatikan bahwa bukan hanya dengan mengonsumsi kacang tanah yang dapat membuat diet berhasil.  Pemilihan kacang tanah yang berkualitas diiimbangi dengan olahraga yang teratur juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program diet. Untuk itu, jika Anda ingin membeli kacang tanah yang berkualitas, Anda dapat membelinya di Sumber Roso Agromakmur. Perusahaan tersebut menyediakan produk bahan makanan berupa kacang-kacangan, rempah-rempah, dan serealia/ pakan yang berkualitas.

DAPATKAN BERBAGAI BAHAN PANGAN LAINNYA HANYA DI INDONETWORK.CO.ID

Author

Enable Notifications OK No thanks