Indonetwork, Makanan – Nasi adalah salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di dunia, terlebih di Indonesia. Saking populernya, hampir di setiap event atau kegiatan di perkotaan, baik yang berskala kecil maupun besar membutuhkan nasi box untuk makan siang. Artikel kali ini akan memberi rekomendasi menu dan tempat catering jika Anda akan pesan nasi box Jakarta.

Menu Internasional

1. Nasi Biryani

Biryani adalah salah satu hidangan paling tradisional di India dan asal usulnya masih menjadi perdebatan. Biryani tradisional dibuat dengan nasi Basmati, daging (paling sering ayam atau domba), dan berbagai bumbu seperti lada hitam, jinten, kunyit, kapulaga, mint, jahe, pala, dan daun salam. Bahan lain yang bisa digunakan, tergantung daerahnya, adalah kentang, kacang-kacangan, buah-buahan kering, air mawar, dan yogurt. Biryani banyak dikonsumsi dalam perayaan seperti pernikahan dan Idul Fitri. Untuk mempersiapkannya secara tradisional terdapat dua metode yang dikenal sebagai Kacchi dan Pakki.

Katering Murah jakarta
Sumber: Taiba Farms

2. Nasi Lemak

Di antara begitu banyak hidangan tradisional Malaysia, Nasi Lemak dianggap sebagai hidangan simbolis masakan Melayu. Untuk membuat nasi lemak, beras direbus dalam air dengan santan, daun pandan, dan rempah-rempah. Nasi secara tradisional disajikan dengan sambal, teri goreng kering, mentimun, dan kacang goreng. Sebagai suplemen protein, Anda bisa menambahkan telur, tahu, atau ayam goreng.

Nasi Box Jakarta
Sumber: Tripadvisor

3. Sushi

Ikon masakan Jepang, sushi dibuat dengan nasi berbutir pendek (nasi jenis ini memiliki kandungan pati yang tinggi, yang membuat butirannya saling menempel), cuka, gula, dan garam. Terdapat beberapa jenis sushi, seperti Makizushi (salah satu yang paling terkenal, di mana pangsitnya dibungkus dengan lembaran rumput laut kering dan bisa diisi dengan berbagai macam isian seperti sayuran, telur dadar, dan ikan mentah) dan Nigiri (pangsit yang dilapisi oleh irisan yang bisa berupa ikan mentah, gurita, udang, atau telur).

Daftar Menu Nasi Box
Sumber: Tripadvisor

4. Bibimbap

Bibimbap adalah salah satu hidangan paling terkenal dalam masakan Korea dan dianggap sebagai hidangan nasional negara tersebut. Kelezatan ini dibuat dengan nasi ketan, berbagai sayuran (misalnya: bayam, tauge, wortel, zucchini), jamur shiitake, potongan daging (biasanya daging sapi), telur, pasta cabai merah, dan saus gochujang. Saat disajikan dalam panci batu yang sangat panas (disebut Dolsot) disebut Dolsot Bibimbap.

5. Risotto

Daftar ini tidak akan lengkap jika tidak menyebutkan Risotto, hidangan yang ditemukan di wilayah Lombardy Italia. Untuk membuat risotto, nasi ditumis dan kemudian dimasak perlahan dalam kaldu (dari sayuran atau daging). Ada banyak resep risotto, yang sebagian besar, seperti banyak hidangan Italia, sangat cocok dengan anggur. Salah satu karakteristik utama risotto adalah krimnya, jadi Anda harus menggunakan nasi yang melepaskan pati saat dimasak, seperti arbóreo, carnaroli, dan vialole nano, yang merupakan jenis yang paling banyak digunakan.

Baca Juga: 7 REKOMENDASI PENYEDIA NASI BOX JAKARTA

Menu Lokal

1. Nasi Gulai

Gulai adalah jenis makanan yang mengandung kuah seperti kari yang kaya rempah dan lezat. Selain di Indonesia, Anda juga bisa menemukan menu ini di Malaysia dan Singapura. Bahan utama masakan ini biasanya unggas, daging kambing, daging sapi, daging kambing, berbagai macam jeroan, ikan, serta sayuran seperti daun singkong, nangka mentah dan batang pisang. Kuah gulai umumnya memiliki konsistensi kental dengan warna kekuningan karena penambahan kunyit. Selain kunyit, bahan kuah gulai terdiri dari rempah-rempah kaya seperti ketumbar, lada hitam, lengkuas, jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, adas, serai, kayu manis, dan jintan yang ditumbuk kemudian dimasak dalam santan dengan bahan utama.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Terdapat beberapa versi nasi goreng yang dapat kita jumpai di Indonesia, tergantung di mana tempat Anda tinggal. Namun, tetap memungkinkan untuk pesan nasi box Jakarta dengan isi menu nasi goreng sesuai selera Anda. Pada umumnya,nasi digoreng dengan tambahan kecap manis, bawang merah dan putih, serta cabai. Hidangan ini juga biasa ditambah dengan sayuran dan daging serta disajikan dengan telur goreng dan krupuk.

Baca Juga: STANDAR NASI BOX YANG SEHAT DI TANGERANG

3. Nasi Padang

Inilah menu yang bisa dianggap paling memuaskan lidah dan perut masyarakat Indonesia. Nasi padang khas Minangkabau yang disajikan dengan berbagai pilihan lauk pauk dari daging, ikan, sayuran, dan sambal. Jadi jika Anda berniat pesan nasi box Jakarta untuk makan siang, nasi padang adalah pilihan yang cocok. Puluhan lauk dapat Anda pilih dalam menu nasi padang seperti rendang sapi, kari ikan, rebung, sambal terong, kari hati sapi, babat, usus atau urat kaki, paru-paru sapi goreng, ayam goreng, dan sambal, daun singkong rebus, dan masih banyak lagi.

4. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah hidangan nasi khas Indonesia yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, dan rempah-rempah, dari Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan santan, kaldu ayam, daun salam, dan serai, sehingga memberi nasi rasa yang kaya, aromatik, dan lezat. Jika Anda menginginkan nasi liwet sebagai hidangan dalam nasi box yang akan Anda pesan, di bawah ini adalah rekomendasi spesialis nasi liwet.

Rekomendasi Pesan Nasi Box Jakarta

Tidak hanya nasi liwet, Kanjeng Mama hadir sebagai pusat layanan konsumsi untuk semua acara Anda. Usaha katering ini melayani pesan nasi box Jakarta dengan menu harian hingga tumpeng. Rasa yang lezat, penyajian yang bersih dan tampilan makanan yang menggugah selera, membuatnya menjadi salah satu penyedia jasa makanan khas jawa tengah yang dipercaya di Jakarta dan di Tangerang.


Author

%d bloggers like this: