Indonetwork, Perlengkapan Kantor – Konsumen yang akan mencetak kalender tentu harus memilih jenis kertas kalender, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk ketebalan, tipe cetakan, dan kegunaan akhir dari kalender tersebut. Berikut adalah beberapa jenis kertas yang umum digunakan untuk mencetak kalender:

Kertas Seni (Art Paper)

Kertas seni sering digunakan untuk kalender dengan fokus pada aspek visual. Ini memiliki permukaan yang halus dan memberikan hasil cetakan berkualitas tinggi. Cocok untuk kalender dinding dengan gambar atau ilustrasi yang menarik.

Kertas ini juga tersedia dalam berbagai ketebalan, yang memungkinkan pemilihan kertas sesuai dengan kebutuhan proyek seni. Ketebalan yang lebih tinggi biasanya memberikan kekuatan dan tahan lama.

Kertas Couché (Coated Paper)

Kertas ini dilapisi untuk memberikan kilap dan kecerahan pada cetakan. Cocok untuk kalender yang memiliki gambar atau foto-foto berwarna yang menarik. Salah satu jenis kertas untuk kalender duduk.

Kertas couché memiliki lapisan yang diterapkan pada salah satu atau kedua sisi untuk memberikan kilap dan ketajaman pada cetakan. Lapisan ini dapat terbuat dari bahan-bahan seperti kaolin (tanah liat), kalsium karbonat, atau bahan-bahan lainnya.

Kertas Karton (Cardstock)

Karton memberikan kekuatan tambahan dan ketebalan pada kalender. Cocok untuk kalender dinding yang lebih kokoh dan tahan lama. Jenis ini juga biasa digunakan untuk bahan kalender dinding. Cardstock memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik, menjadikannya pilihan yang cocok untuk proyek-proyek yang memerlukan kertas yang lebih kokoh, seperti kartu ucapan atau undangan.

Kertas Poster

Kertas poster biasanya lebih tebal daripada kertas standar dan dapat memberikan tampilan yang mencolok pada kalender dinding. Selain itu kertas poster juga bisa digunakan untuk kalender meja custom.

Kertas Kanvas

Jenis kerta ini memiliki tekstur dan penampilan yang menyerupai kanvas artistik yang biasanya digunakan untuk melukis.

Kertas kalender yang menggunakan jenis kertas ini akan memberikan tampilan yang lebih artistik dan terkesan seperti kanvas lukisan, meskipun sebenarnya digunakan untuk mencetak gambar atau foto dengan tampilan yang artistik. Ini juga menjadi salah satu pilihani bahan untuk cetak kalender custom.

Baca Juga: 6 Inspirasi Ide Bentuk Kalender Unik untuk Merchandise

Tips Sebelum Cetak Kalender Custom untuk Konsumen

cetak kalender meja custom
Sumber: Unsplash

Pemesanan cetak kalender custom biasanya dibutuhkan sebagian pengguna untuk kebutuhan berbagai acara. Mulai dari souvenir pernikahan, seminar, dan lain sebagainya. Nah sebelum mencetak kalender custom, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Pilih Desain yang Sesuai

Pastikan desain kalender sesuai dengan tujuan dan tema yang diinginkan. Perhatikan penggunaan warna, tipografi, dan elemen desain lainnya.

Perhatikan Resolusi Gambar

Pastikan gambar atau ilustrasi yang akan digunakan memiliki resolusi yang cukup tinggi. Resolusi yang rendah dapat menyebabkan gambar terlihat buram atau pecah saat dicetak.

Periksa Format dan Ukuran

Memastikan bahwa file desain kalender memiliki format dan ukuran yang sesuai dengan yang diinginkan untuk hasil cetakan yang akurat. Sesuaikan dengan spesifikasi percetakan yang akan Anda gunakan.

Pilih Kertas dengan Bijaksana

Pertimbangkan jenis kertas yang akan digunakan, apakah sesuai dengan kebutuhan dan memberikan efek yang diinginkan pada hasil akhir kalender.

Pilih Percetakan yang Terpercaya

Pilih penyedia percetakan yang memiliki reputasi baik dan menawarkan kualitas cetakan yang baik. Pastikan untuk memahami persyaratan cetakan mereka dan berkomunikasi dengan baik.

Baca Juga: Cetak Kalender Meja Custom: Ukuran dan Manfaat untuk Bisnis

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Percetakan sebelum Mencetak

cetak kalender custom
Sumber: Google

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan percetakan sebelum mencetak kalender custom.

Menerima Pesanan dari Pelanggan

Percetakan perlu menerima pesanan dari pelanggan secara jelas dan lengkap. Informasi yang perlu diterima oleh percetakan meliputi jenis, ukuran, desain, jumlah, dan bahan kalender yang ingin dicetak.

Membuat Mockup Kalender

Mockup kalender dapat dibuat dengan menggunakan software desain grafis atau dengan cara manual. Mockup kalender dapat membantu pelanggan untuk membayangkan hasil akhir kalender, sehingga pelanggan dapat memberikan feedback kepada percetakan.

Membuat Perhitungan Biaya Cetak

Percetakan perlu membuat perhitungan biaya cetak berdasarkan jenis, ukuran, desain, jumlah, dan bahan kalender yang akan dicetak. Biaya cetak kalender dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Membuat Jadwal Cetak

Percetakan perlu membuat jadwal cetak untuk memastikan bahwa kalender dapat selesai dicetak sesuai dengan waktu yang disepakati dengan pelanggan. Jadwal cetak perlu mempertimbangkan berbagai faktor, seperti jumlah kalender yang dicetak, jenis kalender, dan ketersediaan bahan cetak.

Baca Juga: Ragam Jenis Kertas Foto Terbaik untuk Printer Epson 

Macam-macam Ukuran Cetak Kalender Custom

Ukuran kalender custom tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Ukuran kalender yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tempat Anda akan meletakkan kalender.
Berikut adalah beberapa ukuran kalender custom yang umum digunakan:

Kalender meja

  • Ukuran A5 (148 x 210 mm)
  • Ukuran A4 (210 x 297 mm)
  • Ukuran A3 (297 x 420 mm)
  • Ukuran A2 (420 x 594 mm)

Kalender dinding

  • Ukuran 35 x 50 cm
  • Ukuran 50 x 70 cm
  • Ukuran 60 x 90 cm
  • Ukuran 80 x 120 cm

Kalender flip-flop

  • Ukuran 30 x 42 cm
  • Ukuran 42 x 60 cm
  • Ukuran 60 x 90 cm

Kalender saku

  • Ukuran 10 x 15 cm
  • Ukuran 15 x 21 cm
  • Ukuran 21 x 29,7 cm

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukuran kalender custom.

  • Tempat meletakkan kalender. Jika Anda akan meletakkan kalender di meja, Anda dapat memilih ukuran kalender meja. Jika Anda akan meletakkan kalender di dinding, Anda dapat memilih ukuran kalender dinding.
  • Jumlah informasi yang ingin ditampilkan. Jika Anda ingin menampilkan banyak informasi, Anda dapat memilih ukuran kalender yang lebih besar.
  • Biaya. Ukuran kalender yang lebih besar akan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis kertas kalender, tips, hal yang perlu diperhatikan, dan macam-macam ukurannya. Saat memesan kalender custom, Anda perlu memerhatikan reputasi vendor yang dipilih. Untungnya, Indonetwork memiliki banyak vendor percetakan berkualitas yang menerima cetak kalender custom. Anda dapat memilih dan menghubungi vendor di Indonetwork untuk informasi lebih lanjut dan penawaran harga spesial.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks