Ketika Anda akan merencanakan membuat merchandise untuk karyawan perusahaan, barang pertama yang pasti akan selalu terpikir adalah kalender. Hal ini dikarenakan kalender memiliki beberapa keunggulan seperti harganya yang relatif terjangkau, fungsinya yang optimal, dan memiliki daya tarik sendiri.

Inspirasi Ide Bentuk Kalender Unik untuk Merchandise

Berikut beberapa inspirasi ide bentuk kalender unik yang bisa Anda jadikan sebagai merchandise, hadiah, dan lain sebagainya.

Kalender Dinding

Umumnya, masyarakat Indonesia banyak menggunakan kalender dinding yang biasa diletakkan dengan cara digantung di dinding. Tanggalan dinding memiliki berbagai ukuran seperti 31×48 cm, 31×54 cm, 60×40 cm, dan 70×50 cm. Ukuran-ukuran tersebut adalah ukuran yang paling ideal untuk tanggalan yang dipajang di dinding.

Kalender Berbentuk Jam

Tanggalan jenis ini, memberikan visual yang lebih minimalis dan estetis. Hal ini dikarenakan bentuk jam terlihat lebih rapi dan sesuai dengan gaya perusahaan apapun.

Dari segi bahan, terdapat berbagai jenis kertas yang dapat digunakan. Biasanya, tanggalan berbentuk jam membutuhkan jenis kertas yang memiliki karakteristik ketahanan yang tinggi dan tidak terkelupas saat terkena uap air.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan elemen-elemen visual lain pada kalender yang menunjukkan karakter suatu perusahaan atau sebuah momen berharga.

Kalender Meja Pentagon

Tanggalan meja pentagon adalah kalender yang paling populer. Tanggalan jenis ini memiliki bentuk segi lima dengan ukuran agak kecil hingga sedang sekitar 15×20 cm. Biasanya, tanggalan ini diletakkan di atas meja dan dapat dibolak-balikkan dengan lebih mudah.

Baca juga: 7 Ide Merchandise untuk Klien Perusahaan atau Karyawan Baru

Kalender Poster

Tanggalan poster biasanya berbentuk potret seperti poster idola. Tidak seperti kalender pada umumnya, tanggalan ini hanya berupa lembaran kertas glossy berukuran HVS atau lebih besar.

Meskipun memiliki bentuk yang lebih kecil dan cenderung sempit, namun tanggalan jenis ini juga dapat memuat tanggal-tanggal selama 12 bulan.

Kalender To-Do-Book

Jenis kalender to-do-book adalah jenis yang cukup praktis dan ekonomis untuk dibawa kemana-mana. Tanggalan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tanggalan meja biasanya. Oleh karena itu, Anda bisa meletakkan tanggalan ini di manapun bahkan di saku Anda.

Tanggalan jenis ini, memiliki keunggulan bentuk dan desain visual khusus dari tanggalan tersebut.

Kalender Mini Kayu

Tanggalan mini kayu memiliki keunggulan yakni lebih interaktif dibandingkan dengan kalender meja atau jenis kalender lainnya. Apabila Anda menggunakan tanggalan jenis ini, Anda dapat menggunakan format bolak-balik seperti tanggalan meja.

Tanggalan ini juga dapat dilengkapi dengan stiker penanda peristiwa tertentu serta catatan untuk menulis atau peringatan.

Baca juga: Jenis Alat Tulis Kantor yang Sering dijumpai

Tahapan dalam Mendesain Kalender

Kalender
Sumber: Pexels

Untuk membuat sebuah kalender, terdapat sejumlah tahapan yang perlu Anda persiapkan sebelum mengeksekusi atau membawanya ke jasa percetakan.

Memilih Tema yang Cocok

Selain dibutuhkan untuk mengingat tanggal-tanggal penting, barang ini banyak disukai karena memiliki visual yang cantik. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tema dan konsep yang menarik ketika mendesain tanggalan.

Anda bisa menentukan tema melalui penentuan gambar, warna, grafik, hingga font yang mencerminkan perusahaan Anda. Apabila Anda mendesain tanggalan untuk perusahaan, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak membuat tanggalan terlalu serius dan korporat.

Memilih Jumlah Bulan di Halaman

Opsi tanggalan yang umum adalah memuat 1 bulan, 2 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan sekaligus dalam satu halaman. Anda bisa memilih satu di antara opsi tersebut untuk mengkonsep tanggalan Anda.

Dalam menentukan jumlah bulan perhalaman, hal yang harus diperhatikan adalah keterbacaan dan tampilan halaman tanggalan. Apakah tanggal dapat terbaca dengan jelas, apakah pesan yang Anda sampaikan pada halaman tersebut bisa tersampaikan dengan benar, dan menampilkan visualisasi gambar yang sesuai dan lain sebagainya.

Menentukan Jumlah Halaman

Setelah menentukan jumlah bulan perhalaman, Anda dapat memutuskan untuk menentukan keseluruhan jumlah halaman yang ingin Anda sajikan. Selain itu, Anda juga dapat menentukan apakah ingin mencetak dua sisi atau hanya di satu sisi.

Mengemas Desain Kalender

Dalam mengemas desain tanggalan, hal ini akan berhubungan dengan pesan apa yang ingin Anda sampaikan. Melalui visualisasi yang ditampilkan dalam tanggalan, orang-orang akan dapat menangkap pesan yang tertuang di dalamnya.

Untuk mengirimkan pesan tersebut Anda bisa mengandalkan berbagai tema dan elemen yang sekiranya sesuai dengan perusahaan atau acara yang sedang Anda geluti. Dalam hal ini, Anda juga harus menyorot citra perusahaan dalam menentukan tema yang sesuai.

Memilih Elemen

Elemen berkaitan dengan segala sesuatu yang ingin Anda masukkan ke dalam desain tanggalan. Seperti gambar, kata-kata, kolom catatan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk menjadi variasi dalam setiap halaman. Akan tetapi, jika penyematan elemen terlalu banyak juga bisa mengganggu pesan yang ingin Anda sampaikan pada halaman tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat menerapkan aturan less-is-more, yakni memilih foto yang memiliki resolusi dan kualitas gambar yang tinggi. Selain itu, pastikan bahwa foto tersebut menarik bagi penerima tanggalan. Hindari segala sesuatu yang ramai, berantakan, atau mengganggu.

Baca juga: Kertas Anti Karat Solusi Cegah Korosi Jangka Tahunan

Kalender Meja Custom

Kalender
Sumber: Pexels

Ingin memesan kalender meja dengan menggunakan desain sendiri? Atau ingin memesan kalender dalam jumlah yang banyak? Segera kunjungi Vin’c Merchandise dan buat pesananmu hari ini!


Author

%d bloggers like this: