Container bekas kini kerap menjadi pilihan alternatif bagi sebagian pemilik usaha yang baru merintis bisnisnya. Pasalnya container bekas memiliki keuntungan tersendiri dari segi akomodasi. Banyak berbagai pengusaha yang memilih container bekas karena dirasa dapat meminimalisir budget serta lebih menarik pelanggan karena eye catching dari bangunan usaha pada umumnya.

Selain itu terdapat berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan pemilik bisnis. Apa saja itu? simak uraian keuntungan container bekas berikut ini. Namun sebelum masuk pada beberapa keuntungan menggunakan container untuk bisnis, ada baiknya kita mengulas pengertian singkat apa itu container dan kegunaannya.

Pengertian container bekas

Container atau peti kemas adalah alat angkut berbentuk kotak persegi panjang yang memiliki beragam ukuran dan digunakan untuk mengangkut berbagai barang yang bisa digunakan dengan berbagai moda, seperti truk, kereta api, dan kapal. Umumnya container digunakan untuk mengangkut berbagai barang yang ditujukan untuk ekspor dan impor.

Sedangkan container bekas adalah peti kemas yang sudah tidak digunakan kembali sebagai alat angkut. Saat ini pemanfaatkan container bekas banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan pribadi maupun komersial. Container juga memiliki beragam ukuran mulai dari container 20 feet, container 40 feet, dan container 45 feet.

Baca juga: Simak 5 Manfaat Sewa Container untuk Bisnis Anda

Kegunaan container bekas

container bekas
Sumber: Pinterest

Berikut ini beberapa kegunaan container bekas yang saat ini mulai populer di kalangan masyarakat.

Tempat usaha

Container  saat ini lebih populer dimanfaatkan pemilik bisnis untuk digunakan tempat usaha. Beberapa di antaranya, seperti booth container, barber shop, café, hingga resto. Selain meminimalisir budget tempat usaha, tempat usaha menggunakan container saat ini sedang menjadi tren tersendiri yang dapat digunakan sebagai daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

kamar kos kekinian

Siapa sangka sebagain masyarakat kini lebih tertarik memodifikasi tempat tinggalnya menggunakan container bekas untuk beberapa ruangannya. Selain lebih menarik dan terkesan industrialis, menggunakan container bekas juga dirasa lebih meminimalisir anggaran konstruksi.

Tidak hanya tempat tinggal, container juga banyak dimanfaatkan sebagai kamar kos kekinian untuk para mahasiswa. Ukurannya yang ideal sangat cocok dimodifikasi sebagai kamar kos.

Kantor container

Container bekas juga banyak dimanfaatkan sebagai kantor. Cocok untuk para pemilik bisnis yang sedang merintis bisnisnya dan memiliki beberapa karyawan.

Selain lebih hemat, perawatan container juga mudah tidak membutuhkan banyak anggaran sehingga pilihan tepat digunakan sebagai kantor. Adapun kapasitas container dapat Anda pilih sesuai ukuran yang tersedia mulai dari container 20 feet hingga 45 feet.

Baca juga:  Harga Container Office 20 Feet dan 40 Feet

Keuntungan menggunakan container bekas

container bekas
Sumber: Pinterest

Sudah mengerti apa saja kegunaan container . Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan menggunakan container untuk kebutuhan komersil maupun pribadi.

Hemat biaya dan waktu

Keuntungan menggunakan container bekas adalah dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan pemilik bisnis. Memodifikasi container membutuhkan waktu yang tidak lama dibanding dengan membangun bangunan. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak sehingga dapat memangkas anggaran Anda.

Ramah lingkungan

Menggunakan container bekas bisa jadi alternatif upaya Anda untuk menjaga lingkungan. Pasalnya membangun tempat usaha atau ruangan pribadi menggunakan container tidak membutuhkan semen. Adapun produksi semen sendiri merupakan sumber utama CO2. Selain itu tidak menggunakan batu bata dan beton sehingga penggunaan container dapat menjaga lingkungan.

Tahan lama

Tak kalah dari segi bangunan, container juga memiliki kualitas terbaik. Konstruksi container didesain tahan pada berbagai kondisi cuaca tak terduga dan dapat menahan beban berat. Maka dari itu selain lebih meminimalisir anggaran, container juga kuat dan tahan lama dan cocok sebagai tempat usaha dimana pun.

Mudah dipindah-pindahkan

Container memiliki bentuk kotak persegi panjang. Ini membuat kontainer lebih mudah dipindah-pindahkan sesuai posisi yang Anda inginkan. Untuk memindahkan container dibutuhkan alat khusus seperti crane, fork clift, dan berbagai jenis truk lainnya.

Mudah dimodifikasi

Container untuk tempat usaha menjadi daya tarik tersendiri saat ini. Pasalnya, tempat ini lebih mudah dimodifikasi dengan berbagai tema dan desain yang dapat menyesuaikan dengan konsep bisnis Anda.

Dapat disusun dengan mudah

Selain mudah dipindah -pindahkan, container  juga lebih mudah disusun salah satunya untuk membuatnya menjadi dua lantai. Jika menggunakan kontruksi bangunan pada umumnya sudah pasti akan dibutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Lebih menarik pengunjung

Container menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena bentuknya persegi dan memanjang yang dijadikan tempat bangunan ini menjadi kesan unik dibanding tempat usaha pada umumnya. Container memberikan kesan minimalis, sederhana, dan pasti mudah dikenali oleh pengunjung.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Menggunakan Booth Container

Jenis container berdasarkan ukuran

container bekas
Sumber: Pinterest

Sebelum memilih container sebagai tempat usaha atau kebutuhan lainnya. Ada baiknya Anda mengenali beberapa macam ukuran container agar dapat menyesuaikan lingkungan dan posisi container ditempatkan.

  • 10 feet – memiliki ukuran 3 meter, lebar 2,4 meter dan tingga 2,6 meter
  • 20 feet – memiliki dimensi panjang sekitar 6,06 meter, lebar 2,44 meter, dan tinggi 2,56 meter
  • 40 feet – memiliki ukuran panjang 12 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2,56 meter. Untuk ukuran di dalamnya yaitu 12,4 meter, lebar 2,31 meter, dan tinggi 2,38 meter

Rekomendasi container bekas

Sebagai salah satu bagian penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Ada baiknya Anda memilih jenis container berkualitas. Berikut ini kami rekomendasikan berbagai jual container bekas dengan harga terbaik yang bisa Anda pilih di indonetwork.co.id

Author

Enable Notifications OK No thanks