Indonetwork, Wahana – Temuan baru dalam dunia bisnis yang memanfaatkan container bekas atau peti kemas menjadi elemen yang sangat berguna seperti booth container cafe. Sebenarnya terdapat banyak fungsi dari box container mulai dari container office, rumah kontainer, hingga sebagai tempat penyimpanan vaksin.

Namun pemasangannya saat ini sedang marak dilakukan oleh pelaku usaha kuliner sebagai booth penjualan makanan berat, ringan, hingga minuman yang tentunya diminati oleh berbagai kalangan usia. Yuk simak informasi berikut, mengenai ide bisnis kuliner yang paling laris di tahun 2021 dan penerapan booth container cafe di Jakarta dan sekitarnya!

Apa Itu Booth Container?

Booth Container adalah sebuah tempat atau gerobak usaha yang terbuat dari box container. Box container ini terbuat dari besi hollow yang ringan sehingga mudah dipindahkan antara satu tempat event ke tempat lainnya. Penggunaanya sendiri sudah banyak dijumpai baik untuk jenis usaha clothing line, kuliner maupun warung kelontong. Hal tersebut dikarenakan booth container memiliki penggemar tersendiri dengan harga yang relatif lebih murah dibanding menyewa kios atau menggunakan warung tenda yang terkesan tidak modern.

Baca juga: 7 Jenis Shipping Container Yang Banyak Digunakan

Tentu saja secara visual penggunaan booth container cafe ini terlihat lebih menarik karena memiliki cukup banyak kelebihan, seperti:

  • Secara visual booth ini lebih eye catching karena dinding gerobak dapat ditempel stiker atau cat dengan berbagai pilihan gambar dan warna 
  • Bentuknya sederhana ringkas, unik dan tidak memakan tempat
  • Bentuknya yang bisa dikreasikan seperti area bertingkat, membuat booth container cafe lebih aesthetic
  • Booth container cafe memiliki kemudahan untuk dapat dibongkar pasang
  • Memberi Suasana Baru Bagi Penikmat Kuliner
  • Tidak memerlukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  • Persiapan untuk melakukan usaha sangat singkat, karena umumnya booth container ini siap pakai

Apa Itu Booth Container?

Bisnis Kuliner yang Menggunakan Booth Container

Beberapa tahun belakangan penggunaan booth container sebagai sarana untuk berjualan menjadi sebuah trend, khususnya dibidang kuliner. Biasanya booth container diletakkan pada lokasi yang cukup terbatas dan dibuat dengan tampilan lebih menarik, desain yang unik dan kreatif. 

Biasanya booth jenis ini dapat Anda temukan di beberapa event, area jajanan depan supermarket ataupun tempat jajan yang berada di pinggir jalan dan tidak membutuhkan banyak tempat duduk untuk dine-in. Nah, berikut dibawah ini beberapa ide usaha kuliner yang dapat mengandalkan pemakaian box container, seperti:

1. Coffee Shop

coffee shop container cafe

Kopi merupakan minuman favorit bagi sebagian besar orang Indonesia yang telah berkembang pesat. Nah, akhir-akhir ini coffee shop dengan konsep outdoor paling banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen. Selain dinilai bangunannya lebih simpel, banyak orang yang saat ini lebih mengutamakan pembelian kopi melalui ojek online sehingga pelaku usaha tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas dengan sarana bangku yang terlalu banyak.

2. Kebab

kebab container

Salah satu makanan turki dengan brand yang konsisten mengusung pemakaian booth container cafe adalah Baba Rafi. Hampir setiap francaise-nya baik ukuran besar maupun kecil menggunakan booth container cafe yang diletakkan pada area parkir pasar swalayan. Sehingga tidak jarang brand kebab lain juga menggunakan container cafe sebagai gerobak bisnisnya.

3. Korean Food

korean food container

Street food korea seperti corndog dan tteokbokki sedang trend dijual melalui kedai pinggir jalan. Hal ini dikarenakan peminatnya sendiri pada umumnya tidak melakukan sistem dine-in dan mengutamakan pembelian dengan ojek online. Selain itu peralatan masak dalam membangun bisnis kuliner korea ini tentu lebih murah dan mudah didapatkan, sehingga bagi Anda yang baru ingin memulai usaha bisnis dibidang kuliner peluang ini tentu sangat menjanjikan.

4. Fried Chicken

fried chicken container'

Bisnis ayam goreng tepung bisa dikatakan bisnis yang menjanjikan. Hal ini mudah Anda temukan di pinggir-pinggir jalan atau di daerah perumahan. Tidak hanya ayam goreng, kedai ini juga biasanya menyajikan menu pelengkap seperti burger dan kentang goreng. Minimnya budget dalam biaya produksi membuat pemasangan booth container cafe terasa cocok dilakukan oleh pelaku usaha karena usaha jenis ini tidak membutuhkan tempat yang luas.

5. Martabak

martabak booth container

Hampir semua konsumen menyukai martabak varian asin maupun manis, berbagai varian toping dapat disajikan untuk menarik perhatian pembeli. Penjualan martabak dengan konsep booth container cafe akan terlihat lebih rapi dan elegan layaknya seperti konsep street food di luar negeri. Biasanya penjual martabak hanya menyediakan bangku beserta meja minimalis di luar container untuk tempat tunggu bagi mereka yang sedang memesan, sehingga konsep gerobak ini juga tidak memerlukan lokasi yang luas.

6. Pisang Crispy

pisang crispy booth container

Jenis jajanan yang satu ini tetap eksis di pasaran, karena pisang merupakan olahan makanan yang banyak diminati masyarakat. Membangun bisnis pisang crispy tentu lebih mudah dengan modal yang murah di banding martabak. Setelah olahan pisang selesai dibentuk, penjual hanya pertu menggoreng dan menambahkan toping sesuai dengan permintaan konsumen. Setelah itu penjual dapat membungkus produk dengan teknik yang menarik. Umumnya usaha produk ini juga tidak membutuhkan area yang luas karena konsumen dapat membawa pulang produk secara langsung.

7. Minuman Dingin

7 Ide Bisnis Kuliner Menggunakan Booth Container

Minuman dingin merupakan daya tarik yang tidak bisa ditolak ketika seseorang dalam perjalanan dengan cuaca yang cukup terik. Biasanya minuman ini dibandrol dengan harga yang murah dan rasa yang segar, namun tetap menyajikan tempat yang bersih. Minuman dingin yang sangat populer dijual di pinggir jalan maupun area perumahan biasanya seperti boba, thai tea, juice ataupun es cincau. 

Baca juga: Keunggulan Penggunaan Container Cafe & Harganya

Rekomendasi Jual Container Bekas

Jika Anda telah mendapatkan ide terbaik untuk membuka peluang usaha dibidang kuliner di pinggir jalan, silakan hubungi Kontainer Nusantara. Perusahaan ini  siap menyediakan supply container custom berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Anda dengan harga yang bersaing. Bukan saja produk container bekas namun perusahaan ini dapat menyajikan container office yang baru dengan kualitas baik yang masih layak pakai.

Editor: Muhammad Arsyah Al Bassam

Author

Enable Notifications OK No thanks