Indonetwork, Percetakan – Umumnya, barang belanjaan yang dibeli di supermarket atau pasar akan diwadahi dalam sebuah kantong. Dahulu, orang-orang menaruh barang belanjaan tersebut menggunakan kantong plastik. Tetapi saat ini, penggunaan plastik yang terlalu banyak mengakibatkan produksi sampah plastik yang luar biasa.

Hal ini pun menjadi masalah karena plastik merupakan bahan yang susah untuk diurai. Untuk mengatasi hal ini, saat ini sudah tersedia tas yang dapat digunakan berkali-berkali sebagai wadah berbagai barang, tidak terbatas belanjaan saja. Tas tersebut adalah tas spunbond. Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai konveksi tas spunbond, artikel di bawah ini akan membahasnya. 

Apa Itu Tas Spunbound

tas spunbound polos
Sumber: Unsplash

Tas spunbond adalah tas yang dibuat dari bahan kain sintetis melalui proses pembuatan yang dikerjakan secara mekanis. Bahan yang digunakan untuk membuat tas ini merupakan pencampuran bahan kimia tertentu dan tentunya aman saat digunakan.

Tas ini sering disebut dengan tas furing atau goodybag karena seratnya yang sangat rapat dan memiliki tekstur yang kaku. Meskipun terlihat kaku, tetapi tas ini akan terasa halus saat Anda menyentuhnya.

Tas spunbond terkenal ramah lingkungan karena dapat digunakan lebih dari sekali. Saat tas sudah lama digunakan dan bahannya mulai rusak Anda bisa membuangnya dan tidak perlu khawatir akan mencemari lingkungan, karena bahan tas ini mudah diurai oleh bakteri sehingga lingkungan akan tetap bersih.

Bisa dibayangkan apabila setiap kita belanja di pasar atau supermarket dan menggunakan tas ini, maka akan sangat bermanfaat karena mengurangi pencemaran terhadap lingkungan.

Manfaat Tas Spunbond

tas spunbound tote bag untuk belanja
Sumber: Pexels

Banyak orang yang belum tahu tentang manfaat yang didapatkan ketika menggunakan tas spunbond. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari tas spunbond simak penjelasan berikut ini:

1. Sebagai tas souvenir

Tas spunbond dapat digunakan sebagai souvenir saat Anda memiliki acara, misalnya pernikahan, ulang tahun atau acara formal lainnya. Tas spunbond akan sangat menarik jika digunakan untuk membungkus souvenir karena tas spunbond dapat didesain dengan berbagai gambar ataupun warna sesuai selera kita. Dengan dibungkus menggunakan tas spunbond ini, souvenir yang diberikan kepada tamu akan terlihat lebih mewah, unik dan berbeda dari yang lainnya.

2. Sebagai promosi produk

Manfaat tas spunbond lainnya adalah sebagai media sarana promosi produk yang Anda miliki. Jika Anda memiliki produk, lebih baik dibungkus menggunakan tas spunbond karena dengan menggunakan tas ini dapat mempromosikan produk dengan cara mencetak informasi singkat produk pada permukaan tas. Anda juga tidak perlu khawatir masalah keamanan produk Anda karena tas ini terbuat dari bahan yang berkualitas.

Baca juga: 7 IDE MERCHANDISE UNTUK KLIEN PERUSAHAAN ATAU KARYAWAN BARU

3. Sebagai tas untuk hajatan

Pada acara spesial seperti hajatan biasanya makanan, souvenir atau berkat lain akan dibungkus dalam plastik untuk diberikan kepada tamu. Tetapi jika dibungkus plastik akan terlihat kurang menarik dan tentunya tidak ramah lingkungan. Anda bisa menggantikan fungsi plastik tersebut dengan tas spunbond, karena jika dibungkus menggunakan tas ini berkat tidak mudah tumpah, mudah dibawa, dan terlihat lebih menarik ketimbang dibungkus menggunakan tas plastik biasa.

4. Sebagai tas pada acara seminar

Konveksi tas spunbond biasanya juga menyediakan jasa pembuatan tas untuk digunakan pada acara seminar. Seminar merupakan acara penting yang diadakan oleh instansi atau perorangan. Dalam acara seminar semua detail acara harus dipersiapkan dengan matang termasuk paket seminar kit yang nantinya akan diberikan kepada peserta seminar. Paket seminar kit ini bisa dibungkus menggunakan tas spunbond agar terlihat lebih formal dan tentunya lebih menarik.

5. Sebagai laundry bag

Tas spunbond dapat juga Anda gunakan sebagai tas laundry. Apabila selama ini Anda selalu mewadahi pakaian menggunakan plastik biasa untuk dilaundry, Anda bisa menggantinya menggunakan tas spunbond. Karena dengan menggunakan tas spunbond Anda bisa lebih efisien dari segi pengeluaran karena kebutuhan melaundry sifatnya rutin, jadi meskipun Anda melaundry pakaian berulang kali Anda tidak perlu mengganti wadah plastik yang kurang ramah lingkungan. Selain itu dari segi bahan, tas spunbond memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan tas plastik, sehingga pakaiaan Anda akan lebih aman jika diwadahi menggunakan tas spunbond.

Baca juga: PENTINGNYA QUALITY CONTROL UNTUK MENJAGA KUALITAS BARANG

Kelebihan Tas Spunbond

tote bag tas spunbound
Sumber: Unsplash

Kelebihan tas spunbond yang paling menonjol adalah bahannya yang ramah lingkungan. Namun selain bahan yang ramah lingkungan, ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki tas spunbond. Di bawah ini akan diuraikan mengenai kelebihan yang dimiliki tas spunbond:

  • Kain spunbond mempunyai daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan bahan plastik atau bahan kertas (paperbag),
  • Dapat digunakan secara berulang-ulang,
  • Tas spunbond dibuat dari kain berbahan polypropylene atau yang biasa disebut dengan kain non woven, sehingga sangat mudah untuk didaur ulang dan sangat ramah terhadap lingkungan,
  • Kain spunbond dapat dipotong sesuai dengan kebutuhan, sehingga Anda bisa memesan tas ini sesuai ukuran yang Anda inginkan,
  • Bahan spunbond dapat dicetak dengan menggunakan teknik sablon manual atau teknik cetak sublimasi,
  • Tas spunbond memiliki harga yang ekonomis dan terlihat lebih elegan, dan
  • Jika Anda memiliki usaha seperti supermarket, swalayan, toko, perusahaan atau yang lainnya dapat membuat tas spunbond menjadi lebih menarik dan informatif. Anda dapat mendesain logo, nama perusahaan, informasi suatu event, nomor telepon ataupun informasi yang lainnya.

Rekomendasi konveksi tas spunbond

Bagi Anda yang sedang mencari tempat konveksi tas spunbond, Garuda Souvenir adalah sebuah konveksi yang patut direkomendasikan. Perusahaan ini merupakan vendor dan produsen souvenir di Surabaya. Produk yang dihasilkan Garuda souvenir dikerjakan oleh pengrajin yang ahli dan terbaik dibidangnya. Meskipun perusahaan ini memiliki workshop yang berlokasi di Surabaya dan Sidoarjo, tetapi perusahaan ini siap melayani pengiriman produk ke seluruh wilayah di Indonesia.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks