Indonetwork, Peluang Usaha – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai makanan serba hitam yang terbuat dari charcoal. Belakangan, makanan serba hitam sedang ramai diperbincangkan di kalangan foodies atau food lovers, karena tampilan, rasa, dan bentuknya yang unik. Sehingga mengundang minat untuk mencicipinya.

Charcoal atau activated charcoal biasa disebut dengan arang aktif, merupakan karbon dari zat arang yang dihasilkan dari bahan alami, tidak menghasilkan bau ataupun tidak berasa karena pembuatannya diperoleh dari arang bambu atau tempurung kelapa sawit dalam bentuk bubuk. Dan meskipun warnanya hitam pekat, namun zat ini aman untuk dikonsumsi karena telah melalui tahap proses pemurnian sehingga tidak terdapat kandungan zat kimia lain.

Makanan serba hitam yang diracik menggunakan resep nikmat tentu akan disukai banyak orang. Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis kuliner. Selengkapnya mengenai makanan serba hitam dari charcoal bisa Anda simak di bawah ini.

Manfaat Charcoal untuk Kesehatan

makanan serba hitam
Sumber: Freepik

Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi charcoal adalah mampu meredakan keracunan karena memiliki daya serap tinggi yang dapat membantu sebagai penetral zat racun ataupun zat berbahaya pada tubuh melalui proses pencernaan. Charcoal juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dari saluran pencernaan sehingga mengurangi penyerapan kolesterol pada aliran darah.

Charcoal dapat menyaring zat berbahaya yang terdapat pada ginjal manusia karena pori besar yang dimilikinya. Anda juga dapat mengonsumsi arang aktif ini untuk penawar terhadap overdosis penggunaan obat dan mengatasi sembelit atau diare. Charcoal mampu memerangkap bakteri penyebab diare pada usus sehingga mampu menghambat penyebaran racun yang membuat diare.

Manfaat lain dari mengonsumsi charcoal dengan teratur adalah bermanfaat untuk mengatasi perut nyeri akibat kembung karena arang aktif dapat mengikat gas berlebih pada saluran pencernaan. Charcoal juga baik untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjadi masker wajah Anda, lho!

Anda hanya perlu menggunakan bubuk charcoal pada area yang tubuh yang dibutuhkan dan Anda juga dapat menemukan charcoal pada toko kepercayaan Anda. Namun, Anda juga tetap harus berkonsultasi apabila sedang mengonsumsi obat resep dokter yaa!

Baca Juga: 5 Manfaat Karbon Aktif Dalam Kehidupan Sehari-hari

4 Makanan Serba Hitam yang Unik dan Viral

Dan berikut 5 jenis makanan dan minuman yang berbahan dasar charcoal yang unik dan viral. Apa saja, ya?

Ice Charcoal Latte

makanan serba hitam
Sumber: Freepik/wirestock

Ice charcoal ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk memberikan kesegaran pada minuman favorite Anda. Anda dapat membuat minuman ini dengan bahan seperti kopi, charcoal bubuk, susu, sirup, air panas hingga es batu secukupnya.

Kemudian Anda hanya perlu menyiapkan kopi yang sudah diseduh dengan bubuk charcoal. Siapkan gelas dan beri es batu sesuai selera dan jangan lupa untuk menuangkan sirup atau gula pasir yang telah dicairkan terlebih dahulu. Tambahkan susu atau creamer dan minuman ice charcoal latte siap dinikmati.

Donut Charcoal

makanan serba hitam
Sumber: Freepik/azerbaijan_stockers

Tak kalah menarik dengan ice charcoal, donat juga dapat menjadi referensi menarik untuk makanan berbahan charcoal kali ini. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dasar berupa tepung terigu, tepung ragi, bubuk charcoal, gula pasir, kuning telur, susu cair dan bubuk, butter, garam dengan tambahan glazing seperti dark and white chocolate.

Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan donat dengan mixer bowl selama beberapa menit, namun pisahkan butter dan garam, ya. Setelah menambahkan butter dan garam, tutuplah bahan tersebut dengan plastic wrap dan diamkan selama kurang lebih 45 menit. Timbang adonan tersebut masing–masing sekitar kurang lebih 45 gram. Bulatkan dan bentuk bahan adonan tersebut, lalu tutup kembali dengan kain selama 30menit.

Panaskan wajan dengan minyak panas secukupnya. Goreng donat dengan metode sekali balik, kemudian angkat donat dan tiriskan. Lelehkan cokelat hitam dan putih, lalu celupkan donat pada cokelat putih. Hias dengan cokelat hitam dan donat charcoal siap dinikmati.

Nastar Charcoal

makanan serba hitam
Sumber: Freepik/Topntp26

Biasanya kita menjumpai nastar dengan original tepung putih. Namun kali ini Anda dapat menemukan keunikan dari resep kali ini karna nastar ini dapat dinikmati karena warnanya yang tidak kalah menarik. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan antaranya tepung terigu, bubuk charcoal, gula halus, butter, margarin, telur, bubuk susu, bubuk vanili dengan topping selai nanas, cokelat putih maupun wijen.

Campur dan kocok bahan–bahan margarin, butter, gula hingga warnanya menjadi pucat kemudian tambahkan telur dan vanili. Kocok kembali lalu tambahkan bubuk susu dan charcoal, aduk dengan spatula hingga merata. Uleni dengan menambahkan tepung terigu hingga adonan tercampur rata.

Ambil beberapa adonan minimal dengan takaran 5 mL untuk topping. Pipihkan adonan dan masukkan topping sesuai selera. Bulatkan dan simpan pada loyang. Tambahkan topping di atas adonan yang bulat tadi dengan wijen. Panggang adonan pada oven dengan suhu 160 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit.

Dinginkan nastar sejenak, hias dengan cokelat putih sesuai selera. Dan nastar charcoal siap dinikmati bersama keluarga!

Black Burger with Bolognese Sauce

makanan serba hitam
Sumber: Freepik

Bun burger satu ini telah ditambahkan dengan bubuk charcoal dan dengan resep satu ini Anda dapat ekslpor untuk menjadi satu box pizza. Dengan topping perpaduan saus bolognese berikut ini bahan yang harus Anda persiapkan seperti 1 porsi saus bolognaise, tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, tepung ragi, 1 buah telur, air mineral dingin, margarin, garam, dan 2 sendok bubuk charcoal.

Dengan tambahan bahan topping seperti susu cair, biji wijen, saus tomat, sayuran seperti tomat dan salada. Kemudian Anda harus mencampur tepung terigu dengan bubuk arang aktif, susu bubuk, gula dan ragi. Aduk merata dan tambahkan telur serta air dan diuleni dengan kalis. Berikan margarin dan garam, diamkan hingga kurang lebih 30 menit.

Kempiskan adonan tadi dan timbang untuk masing–masing kurang lebih 35 gram. Bulatkan adonan dan diamkan pada tempat atau loyang yang telah diolesi margarin selama 60 menit atau mengembang hingga 2 kali lipat dengan oven pada suhu 185 derajat Celsius selama sekitar 20 menit. Potong adonan roti burger menjadi dua bagian, berikan daun salada dan saos tomat, taburi dengan saus bolognese dan irisan tomat. Burger charcoal siap dihidangkan!

Baca Juga: Perbedaan Arang Aktif dan Arang Biasa yang Harus Anda Tahu

Demikian artikel mengenai makanan serba hitam yang unik dan viral dari charcoal. Anda bisa cari charcoal atau arang aktif di Indonetwork dengan harga terjangkau dan kualitas unggul. Buat penawaran parang aktif sekarang dan dapatkan best price sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks