Indonetwork, Kesehatan – Karbon aktif atau yang biasa dikenal dengan istilah arang aktif merupakan suatu jenis karbon yang begitu memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan Anda. Karbon aktif atau activated charcoal adalah jenis karbon yang memiliki daya serap begitu tinggi (adsorben) yang baik terhadap anion, cation, serta molekul senyawa organik maupun non organik, larutan ataupun senyawa pada gas.

Karbon aktif juga memiliki tekstur yang halus dari bubuk hitam yang tidak berbau. Banyak yang menggunakan karbon aktif untuk mengobati atau menyembuhkan luka atau overdosis seperti mengatasi keracunan maupun kelebihan gas pada saluran pencernaan manusia.

Bahan Asal Pembuatan Karbon Aktif

Pada dasarnya pembuatan karbon aktif berasal dari bahan-bahan yang mengandung karbon baik seperti organik maupun anorganik. Dan dalam kehidupan sehari-hari, sudah banyak dipasarkan karbon aktif yang berasal dari bahan alami seperti serbuk kayu, residu minyak bumi, tempurung atau batok kelapa maupun berasal dari batubara.

Karbon aktif juga ada yang berasal dari serbuk gergaji, lignit, gambut. Bahkan karbon aktif juga dapat diolah melalui limbah biomasa seperti kulit kacang-kacangan, limbah padat pengepresan biji-bijian, ampas, kulit buah, dan bahan lainnya.

Baca Juga: 7 Peralatan Dapur dari Kayu yang Ramah Lingkungan

5 Manfaat Karbon Aktif dalam Kehidupan Sehari-hari

Perihal keamanan untuk tubuh, karbon aktif relatif aman dikonsumsi, namun Anda tetap harus memperhatikan petunjuk dan kadarnya. Sebab, karbon aktif juga memiliki dampak dan efek samping yang membuat tubuh tidak nyaman. Dan alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk penggunaan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Meski begitu, tidak ada salahnya mengetahui manfaat baik karbon aktif dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja, ya? Berikut ulasannya.

Dapat Menjernihkan Air Minum

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik

Dengan pori-pori yang besar dari karbon aktif, mampu meningkatkan daya adsorpsi sehingga efektifitas karbon aktif dapat memfiltrasi kandungan air. Di samping itu, kandungan karbon aktif mampu menyerap zat atau mineral yang dapat mencemari air membuat air yang akan dikonsumsi menjadi lebih sehat, tidak berbau, dan mendapati rasa yang lebih segar.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menggunakan water treatment plant untuk kemudian menentukan terlebih dahulu sistem filter yang akan digunakan. Seperti menggunakan 1 atau lebih filter tabung tergantung dari masalah air yang sedang dihadapi.

Kemudian Anda dapat menentukan jenis karbon aktif dan spesifikasikan sesuai jenis bahan dasarnya seperti menggunakan charcoal atau coconut shell. Lalu, hitunglah kebutuhan karbon aktif berdasarkan debit air yang perlu di filtrasi.

Gunakan wadah berupa corong untuk memasukkan karbon aktif pada filter air. Dan karbon aktif siap di jalankan untuk filtrasi air di rumah Anda.

Sebagai Pemurnian Gas dan Penanganan Limbah

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik

Karbon aktif mampu menyerap komponen fase fluida yang paling sering digunakan dalam proses adsorpsi untuk proses perpindahan komponen dari fasa fluida ke permukaan zat padat yang mampu menyerap. Sehingga, adsorben (proses penyerapan) pada karbon aktif dapat juga dimanfaatkan sebagai penghilang aroma yang tidak sedap atau amonia logam berat, nitrite phenol.  pengontrol emisi pada gas buangan atau limbah.

Sebagai Penyerap Hasil Tambang

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik/atlascompany

Karbon aktif juga dapat menyerap hasil tambang dalam industri pertambangan seperti timah, emas, tembaga, dan lain sebagainya. Hal ini karena karbon aktif memiliki luas permukaan dan volume internal penyerapan yang besar untuk daya serap hasil pertambangan. Karbon aktif juga dapat menurunkan kadar besi pada hasil pertambangan dengan memanfaatkan ruang pori yang dimilikinya.

Bantu Meredakan Perut Kembung

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik/jcomp

Terkadang rasa tak nyaman akibat mengonsumsi makanan dan membuat terlalu banyak gas yang mengakibatkan perut terasa kembung. Anda dapat memanfaatkan karbon aktif sebagai solusi obat pereda kembung.

Karena pada kandungan karbon aktif terdapat pori-pori yang dapat menyerap dan mengurangi gas pada saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah dan memperhambat terserapnya racun kedalam tubuh.

Anda dapat mencampurkan 500 mg bubuk karbon aktif ke dalam segelas air. Kemudian Anda dapat meminumnya sebelum mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti sayuran brokoli atau kubis.

Anda juga dapat meminum karbon aktif dan segelas air setelahnya, sehingga mampu mendorong masuk ke dalam saluran pencernaan untuk mengikat gas baik di dalam lambung.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan

Dapat Menyehatkan dan Memutihkan Gigi

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik/Anastasia Kazakova

Karbon aktif dapat memutihkan gigi secara alami karena memiliki kandungan pori antimikroba dan daya serap tinggi. Sehingga mampu mengikat semua kotoran dan membersihkan plak gigi yang menyebabkan noda pada gigi Anda.

Karbon aktif juga dapat menyeimbangkan pH di dalam mulut, mencegah timbulnya lubang pada gigi, menghilangkan aroma kurang sedap untuk mengganggu fungsi gusi.

Anda hanya perlu membasahi sikat gigi, kemudian celupkan pada bubuk karbon aktif. Sikat gigi dengan normal dan berfokus pada gigi yang ingin diobati, seperti gigi yang mungkin berwarna beda dari yang lain. Sehingga, karbon aktif mampu menyerap plak dan sisa makanan yang menodai area gigi.

Lakukanlah secara rutin sekitar 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Namun dapat Anda konsultasikan dan gunakan seperlunya bila dirasa gigi menjadi lebih sensitif atau mengalami hal yang serupa.

Dapat Menyehatkan Tubuh dan Kulit

karbon aktif adalah
Sumber: Freepik

Anda dapat memulihkan dan menyembuhkan luka akibat gigitan nyamuk atau serangga lain dengan campuran 1 kapsul bubuk karbon aktif dengan 1/2 sdt minyak kelapa. Kemudian Anda dapat melulurkannya pada area yang tergigit atau tersengat tersebut. Oleskan kembali dan berulang setiap 30 menit hingga rasa perih dan gatal yang dirasakan berkurang.

Karbon aktif juga dapat mengobati luka akibat gigitan ular atau laba-laba. Anda dapat membersihkan luka tersebut dengan alkohol terlebih dahulu kemudian Anda dapat mengoleskan camburan bubuk karbon aktif kemudian luka tersebut dapat diperban atau ditutup. Lakukan setiap 2 hingga 3 jam. 

Anda juga akan mendapatkan manfaat karbon aktif pada area kulit wajah menjadi lebih bersih dan glowing. Caranya yaitu mencampurkan 1 buah kapsul karbon aktif dengan 2 sdt gel dari lidah buaya. Kemudian oleskan pada area kulit wajah sebagai masker dan tunggu hingga mengering.  Anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Baca Juga: 6 Alat Kesehatan yang Perlu Ada Di Rumah

Demikian artikel kali ini dan apabila Anda sedang mencari perusahaan atau supplier yang jual karbon aktif, Anda bisa membelinya di Indonetwork. Anda bisa memilih berbagai jenis karbon aktif dari banyak supplier, serta membuat penawaran harga terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks