Ibu-ibu yang sedang hamil biasanya akan lebih sering lapar, sehingga Anda harus mempersiapkan cemilan untuk ngemil. Salah satu jenis cemilan yang praktis adalah kacang tanah goreng. Terlebih lagi manfaat kacang tanah untuk ibu hamil juga sangat beragam.

Popularitas kacang tanah memang kalah dengan kacang almond. Padahal kandungan nutrisi kacang tanah juga sangat lengkap dan sangat cocok untuk kebutuhan ibu hamil. Jadi tidak ada salahnya untuk ngemil kacang tanah goreng ketika Anda sedang hamil.

Manfaat Kacang Tanah untuk Ibu Hamil

Lalu apa saja manfaat kacang tanah untuk ibu hamil muda? Simak ulasan kami berikut ini.

1. Kaya akan Sumber Mineral

Bagi seorang ibu hamil, kandungan mineral menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk proses aktivitas dan otot. Dengan begitu mengkonsumsi mineral yang cukup akan membuat kinerja organ tubuh menjadi lebih optimal.

Karena kaya akan mineral, Anda bisa mempersiapkan kacang tanah ini sebagai menu cemilan supaya tidak mudah lapar. Anda bisa mempersiapkannya baik di rumah maupun tempat kerja.

2. Mengatur Gula Darah

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang rentan dialami oleh ibu hamil. Penyakit ini berpotensi sangat besar menurun setelah proses persalinan nanti. Tapi tetap saja bisa menimbulkan resiko yang cukup berbahaya pada janin jika tidak dikendalikan.

Menjaga asupan makan dan pola makan menjadi hal yang krusial bagi ibu hamil supaya terhindar dari diabetes. Namun Anda bisa mengkonsumsi makanan yang bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh, salah satunya adalah kacang tanah.

Meskipun jenis kacang ini punya rasa yang terkadang sedikit lebih manis, namun kandungan gula dalam kacang tanah sangat rendah. Sehingga Anda bisa menjadikan kacang tanah ini sebagai cemilan ketika sedang hamil.

3. Mendukung Pertumbuhan Otak dan Otot

Diketahui bahwa kacang tanah ini mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. Salah satu manfaat dari asam folat ini yaitu untuk mendukung pertumbuhan otak dan perkembangan otot.

Supaya sumsum tulang belakang janin bisa berkembang dengan baik, maka diperlukan asam folat. Jadi tidak ada salahnya untuk menjadikan kacang tanah sebagai cemilan yang menyehatkan.

4. Mencegah Anemia dan Preeklampsia

Salah satu makanan yang kaya akan zat besi adalah kacang-kacangan, termasuk juga kacang tanah. Zat besi ini diklaim bisa membantu ibu hamil dari resiko anemia. Selain itu kandungan ini juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung.

Kacang tanah mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi, terutama asam oleat. Kandungan lemak ini sangat bermanfaat bagi jantung.

Manfaat lainnya dari kacang tanah yaitu bisa mencegah preeklampsia. Penyakit ini menjadi biang keladi tekanan darah yang tak terkendali yang terjadi pada ibu yang sedang hamil. Pasalnya di dalam kacang tanah juga mengandung Vitamin E yang tinggi yang bisa mencegah preeklampsia.

5. Mengatasi Sembelit

Ibu hamil biasanya sangat rentan mengalami masalah pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Anda tentu saja tidak akan merasa nyaman jika tidak segera mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah sembelit, Anda memerlukan makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayuran. Namun selain dari buah dan sayur, serat ini ini juga terdapat pada kacang tanah.

Jika Anda sedang mengatasi masalah pencernaan, tak ada salahnya untuk menjadikan kacang tanah sebagai cemilan untuk ngemil. Karena kacang tanah punya kada serat yang cukup tinggi untuk mengatasi sembelit.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kecantikan Kulit Wanita

6. Mengatasi Stres dan Depresi

Kacang tanah juga mengandung asam amino esensial yang disebut dengan triptofan yang bisa menghasilkan serotonin. Senyawa Serotonin ini sangat penting untuk mengatasi suasana hati.

Ketika Anda memiliki masalah dengan stres, depresi, dan gangguan suasana hati lainnya ketika hamil bisa mengkonsumsi kacang tanah.

7. Sumber Energi

Seperti sudah kami singgung, ibu yang sedang hamil biasanya akan lebih mudah lapar. Jadi Anda perlu mempersiapkan cemilan untuk ngemil. Salah satu cemilan yang bisa Anda konsumsi adalah kacang tanah.

Kacang tanah bisa memberikan sejumlah cadangan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga Anda tidak akan mudah lapar dan berat badan Anda akan tetap terkontrol. Sementara cadangan energi dalam tubuh akan tetap terpenuhi.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Kandungan mineralnya yang komplit membuat kacang ini sangat layak untuk Anda konsumsi ketika hamil. Terlebih lagi untuk menemukan kacang ini juga sangat mudah.

Anda bisa memperoleh kacang tanah berkualitas namun dengan harga terjangkau dari Sumber Roso Agromakmur. Disini tersedia kacang tanah dalam berbagai varian sesuai dengan kualitas dan ukuran. Anda bisa membelinya dalam kemasan grosir (bulk) maupun eceran.

Supplier kacang tanah ini juga melayani pembelian dan pengantaran antar provinsi. Sehingga bagi Anda yang ingin membelinya bisa langsung melalui website resminya yaitu sumberrosoagro.com.

Author

Sebagai penulis konten seo yang berpengalaman lebih dari 5+ tahun.

Enable Notifications OK No thanks