Indonetwork, Minuman – Tidak hanya indah dan cantik bila dipandang oleh mata, bunga rosella merupakan salah satu bunga yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Rosella merupakan bunga yang berasal dari benua Afrika dan memiliki warna yang menawan yaitu berwarna merah pekat hampir menyerupai buah anggur namun tetap khas rosella.

Rosella juga kerap memiliki nama lain dengan sebutan bunga asam kumbang maupun asam paya. Rosella mampu berbunga pada umur 2 sampai 3 bulan dan dapat panen setelah umur sekitar 6 bulan. Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari pengelolaan bunga rosella untuk kesehatan.

Merawat Kesehatan dan Kecantikan Wajah

manfaat bunga rosella untuk kesehatan
Sumber: Freepik

Pada wajah, Anda dapat menemukan khasiat dari bunga rosella karena bunga ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk melindungi kulit dari sinar radikal bebas. Bunga ini dapat memicu terbentuknya kolagen dan dapat melindungi kulit dari sinar berlebih ultraviolet (UV). Bunga rosella juga dapat melembabkan kulit wajah sehingga wajah tetap terhidrasi.

Anda dapat meracik sendiri bahan yang diperlukan untuk membuat masker wajah bunga rosella yaitu dengan bahan seperti bunga rosella 50 buah, air setengah liter dan madu 50 mL. Dengan merebus air hingga mendidih, masukkanlah bunga rosella satu per satu kurang lebih dengan waktu 5 menit. Saring bunga, dan masukkan madu serta campurkan dan aduk hingga merata atau tidak menggumpal.

Kemudian aduk hingga larutan air dari bunga menjadi kristal dan setelah itu tunggu hingga suhu normal seperti suhu ruangan. Haluskan bentuk kristal dari bunga dengan cara blend atau dapat ditumbuk. Untuk hasil yang lebih awet, masukkan kedalam kemasan aluminium foil dan masker dapat digunakan dan disimpan selama 3 hari. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Manfaat Air Rebusan Biji Ketumbar untuk Kesehatan

Melindungi Kesehatan Ginjal

Bunga ini memiliki begitu banyak kandungan baik seperti bahan aktif fenolic, hibiskus, serta hiroksisistri yang begitu berguna untuk mencegah munculnya batu di dalam ginjal. Selain itu manfaat dari bunga ini yaitu dapat meringankan kinerja ginjal yang membuang akan kelebihan asam urat di dalam tubuh.

Anda dapat mengonsumsi rosella dalam secangkir teh yaitu dengan menyeduhnya kedalam 1 hingga 3 gram per hari. Anda dapat pula mengonsultasikannya kembali mengenai takaran dan waktu yang pas untuk manfaat rosella kepada dokter jika ingin mengonsumsi dalam jangka waktu yang dibutuhkan.

Menstabilkan dan Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat bunga rosella untuk kesehatan
Sumber: Google

Selain itu, manfaat lain dari bunga ini adalah mampu menghambat penyerapan asam lemak jenuh beserta menurunkan akannya kadar trigliserida dan kolesterol jahat pada tubuh Anda. Dalam bunga rosella ini juga terdapat vitamin C, niacin, pektin, flavonoid, polifenol dan juga asam hibiscin yang dapat membantu serta berperan untuk mencegah obesitas.

Anda dapat mengelola bunga ini menjadi teh panas dengan cara memasukkan beberapa rosella kering ke dalam air. Kemudian menunggu hingga mekar selama sekitar 15 menit hingga air berubah menjadi lebih kemerahan. Dan teh rosella sudah siap dihidangkan!

Menurunkan Kadar Gula Darah

Dengan kaya akan kandungan antioksidan dan polisakarida yang terkandung pada kelopak bunga rosella, hal ini dapat menghambat terakumulasinya radikal bebas penyebab diabetes sehingga mampu menurunkan kadar glukosa darah pada tubuh manusia. Antioksidan pada kandungan rosella juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin serta mampu menstimulasi pelepasan insulin.

Anda dapat mengonsumsi teh rosella ini dua kali dalam sehari selama 14 hari untuk mampu menurunkan kadar gula darah apabila Anda seorang yang tergolong prediabets. Dengan didampingi pola hidup yang lebih baik dan gaya hidup sehat, teh rosella mampu menjadi penawar opsional untuk pengobatan alami agar tetap terjaga akan kadar gula darah normal.

Mengatasi Asam Urat

manfaat bunga rosella untuk kesehatan
Sumber: Freepik

Bunga rosella juga mengandung banyak vitamin baik seperti vitamin C, B1, B2, B3, D serta kalsium dan omega 3 yang begitu bermanfaat untuk menurunkan asam urat tinggi dalam tubuh manusia bila dapat dikonsumsi sesuai resep dan anjuran dokter. Bunga berwarna merah ini juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yang dapat memecah peningkatan kristal asam urat dalam tubuh.

Anda cukup mengeringkan bunga rosella terlebih dahulu. Anda pun juga bisa dengan mudah mendapatkan bunga rosella dalam bentuk kering di pasaran. Kemudian, Anda hanya perlu merebus bunga rosella kering tersebut dan kemudian mengonsumsi air rebusan bunga rosella.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Herbal Pada Ramuan Kesehatan

Menjaga Fungsi dan Kesehatan Hati

Kaya akan kandungan antioksidan yang dimiliki, bunga rosella merah ini mampu menangkal radikal bebas, menetralisir racun yang dapat mengganggu jaringan dan sel-sel dalam tubuh, serta mengurangi penumpukan lemak hati yang terdapat pada tubuh manusia.

Anda dapat mengonsumsi bunga rosella merah sekitar 12 minggu atau sesuai dengan saran dokter untuk menetralisir racun pada organ hati. Cara mudah, merebus bunga rosella mekar sebanyak kuran lebih 3 gram per hari dan dijadikan ke dalam 1 hingga 2 cangkir teh.

Demikianlah informasi terkait beberapa manfaat bunga rosella untuk kesehatan tubuh manusia. Tak perlu bingung mencari bunga rosella di mana, karena Anda bisa menikmatinya dalam bentuk teh bunga rosella kering yang aman. Dapatan teh bunga rosella berkualitas dan halal di Indonetwork. Anda bisa membuat penawaran best deal dengan seller jika ingin membelinya dalam jumlah banyak.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks