Indonetwork, OtomotifHampir setiap orang mengenal accu untuk kebutuhan kendaraan mobil maupun motor. Harga aki basah relatif lebih murah daripada aki kering dan usia pakainya bisa lebih lama asal rajin mengisi ulang air aki. Berbagai merk accu baik basah dan kering cukup banyak dijual dipasaran, hal ini mengingat semakin bertambahnya volume kendaraan pada daerah perkotaan maupun kebutuhan industri yang membutuhkan peran air accu Surabaya. 

Produk air accu Surabaya biasanya akan dengan mudah dijual di beberapa bengkel besar ataupun kecil sekitar rumah. Anda juga bisa mengisi kebutuhan air accu kendaraan sendiri maupun membutuhkan jasa bengkel tertentu. Yuk simak informasi mengenai pengaplikasian air accu yang paling akurat untuk kebutuhan kendaraan Anda!

Baca juga: 7 PERALATAN PENTING UNTUK USAHA CUCI MOBIL DAN MOTOR

Apa Itu Air Accu?

Apa Itu Air Accu?

Aki sendiri adalah komponen penghasil listrik pada kendaraan. Kandungan air accu sendiri telah mengalami proses penyulingan dan demineralisasi sehingga kandungan mineral di dalamnya sudah dihilangkan, maka cocok untuk digunakan untuk menambah volume cairan aki. Air ini mengandung elektrolit berupa asam sulfat punya formula kimia H2S04-. Nantinya asam sulfat merupakan elektrolit kuat yang dapat menyimpan dan menghantarkan arus listrik.

Biasanya produk jenis ini ditandai dengan tutup kemasan berwarna biru, sedangkan air accu dengan tutup merah disebut dengan Aki zuur.  Air accu dengan kemasan biru ini tidak berbahaya jika terkena tangan, tetapi disarankan untuk tidak menambahkan aki dengan air accu melebihi batas lower level. Penggunaan aki sangat penting untuk kendaraan karena jika menggunakan air biasa dengan kandungan mineral logam yang tinggi bisa merusak sel aki karena bersifat korosif. Jadi, tidak disarankan juga untuk menambah volume cairan aki menggunakan air mineral yang beredar di pasaran.

Accu kering VS Accu Basah

Accu Kering

Aki kering merupakan jenis aki yang memakai gel sebagai perendam sel-sel akinya. Gel pada aki kering mengandung cairan berupa air aki yang tidak mudah menguap.

Karena tidak mudah menguap, air aki pada gel tersebut jadi tergolong tahan lama. Jenis aki ini tidak perlu mendapatkan perawatan yang terlalu rutin. Maka tak heran, bila aki ini juga lazim disebut maintenance free battery. Walau tidak ribet soal perawatan, jenis aki satu ini tergolong mahal di pasaran.

Accu Basah

Jenis aki ini memakai cairan elektrolit sebagai perendam sel-sel akinya. Tak seperti gel pada aki kering, cairan pada aki basah relatif lebih mudah menguap. Bila memakai jenis aki ini, Anda harus rutin memeriksa cairan akinya, terutama jika mulai menguap.

Pastikan ketinggian airnya tidak menurun secara drastis. Ketinggian air yang menurun drastis bakal membuat sel aki juga ikut menguap. Aki basah harus dirawat secara rutin. Paling tidak dua bulan sekali. 

Tips Membeli Air Accu

tips membeli air accu

 

Ketika Anda memiliki kendaraan pribadi pemeliharaan accu sangatlah penting dilakukan untuk menjaga keutuhan elemen kendaraan tetap berfungsi dengan baik. Biasanya komponen ini memiliki masa pakai dalam hitungan tahunan, lalu ketika penggunaan sudah lemah harus diganti dengan yang baru.

Harganya memang tidak terlalu mahal namun akan lebih baik jika produk dapat Anda jaga dengan baik supaya tidak membuang biaya pengeluaran terlalu besar. Terlebih jenis accu mana yang akan Anda beli, pastikan produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik. 

1. Pilih Merk Accu yang Terjamin

Supaya bisa mendapatkannya anda bisa memiliki merk accu yang terjamin terlebih dahulu, lakukan riset merek melalui pencarian internet atau sekedar bertanya pengalaman pada pemakaian kendaraan yang sejenis. Cukup banyak merk yang beredar dipasaran tentunya dengan harga yang bervariasi. Anda harus cermat dalam memilih produk supaya tidak mengalami kerugian.

2. Jangan Membeli Produk Accu Bekas

Sudah menjadi hal umum untuk tidak membeli produk bekas terlebih lagi accu. Jenis aki ini biasanya telah direkondisi kembali hingga seperti baru . Anda dapat mencari tahu dari faktor fisik aki untuk mengetahui produk accu baru ataupun bekas  full terminal, covernya yang mulai melengkung, tampilan warnanya beda sedikit pudar.

3. Temukan Produk Accu Terpercaya

Ketika Anda telah mendapatkan jenis accu yang ingin Anda gunakan, tahap selanjutnya yaitu mendapatkan produk dari distributor yang berkualitas. Cukup banyak distributor yang menawarkan kualitas aki dan air accu Surabaya akan tetapi hanya beberapa distributor yang menawarkan harga murah dan produk terbaik pada pelaku bisnis seperti bengkel.

Cara Mengisi Air Accu yang Kendaraan yang Benar

Akan ada masanya dimana air aki mobil harus ditambahkan. Kebutuhan mobil terkait konsumsi aki harus diperhatikan agar tahu dimana kondisi yang tepat ketika harus menambahkan air aki. Berikut dibawah ini tahapan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi air accu pada kendaraan yaitu:

  • Siapkan peralatan pengisian air accu terlebih dahulu
  • Pastikan sistem kelistrikan dalam kendaraan berfungsi dengan baik
  • Buka penutup sel aki
  • Cek kapasitas air aki, Anda bisa memeriksa terlebih dahulu volume air aki yang ada pada bagian luar kemasan aki atau di bagian dalam aki
  • Isi air aki dengan hati-hati, pastikan air aki diisi sesuai volumenya, jadi salah satu perawatan rutin agar umur pakai part tersebut lebih lama. Air aki sesuai dengan volume maksudnya adalah nggak kurang dari batas bawah (lower) dan jangan sampai lebih dari batas atas (upper), saat lakukan isi ulang.
  • Tutup kembali sel aki
  • Starter mesin dan diamkan sejenak 2-3 menit

Baca juga: TIPS SEMIR BAN YANG AMAN DAN KINCLONG

Hindari pemakaian air aki mobil zuur sebagai isian bila volume aki mulai berkurang. Hal ini hanya akan menyebabkan sel-sel dalam aki mengalami kerusakan dan aki tidak akan bertahan lama. Jadi, sangat tidak disarankan menggunakan aki zuur untuk mengisi volume air yang mulai berkurang. Sebaiknya, gunakan aki biru untuk mengisi volume aki bila dirasa mulai berkurang.

Distributor Penyedia Air Accu Berkualitas

Silakan temukan penyedia air accu Surabaya berkualitas pada Pegasus Hikari Indonesia. Perusahaan ini sudah terkenal akan kredibilitas dan kualitas penjualan perlengkapan perbengkelan. Lakukan konsultasi kebutuhan produk Anda pada perusahaan ini untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks