Indonetwork, Bahan Kimia – Karbon dioksida (CO2) adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Kita tidak hanya mengeluarkannya dari paru-paru saat kita menghembuskan napas, tetapi kita juga mengkonsumsi banyak produk dan melakukan banyak aktivitas yang bergantung pada gas ini. Distributor gas CO2 menyediakannya dalam tabung dan digunakan dalam berbagai aplikasi di sejumlah besar industri yang berbeda sehingga menjadikan karbon dioksida sebagai salah satu gas yang penting.

CO2 adalah jenis gas yang tidak berwarna dan tidak berbau yang diproduksi secara alami. Ada banyak cara untuk memproduksinya selain dengan bernapas seperti dengan pembusukan alami, pelapukan, pembakaran bahan bakar fosil. Sering kali, karbon dioksida dipandang buruk, namun sebenarnya sangat membantu bagi kehidupan manusia dan lingkungan sebagaimana di bawah ini.

Kegunaan Gas CO2

1. Minuman Berkarbonasi

Gelembung dan desis yang Anda temukan dalam minuman tertentu berasal dari penambahan tekanan tinggi karbon dioksida ke air saat minuman dibuat dan dikemas. Desis yang sangat Anda nikmati berasal dari pelepasan gelembung CO2 saat minuman dibuka atau dituang. Berbeda dengan bir dan anggur bersoda, karbonasi yang dihasilkan kedua minuman tersebut berasal dari fermentasi alami.

Kegunaan Karbon Dioksida
Sumber: Pixabay.com

2. Pemadam Api

Gas CO2 juga sering digunakan untuk memadamkan api. Karena ruang di sekitar api diisi dengan gas, nyala api kekurangan oksigen dan padam. Alat pemadam yang bekerja dengan karbon dioksida sangat baik untuk cairan yang mudah terbakar dan kebakaran listrik.

Distributor Gas CO2
Sumber: Pixabay.com

3. Industri Hiburan

Gas CO2 terutama digunakan dalam berbagai bentuk hiburan. Asap dan kabut teatrikal digunakan dalam film, konser, taman hiburan, pertunjukan khusus, dan bahkan pesta untuk menciptakan efek khusus. Misalnya, kabut yang terbang rendah di atmosfer dapat membantu menyesuaikan adegan dan suasana pesta, pertunjukan teater, atau adegan film. Dalam sebuah konser, laser dapat terlihat menembak di udara karena mereka mengenai asap dan memantulkannya dalam gelap.

Kegunaan Karbon Dioksida
Sumber: Pixabay.com

4. Mengobati Apnea

Karbon dioksida sering digunakan sebagai aditif oksigen (hingga 5%) sebagai stimulan pernapasan, terutama bagi orang-orang dengan masalah apnea. Gas ini membantu menstabilkan keseimbangan oksigen dan CO2 dalam darah. Gas ini juga berguna untuk penelitian medis, terutama bila dikombinasikan dengan oksigen hingga 50% (membentuk zat yang dikenal sebagai karbogen).

5. Membantu Lingkungan

Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, CO2 juga dapat digunakan untuk menggantikan alternatif yang kurang ramah lingkungan, seperti dalam aerosol. Dalam hal ini, gas digunakan sebagai propelan. Selain itu, banyak orang menggunakan pelet es kering untuk menggantikan sandblasting saat menghilangkan cat dari benda dan permukaan, karena dapat membantu mengurangi atau menghilangkan residu dengan cara yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: MENGENAL GAS ARGON DAN MANFAATNYA

6. Glass Frosting

Penggunaan lain karbon dioksida adalah untuk frosting gelas! Daripada menempatkan gelas di lemari es untuk membuatnya (dan minuman Anda) dingin, gas CO2 bisa menjadi solusinya. Hal ini juga cocok untuk bisnis sehingga konsumen atau customer Anda tidak perlu menunggu lama agar minuman mereka dingin. Perangkat glass frosting terhubung ke tabung atau botol gas karbon dioksida untuk mendinginkan gelas Anda dalam beberapa detik.

7. Kolam Renang

Percaya atau tidak, gas ini juga bisa Anda temukan di kolam renang. Karbon dioksida digunakan sebagai cara untuk mengontrol tingkat pH air, sehingga ditambahkan untuk menjaga agar tingkat pH tersebut tidak naik. Baik itu kolam renang pribadi atau komunal, tidak akan sama tanpa CO2 di sana, karena gas ini berperan penting sehingga memungkinkan orang-orang berenang dengan aman.

8. Makanan

Karbon dioksida juga dapat menjadi bagian dari makanan, tidak hanya di sisi produksi makanan. CO2 digunakan sebagai aditif makanan dan pengatur keasaman, terutama di Uni Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Gas ini juga biasa ditemukan pada makanan yang menggunakan bahan pengembang, seperti ragi roti. Baking powder dan soda keduanya juga melepaskan gas ini saat dipanaskan atau terkena asam. Seiring berkembangnya teknologi, akan ada lebih banyak cara untuk menemukan apa lagi yang bisa dilakukan karbon dioksida.

Baca Juga: PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI TABUNG PEMADAM KEBAKARAN!

Karbon dioksida digunakan dalam beragam industri, karena merupakan gas yang sangat serbaguna yang dapat diterapkan pada situasi yang berbeda. Terlepas dari aplikasi yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menemukan gas CO2 di industri minyak, sektor pertanian, dan lain-lain.

Keamanan Gas CO2

Selama Anda mengikuti peraturan yang distributor gas CO2 sarankan, karbon dioksida pasti aman. Jika Anda menggunakan CO2 di fasilitas Anda, sangat penting untuk memantau tingkat CO2 di semua area tertutup. Jika gas CO2 mendapat terlalu banyak tekanan maka dapat dengan mudah menyebabkan penyakit atau kantuk. Dalam beberapa kasus ekstrim, dapat menyebabkan kekurangan oksigen, kerusakan otak, atau bahkan kematian.

Distributor Gas CO2

PT. Cakrabuana Langgeng Sukses merupakan distributor gas CO2 (Karbon Dioksida) dengan kualitas tinggi. Gas Karbondioksida merupakan gas dalam bentuk cair bersifat diatomic dan bersuhu sangat rendah dengan titik didih −195,79 °C. Gas CO2 yang disediakan oleh perusahaan ini selalu tertutup rapat, terhindar dari benturan, goncangan, apalagi terjatuh, telah dikemas dalam tabung atau botol baja bertekanan tinggi, disimpan di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik, jauh dari benda – benda yang bersifat korosif, serta tersedia alat pelindung pemanasan di sekitarnya. Sebagai pemasok gas dalam kemasan, perusahaan tersebut juga menyediakan produk lainnya seperti gas nitrogen dan gas argon dengan harga yang sangat terjangkau.


Author

%d bloggers like this: