Indonetwork, Konsultan dan LayananMengenal lebih dekat penerjemah tersumpah dan beberapa tugasnya. Saat ini mulai bermunculan para pebisnis maupun profesi di bidang ini. Hal ini sejalan dengan perkembangan beragam industri di Indonesia. Terutama di bidang ekonomi, pariwisata, hingga kreatif.

Perkembangan ini membuat bermunculan beragam kerja sama dari berbagai pihak asing. Dalam perjanjian kerja sama ini tentu harus ada beragam dokumen penting yang terlampir. Tak jarang dokumen asing tersebut harus disalin menjadi bahasa setempat. Hal ini berguna agar kedua pihak saling memahami, terbuka, dan transparan memahami setiap poin dokumen kerja sama.

Kebutuhan inilah yang membuat baik perusahaan maupun individu akhirnya membutuhkan para penerjemah tersumpah untuk melakukan alih bahasa ke bahasa Indonesia maupun bahasa asing tertentu.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman Via Kereta Api Unggulan

Apa itu Penerjemah Tersumpah

mengenal lebih dekat penerjemah tersumpah

Mengapa harus penerjemah tersumpah? Alasan ini tentu mendasari tentang bagaimana pentingnya sebuah dokumen yang dikerjakan. Penerjemah tersumpah bukanlah penerjemah yang hanya mengalihkan bahasa. Namun mereka juga diwajibkan memiliki tanggung jawab besar dalam mengemban tugasnya.

Sehingga penerjemah tersumpah adalah mereka yang sudah berpengalaman di dunia penerjemahan dan telah mengikuti serangkaian tes kualifikasi penerjemah dengan kriteria minimum angka 80. Penerjemah tersumpah juga harus memiliki sertifikat resmi yang diterbitkan oleh HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia).

Di Indonesia sendiri untuk menjadi penerjemah tersumpah harus melalui proses pengukuhan. Seorang penerjemah harus diambil sumpahnya di hadapan Gubernur DKI Jakarta atau pejabat yang ditunjuknya. Pengukuhan ini juga berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta.

Lantas apa perbedaan penerjemah tersumpah dengan penerjemah biasa? Seperti yang disinggung pada ulasan sebelumnya. Penerjemah tersumpah harus memiliki kualifikasi dengan kriteria minimum angka 80. Selain itu hasil penerjemah tersumpah bersifat legal, akurat, dan sama dengan dokumen asli.

Sasaran terjemahan seorang penerjemah tersumpah biasanya akan mengerjakan beragam proyek yang berhubungan dengan kedutaan besar, atau pada legalitas dokumen perusahaan luar negeri.

Sedangkan penerjemah umum cukup mengartikan saja tanpa perlu memiliki sertifikasi khusus. Beberapa pekerjaannya biasanya tidak berhubungan dengan legalitas. Contoh saja penerjemahan pada film, atau beberapa produk tertentu.

Baca Juga: 3 Bahasa yang Wajib Dikuasai dan Tips Belajar

Tugas-tugas Penerjemah Tersumpah

jasa penerjemah tersumpah
Sumber: Pixabay

Berikut ini beberapa tugas dan kewajiban yang harus diemban seorang penerjemah tersumpah:

  • Melakukan terjemahan pada dokumen-dokumen legal, seperti Akta Pendirian, Akta PKPS, SIUP, pajak, profil usaha, ijazah, dan lain sebagainya
  • Memastikan hasil terjemahan baik dan akurat
  • Mampu memahami isyarat budaya dan selalu update pada perkembangan zaman
  • Membuat salinan resmi atau cetakan dokumen yang diiterjemahkan
  • Menerjemahkan hukum dan perjanjian internasional

Kapan Harus Menggunakan Penerjemah Tersumpah?

Kapan Anda harus menggunakan jasa penerjemah tersumpah? Tentu saat perusahaan perlu menerjemahkaan dokumen legal yang harus diserahkan kepada otoritas atau negara tempat tinggal atau negara lain.

Melalui penerjemahan tersumpah dokumen legal yang berkaitan dengan hukum akan lebih akurat. Biasanya hasil terjemahan ini juga harus ditandatangani dan dicap oleh penerjeah tersumpah.

Kenapa Menggunakan Penerjemahan Tersumpah Penting?

Menggunakan jasa penerjemah tersumpah penting karena biasanya para penerjemah ini memiliki otorisasi khusus menerjemahkan dokumen resmi. Artinya hasil terjemahan tersumpah adalah memiliki nilai kekuatan hukum yang sama.

Biaya Penerjemah Tersumpah

Di Indonesia jasa penerjemah tersumpah beragam. Mereka tentu memiliki keunggulan dan beragam penawaran berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pelanggan. Biaya jasa penerjemah tersumpah juga biasanya disesuaikan dengan fitur atau tambahan yuang dibutuhkan pengguna.

Namun dilansir di beberapa situs penerjemah tersumpah di Jakarta atau Indonesia, biaya penerjemahan umumnya berkisar mulai dari Rp 60.000  per lembar. Hal ini juga tergantung pada pilihan bahasa dan kesulitan dokumen yang diterjemahkan.

Umumnya biaya penerjemah tersumpah dengan bahasa Inggris berkisar Rp 60.000 hingga 100.000 per lembar, bahasa Korea Rp 200.000, bahasa  Jepang Rp 300.000 , dan masih banyak lainnya.

Rekomendasi Jasa Penerjemah Tersumpah

mengenal lebih dekat penerjemah tersumpah

Bagi Anda yang sedang mencari jasa penerjemah tersumpah dan akurat  tak perlu bingung. Ada Solusindo Karya Nusa yang merupakan jasa penerjemah tersumpah Jakarta sejak 2012. Solusindo Karya Nusa memberikan layanan terbaik serta menjamin hasil penerjemahan yang dilakukan akurat dan sesuai bidang serta term yang dipakaii pada masing-masing kategori.

Solusindo Karya Nusa menyediakan beberapa layanan, seperti:

  • Penerjemahan dokumen
  • Jasa penerjemah lisan/interpreter yaitu layanan penerjemah yang bertatap muka secara langsung
  • Jasa legalisasi dokumen notaris, kemenkumham, kemenlu, dan lain sebagainya

Mengenal lebih dekat jasa penerjemah tersumpah Solusindo Karya Nusa?

Jasa penerjemah tersumpah Solusindo Karya Nusa telah berpengalaman lebih dari sembilan tahun dengan puluhan ribu pengguna jasa. Hasil terjemahan cepat, rapi, tepat, akurat, dan tentu bergaransi.

Dengan garansi tersebut, terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan:

  • Pengguna jasa mendapatkan jaminan bahwa terjemahan benar secara pengetikan dan juga tata bahasa
  • Pengguna jasa mendapatkan jaminan bahwa terjemahan tepat sesuai dengan yang dingiinkan
  • Bila ada beberapa hal yang ingin diperbaiki, Solusindo karya nusa menyediakan waktu perbaikan dan tentunya tanpa biaya tambahan

Beberapa layanan bahasa  jasa penerjemah tersumpah Solusindo Karya Nusa meliputi:

  • Inggris
  • Jepang
  • Arab
  • Mandarin
  • Penerjemahan dokumen kantor
  • Penerjemahan dokumen perpajakan
  • Jasa legalisasi notaris
  • Jasa penerjemahan dokumen akta kelahiran

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Pasang Camera CCTV

Solusindo Karya Nusa tak hanya menyediakan jasa penerjemah tersumpah. Namun pengguna juga bisa memilih jasa penerjemah dokumen biasa (reguler). Jasa penerjemahan dokumen biasa biasanya mengolah data yang tidak terkait hukum dan legalitas. Ciri dari penerjemahan dokumen biasa adalah hasil terjemahan tidak memiliki cap atau tanda tangan orang yang mencapnya.

Itulah ulasan mengenai mengenal lebih dekat penerjemah tersumpah. Lantas Bagaimana cara pesan jasa penerjemah tersumpah di Solusindo Karya Nusa? Anda dapat menuju situs resminya di sini.

Editor: Nafila Chaerunnisa

Author

Enable Notifications OK No thanks