Indonetwork, Tips & Trik Dengan adanya perkembangan era teknologi dan digitalisasi, beberapa perusahaan maupun instansi turut serta didalam pengembangan penerjemah dokumen. Hal ini untuk lebih memudahkan dan menyederhanakan para pembaca atau konsumen untuk mengakses informasi penerjemahan. Caranya yaitu dengan menyediakan beberapa jasa penerjemah online ataupun offline dengan bahasa penerjemah sesuai permintaan yang tepat sasaran, terpercaya, dan akurat.

Proses penerjemahan dokumen itu sendiri, nantinya juga harus sesuai dengan dokumen sumber aslinya. Proses penerjemahan dapat dimasukkan kedalam dua kategori yaitu kategori dokumen formal maupun dokumen informal. Dokumen sumber yang bersifat formal yaitu dokumen-dokumen penting yang harus mendapatkan legalitas atau stampel hukum dan pemerintahan. Sedangkan dokumen sumber yang bersifat informal terdapat pada beberapa buku, skripsi, ataupun buku bercerita yang biasanya menggunakan bahasa sehari – hari atau tidak baku.

Baca Juga: Pengertian Translator dan Skill yang Harus Dikuasai

Pengertian Penerjemah Dokumen

Terlebih dulu mari bahas mengenai pengertian singkat dari penerjemah dokumen. Penerjemah dokumen itu sendiri adalah suatu kemampuan ataupun jasa yang dapat digunakan untuk menerjemahkan sebuah kalimat atau dokumen sumber, untuk dapat dikelola dan kemudian menjadi sebuah data yang nantinya akan dikategorikan, serta disesuaikan dengan dokumen terkait hukum atau legalitas sebuah dokumen sumber.

Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa, penerjemah dokumen diartikan sebagai suatu proses memindahkan sebuah makna dari suatu bahasa atau dokumen sumber ke bahasa sasaran berdasarkan permintaan. Konteks terjemahan yang berkaitan dengan dua bahasa yaitu bahasa sumber dan bahasa sasaran atau bahasa target. Berikut merupakan beberapa proses atau langkah penerjemahan dokumen yang mudah dan efektif untuk Anda.

Cara Menerjemahkan Dokumen yang mudah

Menafsirkan dan Menganalisis Dokumen Sumber

Pada awalnya sebagai penerjemah, Anda harus memahami teks maupun dokumen sumber yang akan diterjemahkan. Dengan menganalisis dokumen tersebut dengan tepat dan cermat, Anda akan mengetahui informasi terkait jenis dokumen, gaya bahasa, tata bahasa serta manfaat yang didapatkan dari menganalisis dokumen sumber tersebut. Sehingga dokumen sasaran atau hasil penerjemahan memiliki nilai dan pemahaman lebih bernilai dan artikulasi apa yang ingin disampaikan oleh dokumen sumber.

Dengan mengkaji, menafsir, dan menganalisa semua dokumen sumber, Anda juga dapat memperoleh banyak informasi dan gambaran mengenai isi kandungan atau pesan moral dokumen sumber. Kemudian memberi solusi, masukan serta tambahan makna dengan baik mengenai rumusan hasil analisa menjadi dokumen sasaran. Anda dapat melakukan analisa dokumen sumber tersebut dengan berurutan maupun secara bergantian untuk menjadikan teks pada dokumen tidak menjadi rumit dan lebih sederhana.

Memilih Dan Menggunakan Makna Dokumen Yang Sesuai

cara menerjemahkan dokumen dengan mudah
Sumber: Pexels/Polina Zimmerman

Selain bertujuan untuk menemukan padanan suatu dokumen yang sesuai struktur dokumen sasaran, tujuan lain dari menggunakan makna dokumen sumber adalah mampu membawa makna latar belakang budaya pada dokumen dan bahasa sasaran. Anda dapat memilih solusi terbaik apabila menemukan beberapa kesulitan dalam dokumen sumber dengan cara mendalami makna dari sumber terpercaya seperti kamus berbahasa atau mengakses internet.

Menyusun Ulang Teks Dokumen Sesuai Maksud atau makna Dokumen Sumber

Pada langkah ini, Anda dapat mengeksplor atau menuangkan ekspresi yang lebih mendalam dari dokumen sumber kepada dokumen sasaran atau dokumen target. Dengan tujuan untuk mengirim atau memberitahu ulang makna atau pesan moral dari penulis dokumen sumber tanpa mengubah konteks pada dokumen sumber. Karena apabila menggunakan terjemahan yang kurang cocok, Anda harus mengulang kembali menafsir dan menganalisa dokumen sumber dari awal.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Inggris Terbaik dan Terlengkap

Menggunakan Dan Mengikuti Perkembangan Berbahasa

Pada perkembangan penerjemahan dokumen, Anda bukan hanya akan menemui bahasa yang baku atau formal. Namun Anda akan menemui bahasa informal yang umumnya digunakan pada kehidupan sehari-hari bermasyarakat. Karena tidak semua dokumen menggunakan bahasa baku atau formal, sehingga Anda diharuskan up to date serta menguasai dan mengikuti bahasa informal agar memudahkan dalam menerjemahkan dokumen sumber.

Mengunjungi Situs Online Google DOCUMENT

Dengan mengunjungi situs online Google Document, Anda dapat menerjemahkan dokumen dan menyalin hasil terjemahan tersebut menjadi dokumen sasaran atau dokumen target sesuai dengan hasil analisa dokumen sumber yang telah diterjemahkan secara manual. Langkah ini dapat dibilang cukup instan karena hanya dengan satu sentuhan yaitu memilih bahasa sasaran, Anda akan mendapatkan hasil terjemahan yang dapat melengkapi dokumen sumber yang Anda miliki sebelumnya.

Menggunakan Jasa Penerjemah Dokumen Yang Terpercaya

cara menerjemahkan dokumen dengan mudah
Sumber: Pexels/Fauxels

Meskipun sudah berlatih dan tekun dalam menerjemahkan sebuah dokumen sumber, tidak ada salahnya Anda konsultasikan hasil terjemahan Anda kepada para ahli penerjemah yang dapat Anda percaya. Dengan memmercayai dan menemukan jasa penerjemah dokumen yang dapat dipercaya, dapat menjadikan pilihan yang tepat untuk memudahkan Anda menerjemahkan dokumen sumber yang ingin Anda terjemahkan.

Menggunakan jasa penerjemah dokumen sumber, dapat memproses waktu pengerjaan Anda menjadi lebih fleksibel dan membantu Anda dalam menganalisa makna dari dokumen sumber yang Anda miliki.

Baca Juga: 3 Bahasa yang Wajib Dikuasai dan Tips Belajar 

Anda dapat memilih jasa penerjemah dokumen sumber yang handal dan terpercaya kepada jasa penerjemah Solusindo Karya Nusa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan Anda.

Jasa penerjemah dokumen ini terletak pada kota Daerah Khusus Ibukota Jakarta sehingga seluruh wilayah Indonesia. Dan demikianlah langkah-langkah yang dapat kami informasikan untuk memudahkan Anda dalam menerjemahkan dokumen-dokumen formal maupun informal yang Anda miliki.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks