Indonetwork, MakananKacang tanah sering disajikan sebagai cemilan. Selain langsung dimakan tanpa diolah, kacang tanah juga bisa diolah menjadi menu sajian lain yang bisa meningkatkan nafsu makan. Tetapi harus dipastikan juga jika Anda tahu bagaimana cara mengolah kacang tanah supaya mempunyai rasa yang nikmat serta tekstur yang renyah dan gurih.

Selain mempunyai cita rasa yang gurih dan renyah, kacang tanah bisa juga bisa dijadikan sebagai sumber protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Masih ada satu hal lagi, kacang tanah juga mengandung serat dan magnesium yang dapat untuk mencegah berbagai macam penyakit. 

Tips mengolah kacang tanah tidak begitu sulit untuk dilakukan. Tetapi ada tantangannya, yaitu bagaimana membuat kacang tanah yang empuk, renyah, dan tidak gosong agar semakin nikmat. 

Agar Anda bisa mengolah kacang tanah, yuk simak cara mengolah kacang tanah yang benar untuk menjadi sajian yang nikmat!

Cara Mengolah Kacang Tanah yang Benar

mengolah kacang tanah

Cara untuk mengolah kacang tanah memang tidak sulit dilakukan, tetapi Anda harus teliti dan tahu bagaimana triknya terlebih dahulu. Karena jika Anda salah, hasil kacang yang sudah Anda buat akan keras dan gosong dan juga menyebabkan kacang akan menjadi terasa pahit.

Berikut ini adalah cara menggoreng kacang tanah dengan tepat:

1. Pilih Kacang Tanah

Langkah pertama mengolah kacang tanah yang perlu sekali Anda perhatikan yaitu memilih kacang tanah yang bagus ataupun yang tepat. 

Di pasaran biasanya terdapat kacang tanah kupas dan juga ada yang masih berkulit ari. Ada juga yang berukuran besar dan yang kecil atau mungil seperti jenis kacang tanah cirebon. Sebaiknya, pilihlah  jenis kacang tanah dengan ukuran yang sama, baik yang dikupas ataupun berkulit ari.

Kacang tanah yang mempunyai kualitas yang bagus biasanya ditandai dengan kulit ari yang masih melekat dan dengan warna yang terang merata. Jika kacang tanah tersebut dicampuri dengan yang muda dan ukuran tak sama berarti kacang tanah kurang baik untuk kualitasnya.

Baca Juga: Khasiat Kacang Hijau Untuk Kulit Wanita, Bikin Kencang!

2. Rendam Kacang Tanah

Salah satu cara mengolah kacang tanah yang salah adalah kacang tanah langsung digoreng tanpa Anda rendam terlebih dahulu. Maka dari itu, sebaiknya jika ingin mengolah kacang tanah berkulit ari, rendam kacang terlebih dahulu dalam air mendidih dan biarkan beberapa saat sampai kulit arinya melunak. 

Kupaslah kacang tanah dengan menggosok-gosokan kacang tanah hingga seluruh kulit ari terlepas dari kacang. Setelah itu cuci dan tiriskan hingga bersih. Cara ini dapat membuat kacang menjadi empuk dan begitu renyah.

3. Tambahkan Bumbu

Kunci rahasia dari gurihnya kacang tanah terdapat pada bumbunya. Bumbu untuk 1 kg kacang tanah adalah 5 siung bawang putih halus dan satu sendok garam. Setelah itu balurkan bumbu yang sudah Anda haluskan ke dalam wadah yang sudah terdapat kacang tanah dan diamkan kurang lebih selama 1 jam.

4. Goreng Kacang Tanah

Terakhir, cara paling umum mengolah kacang tanah adalah dengan menggorengnya. 

Proses menggoreng kacang tanah sangat penting untuk menentukan hasil akhir dari kacang nantinya. Gorenglah kacang dalam minyak panas dengan takaran yang lumayan banyak dan pastikan kacang direndam oleh minyak atau metode deep fry. Gunakanlah api yang sedang agar kacang tidak mudah gosong dan aduk kacang sesekali agar matangnya merata.

Setelah kacang sudah berubah warna menjadi kekuningan, angkatlah dan segera tiriskan kacang pada minyak. Saat masih terasa hangat, tekstur kacang akan masih terasa agak lunak. Maka diamkan terlebih dahulu hingga kacang benar-benar dingin dan bertekstur renyah.

Baca Juga: Manfaat Biji Wijen Putih Untuk Ibu Hamil, Amankah?


Nah itulah cara bagaimana mengolah kacang tanah yang benar agar nikmat untuk disajikan. 

Tidak hanya digoreng saja, masih banyak lagi sajian yang menggunakan bahan kacang tanah. Contohnya seperti, kue ketan yang isinya terdapat kacang tanah, mochi kacang tanah dengan tekstur kenyal yang terbuat dari tepung ketan, hotteok original dengan isi kacang tanah yang melimpah dan masih banyak lagi sajian makanan yang salah satu bahannya menggunakan kacang tanah.

Rekomendasi Kacang Tanah yang Berkualitas

kacang tanah berkualitas
Sumber: Unsplash

Anda sedang mencari jual kacang tanah Jakarta dengan harga yang murah dan berkualitas? PT. Sumber Roso Agromakmur menjual kacang tanah dengan kualitas yang baik dan harga yang murah.

Memiliki sumber energi yang tinggi, kacang tanah juga kaya akan gizi yang dipercayai dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga tingkat kolesterol dan mengurangi gula darah. PT. Sumber Roso Agromakmur merupakan distributor kacang tanah berbagai varian sesuai kualitas dan ukuran, dapat dibeli dalam kemasan grosir (bulk) dan eceran. Kami juga melayani pembelian and penghantaran dalam dan antar provinsi.

Selain distributor kacang tanah kupas Jakarta kami juga merupakan distributor rempah rempah lain seperti cabai merah kering, kedelai non GMO, dan biji wijen putih. Hubungi kami sekarang juga melalui tombol WhatsApp di bawah untuk informasi harga kacang tanah kering dan dapatkan penawaran menarik.

Penulis: Najmia Chaerunnisa

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks