Dewasa ini kita melihat begitu banyak versi kain atau busana yang ada di pasaran, semua busana terlihat rapih, kain kain yang begitu menarik dengan layout yang sangat baik serta element yang juga terlihat sempurna, semua itu melewati proses proses yang ada, seperti pemotongan kain, perendaman, bahkan penjaitan hingga menjadi suatu pakaian yang dapat kita gunakan sehari hari dan yang berperan dalam baiknya produk tersebut tidak lain adalah mesin pemotong kain.

Namun di balik itu semua apakah kita sudah mengetahui alat alat yang di gunakan dalam memproses suatu kain, seperti pemotong, alat jahit, alat untuk merapikan, tentu saja kita belum mengetahui nya, dalam artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai alat2 untuk pemprosesan kain menjadi sebuah pakaian, pada artikel kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai, alat pemotong kain, memanglah sederhana kelihatan nya, namun pemotong ini memiliki beberapa jenis versi yang berbeda, mari kita bahas pada artikel kali ini.

Sudah hampir di semua pabrik sudah menggunakan mesin pemotong sebagai alat dalam membantu para karyawan agar lebih efektif dalam bekerja, mesin pemotong memiliki beberapa jenis yang telah banyak  di pasaran, dan memiliki harga yang variatif tergantung dari jenis nya, semakin mahal mesin maka semakin bagus juga hasil pekerjaan nya, efektifitas mesin pemotong dalam memotong tidak perlu di ragukan lagi.

Berikut adalah beberapa jenis pemotong kain yang banyak digunakan oleh pabrikan garment di seluruh dunia :

  1. Mesin Pemotong Straight Cutter

    Alat ini merupakan alat pemotong kain yang memiliki mata pisau dengan bentuk filling iron plate, dengan diameter masing masing 5 cm sd 10 cm , tipe ini adalah tipe yang paling banyak di gunakan, pada versi ini cara kerjanya adalah dengan pergerakan naik turun versi ini dapat memotong kain/ busana dengan sempurna.

  2.  Mesin Pemotong Rottary Cutter

    Pada versi ini kita dikenalkan dengan mata pisau berjenis piringan yang bundar, piringan berfungsi sebagai pisau pemotong pada rotary cutter, diameternya sendiri adalah 1,5 Inch sd 10 inch, dengan versi piringan seperti ini, kain yang di potong menjadi lebih rapih dan lebih akurat.

  3. mesin pemotong Band Knife

    Pada band knife, mata pisaunya adalah berbentuk pipih dan menyambung, dengan mata pisau yang sangat tajam ini, membuat band knife menjadi salah satu alat potong yang paling sering di gunakan karna ketajaman dari mata pisau nya, mata pisau ini memiliki pengontrol, yaitu roda agar dapat menjaga kualitas mata pisau .

  4. Die Cutting Press

    Pada mesin ini memiliki penggerak hidrolik, mesin ini pun mempunyai keistimewaan pada pola potong nya, karena mesin ini sejatinya ditujukan untuk pemotongan bagian tertentu yang memiliki ketelitian tinggi dalam pengerjaan nya, seperti pada bagian kerah, bagian kantong dan lain nya.

  5. Laser Cutting

    Pada laser ini adalah yang paling berbeda, pada mesin ini tidak menggunakan mata pisau, melainkan menggunakan sinar laser yang memancar langsung untuk memotong, dengan diameter 0,1 mm, sehingga bisa menghasilkan potongan yang sangat akurat.

Jenis jenis diatas adalah jenis jenis pemotong kain yang beredar dan banyak di gunakan pada industri textil di indonesia, sebagai pelaku industri garment tentunya kita harus tahu jenis jenis pemotong yang kita butuhkan, agar lebih efisien dan dapat memotong ongkos operasional.

selain memudahkan para pekerja industri Garment, mesin pemotong juga memilki kelebihan bagi jumlah prduksi, karna penggunaan mesin pemotong membuat jumlah produksi meningkat karna efisiensi waktu produksi.


Enable Notifications    OK No thanks