Indonetwork, Fashion – Baju muslim pria menjadi salah satu pilihan model banyak pengguna ketika merayakan Idul Fitri. Baju muslim menjadi andalan pilihan sebagian masyarakat karena bahan-bahan yang digunakan seringkali nyaman dipakai di berbagai cuaca. Selain itu busana ini cocok untuk kegiatan beribadah maupun sosial.

Dari segi model, baju muslim pria juga memiliki gaya dan bervariasi. Hal ini dapat dipilih sebagian pengguna untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tema Idul Fitri masing-masing keluarga. Nah bagi Anda yang sedang mencari beragam model terbaru dan tren saat ini, selengkapnya berikut ini rekomendasi baju muslim pria terbaru untuk Idul Fitri 2024.

1. Baju koko motif

Baju koko motif
Sumber: Zalora Indonesia

Baju koko dengan motif seperti batik, garis, atau kotak-kotak sedang tren saat ini. Kombinasi motif tradisional dengan desain koko memberikan nuansa modern dan elegan pada busana muslim pria.

Popularitas baju koko motif ini sebenarnya tidak hanya terlihat saat Idul Fitri, tetapi juga menjadi pilihan populer untuk acara-acara formal atau santai lainnya. Kehadirannya tidak hanya memenuhi kebutuhan fashion. Namun juga menunjukkan kebanggaan akan warisan budaya lokal dalam busana muslim, sementara tetap memperhatikan aspek kepatuhan agama dan kenyamanan pengguna.

2. Kurta

Kurta
Sumber: Pinterest

Kurta busana muslim pria memiliki potongan longgar dengan lengan panjang dan biasanya terbuat dari bahan ringan seperti katun atau linen, sehingga cocok dipakai dalam cuaca panas.

Modelnya sering memiliki kerah sederhana dan tidak memiliki potongan-potongan yang rumit, menjadikannya pilihan yang nyaman dan sesuai dengan prinsip-prinsip berpakaian dalam Islam. Kurta busana muslim pria sering dipakai dalam berbagai acara, termasuk ibadah di masjid, acara keluarga, atau perayaan agama seperti Idul Fitri.

Baca Juga: 5 Jenis Busana Muslim Pria

3. Gamis Pria

Gamis Pria
Sumber: Zalora Indonesia

Gamis biasanya terdiri dari satu setelan yang terdiri dari atasan yang panjang dengan potongan longgar dan celana yang longgar juga, seringkali mencapai mata kaki.

Umumnya pakaian ini terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman seperti katun, linen, atau serat alami lainnya, membuatnya cocok untuk dipakai dalam cuaca panas. Atasan gamis biasanya memiliki kerah sederhana atau kerah berdiri, seringkali tanpa kancing, dan kadang-kadang dihiasi dengan bordir atau detail dekoratif lainnya.

4. Baju Muslim Pria Panjang

Baju muslim pria panjang
Sumber: Zalora Indonesia

Baju Muslim pria panjang adalah jenis pakaian yang khas dalam fashion Muslim untuk pria. Pakaian ini sering kali terdiri dari atasan yang longgar dan panjang, yang bisa berupa kemeja atau tunik, serta celana panjang yang longgar.

Busana ini umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman, seperti katun atau linen, yang cocok dipakai dalam berbagai kesempatan sepanjang tahun.

Atasan panjangnya sering memiliki potongan yang longgar dan lebar. Seringkali mencapai di bawah pinggang atau bahkan hingga di bawah lutut. Sementara celana panjangnya sering berpotongan lurus atau sedikit longgar untuk kenyamanan maksimal.

5. Baju Muslim Pria Bordir

Baju muslim pria bordir
Sumber: Benhill Official Store

Baju Muslim pria bordir adalah jenis pakaian dalam fashion Muslim untuk pria yang dihiasi dengan bordiran. Bordiran bisa ditemukan pada berbagai bagian baju, seperti kerah, dada, lengan, atau bagian belakang, menambahkan sentuhan artistik dan detail yang menarik pada busana.

Biasanya, bordiran pada baju Muslim pria mencakup motif-motif geometris, flora, atau kaligrafi Arab yang indah. Bahan yang umum digunakan untuk baju Muslim pria bordir adalah katun, linen, atau sutra, yang memberikan tekstur yang bagus dan nyaman dipakai.

Tips Pilih Bahan Baju Muslim Pria yang Nyaman

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bahan yang tepat:

1. Pilih Bahan yang Ringan dan Bernapas

Bahan-bahan seperti katun, linen, atau serat alami lainnya sangat direkomendasikan karena mereka ringan, bernapas, dan dapat menyerap keringat dengan baik, menjaga tubuh tetap sejuk dan kering.

2. Perhatikan Kualitas Bahan

Pastikan untuk memilih bahan yang berkualitas baik. Bahan yang berkualitas akan terasa lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, mereka juga akan lebih tahan lama dan tetap nyaman bahkan setelah sering dicuci.

3. Hindari Bahan yang Terlalu Tebal atau Berat

Bahan-bahan yang terlalu tebal atau berat mungkin terasa tidak nyaman terutama dalam cuaca panas. Pilihlah bahan yang ringan namun tetap memberikan penutupan yang memadai.

Baca Juga: 10 Jenis Sablon Terbaik untuk Kaos

Ada berbagai jenis dan model baju muslim pria, mulai dari baju koko pendek motif, baju kurta, baju koko panjang, hingga baju muslim pria bordir. Sebelum membelinya, pastikan untuk memperhatikan kualitas bahannya, ya.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Author

Enable Notifications OK No thanks