Indonetwork, Fashion – Gaya jilbab untuk Lebaran bisa mencakup berbagai pilihan sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi masing-masing individu. Umumnya banyak masyarakat yang memilih gaya jilbab tertentu, seperti modern, trendi, bermotif, atau jilbab lebar.

Nah inspirasi gaya jilbab ini bisa ini bisa dicari di berbagai platform media sosial maupun berbagai kreator konten tertentu. Namun berikut ini kami mengulas beberapa inspirasi gaya jilbab lebaran yang modern dan terbaru.

Baca Juga: 3 Jenis Busana Muslim Pria Populer di Indonesia

1. Jilbab Pashmina

Pashmina
Sumber: Amazon.com

Pashmina merupakan jenis kain yang lebar dan panjang, biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman seperti katun, rayon, atau chiffon. Jilbab pashmina memiliki bentuk yang longgar dan fleksibel, memungkinkan pengguna untuk mengatur jilbab sesuai dengan gaya dan keinginan mereka.

Biasanya, jilbab pashmina digunakan dengan cara dililitkan di sekitar kepala dan leher dengan berbagai teknik draping atau folding yang kreatif. Ini memberikan kemungkinan variasi gaya yang banyak, sehingga pengguna dapat menciptakan tampilan yang berbeda-beda setiap kali mereka mengenakan jilbab pashmina.

2. Jilbab Segiempat Modern

Jilbab segiempat modern
Sumber: Freepik

Jilbab segi empat modern adalah varian yang diperbarui dari jilbab tradisional segi empat. Model segi empat biasanta terbuat dari berbagai jenis bahan dengan tekstur yang berbeda-beda, seperti katun, sifon, atau satin. Penggunaan tekstur yang unik dapat menambah dimensi visual pada jilbab dan membuatnya lebih menarik.

Meskipun memiliki sentuhan modern, jilbab segi empat modern tetap mempertahankan fleksibilitas dan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari. Ini cocok dipakai dalam berbagai kesempatan, mulai dari aktivitas sehari-hari hingga acara formal.

Baca Juga: 7 Model Sandal Pria Kekinian untuk Santai hingga Formal

3. Jilbab Instan

Jilbab instan
Sumber: Hijup

Jilbab instan adalah jenis jilbab yang dirancang untuk dipakai dengan mudah dan cepat, tanpa perlu melilit atau mengatur kain jilbab secara manual. Jilbab ini biasanya sudah dijahit sedemikian rupa sehingga bentuknya sudah terbentuk sesuai dengan model yang diinginkan.

Sehingga cukup dengan memakainya langsung ke kepala dan mengatur sedikit bagian yang diperlukan, maka jilbab pun sudah siap dipakai.

Jilbab ini biasanya memiliki bentuk yang melingkar di bagian wajah dan leher, dan beberapa model juga dilengkapi dengan penutup dagu atau penutup leher tambahan. Ini tersedia dalam berbagai gaya dan desain, termasuk polos, motif, atau dengan tambahan aksen seperti ruffle, pita, atau renda.

4. Jilbab Bergo

Bergo
Sumber: Zalora Indonesia

Jilbab bergo adalah salah satu jenis jilbab yang dirancang untuk memberikan penutupan yang lebih lengkap kepada wanita Muslim. Ciri khas dari jilbab bergo adalah penutupan wajah yang menyeluruh, termasuk menutupi bagian wajah hingga dada.

Jilbab bergo sering dipilih oleh wanita Muslim yang menginginkan penampilan yang lebih tertutup sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya Islam.

5. Jilbab Khimar

Khimar
Sumber: Amazon.com

Jilbab khimar adalah salah satu jenis jilbab dalam busana Muslim yang populer di kalangan wanita. Khimar merupakan jenis jilbab yang menutupi kepala, leher, dan dada, dengan bagian belakangnya yang biasanya lebih panjang daripada bagian depannya. Ciri khas utama dari jilbab khimar adalah bentuknya yang longgar dan menyelimuti tubuh, memberikan penutupan yang lebih luas dibandingkan dengan jilbab biasa.

Jilbab khimar biasanya terbuat dari bahan yang ringan dan bernapas seperti katun atau chiffon, sehingga nyaman dipakai sehari-hari, terutama dalam cuaca yang hangat. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan desain, serta sering kali dihiasi dengan aksen atau detail-dekoratif seperti bordir, lace, atau pita untuk memberikan sentuhan tambahan pada penampilan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Dress Wanita Terbaru di 2024

Tips Menyetrika Jilbab

  • Gunakan pengaturan panas yang sesuai dengan jenis bahan jilbab.
  • Setrika jilbab saat masih sedikit lembab agar lebih mudah dilicinkan.
  • Gunakan alas kain tipis saat menyetrika jilbab berbahan satin atau sutra untuk menghindari kerusakan.
  • Hindari menyetrika jilbab dengan terlalu panas karena dapat merusak bahan jilbab.

Selain itu pilihlah jilbab yang terbuat dari bahan yang licin dan halus, seperti satin atau chiffon. Bahan-bahan ini cenderung lebih mudah untuk tetap licin daripada bahan yang kasar atau berbulu.

Jika perlu kenakan inner atau ciput di bawah jilbab Anda. Inner atau ciput yang terbuat dari bahan yang halus dan licin. Ini akan membantu mengurangi gesekan antara jilbab dan rambut, sehingga mencegah jilbab menjadi kusut atau bergeser dari tempatnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Batik Wanita Agar Tampil Lebih Menarik

Ada berbagai model jilbab modern kekinian untuk dipakai sehari-hari, mulai dari pashmina, segiempat modern, instan, bergo, dan khimar. Setiap model jilbab menawarkan kenyamanan dan keindahan tersendiri ketika digunakan pada momen yang tepat.


Indonetwork.co.id merupakan pioner marketplace B2B yang berdiri sejak 2001. Memiliki lebih dari 8.000 kategori barang dan ada lebih dari 1 juta pelaku bisnis yang menjadi penjual di Indonetwork.co.id.

Indonetwork tidak hanya membantu menghubungkan para pelaku bisnis, sebagai penyedia produk, dengan pelanggan, melainkan juga turut membuatkan website yang otomatis menjadi toko online sendiri milik pelaku bisnis.

Daftarkan bisnis Anda sekarang sebagai Member Indonetwork, dapatkan lebih banyak customer dan penjualan.

Author

Enable Notifications OK No thanks