Indonetwork, Otomotif – Mesin diesel sangat penting untuk memberi daya pada kapal komersial dan pribadi saat berada di atas air. Saat Anda melengkapi kapal Anda dengan mesin, penting bagi Anda untuk memilih mesin diesel perahu kapal yang tepat. Dengan memilih mesin diesel yang tepat untuk kapal Anda, Anda bisa mendapatkan performa terbaik dari kapal Anda dan membantunya mencapai kecepatan tertinggi. Salah satu mesin yang banyak di pasarkan di Indonesia adalah mesin diesel Shanghai Nantong. Namun, untuk memilih mesin diesel perahu kapal terbaik, pelajari terlebih dahulu tentang jenis mesin perahu dan berapa banyak tenaga kuda yang dibutuhkan perahu Anda. Anda mungkin juga ingin tahu lebih banyak tentang memilih ukuran mesin yang tepat.

Jenis-jenis Mesin Diesel Perahu Kapal

Beberapa mesin perahu dan sistem propulsi yang berbeda tersedia bagi pelanggan untuk dipilih. Saat Anda memilih mesin, Anda harus mengetahui jenis utama mesin perahu dan sistem propulsi yang dapat Anda pilih. Berikut ini adalah bebrapa jenis mesin perahu yang banyak digunakan:

1. Mesin tempel

Mesin tempel ditempatkan di atas jendela kapal dan berada di luar lambung kapal. Mesin ini digunakan untuk mengarahkan dan menggerakkan kapal. Salah satu aspek utama dari mesin diesel perahu kapal ini adalah Anda harus menggerakkan mesin untuk mengarahkan kapal. Perahu yang lebih kecil biasanya akan menggunakan anakan tangan untuk menggerakkan mesin, sedangkan perahu yang lebih besar akan mengandalkan roda kemudi untuk memutar mesin.

Baca Juga: CARA KERJA MESIN DIESEL DAN KEUNGGULANNYA DARI MESIN BENSIN

2. Mesin Dalam Kapal

Mesin dalam kapal dipasang di dalam lambung kapal. Mesin ini biasanya adalah mesin otomotif empat langkah yang dimodifikasi untuk perahu yang memiliki fitur baling-baling yang terhubung ke poros penggerak. Berbeda dengan mesin tempel, mesin dalam tidak digunakan untuk mengemudikan kapal. Mesin dalam biasanya dipasangkan dengan kemudi di belakang baling-baling, dengan kemudi disesuaikan dengan roda kemudi.

Mesin penggerak buritan: Mesin penggerak buritan kadang-kadang disebut sebagai mesin “inboard-outboard” karena dilengkapi dengan fitur dari kedua mesin ini. Seperti inboard, mesin ini bersifat otomotif empat langkah yang dipasang di interior lambung. Mirip juga dengan motor tempel, karena dilengkapi dengan unit penggerak yang digunakan operator untuk kemudi. Memutar roda memutar unit penggerak juga dan menentukan arah perahu.

3. Mesin Penggerak Jet

Mesin penggerak jet menggunakan air di sekitar perahu untuk mengarahkan dan mendorongnya. Di bagian bawah perahu, sebuah intake menarik air, dan kemudian unit penggerak jet mempercepat air untuk mendorong perahu ke depan.

Di samping berbagai jenis mesin perahu, beberapa jenis sistem propulsi dapat menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk mendorong perahu ke depan. Salah satu jenis sistem propulsi yang paling populer adalah sistem propulsi diesel. Sistem semacam ini menggunakan bahan bakar diesel sebagai sumber tenaga, dengan mesin dua langkah dan empat langkah yang paling umum semacam mesin diesel Shanghai Nantong.

Anda juga dapat menemukan sistem propulsi diesel-listrik di beberapa kapal komersial, dengan sistem yang menggunakan listrik dan bahan bakar diesel secara bersamaan. Sistem propulsi bahan bakar tri adalah pilihan utama lainnya, karena dapat membakar bahan bakar berat, solar, dan bahan bakar gas. Mesin semacam ini juga dapat mengurangi emisi kapal.

Baca Juga: 6 PERALATAN YANG HARUS ADA DALAM KAMAR MESIN KAPAL

Tips Memilih Mesin Diesel Perahu Kapal dengan Jumlah Horsepower yang Tepat

1. Periksa Persyaratan Pabrikan

Jual Mesin Diesel Shanghai Nantong
Sumber: Pixabay.com

Salah satu tempat pertama yang harus dilihat saat Anda mencari tenaga kuda yang tepat adalah memeriksa manual pemilik Anda. Manual ini sering kali menyertakan informasi tentang jumlah tenaga kuda maksimum yang dapat ditangani perahu, serta menjelaskan berapa banyak beban yang dapat Anda tempatkan di perahu dengan aman. Manual ini mungkin juga memiliki rekomendasi tentang kisaran tenaga kuda yang harus Anda cari saat membeli mesin.

2. Hitung Rasio Horsepower-to-weight

Mesin Diesel Perahu Kapal
Sumber: Pixabay.com

Saat memilih mesin, hitunglah rasio horsepower-to-weight. Untuk menghitung rasio, ambil berat perahu dan bagi dengan tenaga kuda mesin, dengan hasil yang mewakili pound perahu per tenaga kuda. Anda dapat membandingkan beberapa mesin dengan perhitungan ini, karena hasilnya dapat memberi tahu Anda mesin mana yang paling bertenaga. Semakin rendah pound perahu per tenaga kuda, semakin cepat perahu akan melaju.

Jika Anda memiliki tenaga kuda yang terlalu kecil, Anda tidak akan melaju secepat yang Anda inginkan. Namun, mesin dengan tenaga kuda yang terlalu besar dapat merusak perahu Anda dengan memberikan tekanan ekstra pada perahu yang tidak dirancang untuk ditangani. Biasanya, Anda ingin mesin Anda memiliki satu tenaga kuda untuk setiap 25 hingga 40 pon berat kapal.

3. Ukuran Mesin Diesel Perahu Kapal yang Dibutuhkan

Umumnya, ketika Anda mencoba memutuskan ukuran mesin yang tepat untuk kapal Anda, lebih baik memilih mesin yang besar daripada yang lebih kecil. Motor yang lebih besar cenderung memiliki tenaga kuda yang lebih tinggi dan akan memberi Anda tumpangan yang lebih cepat. Pada kecepatan menengah, motor yang lebih besar akan memberi perahu Anda penanganan yang lebih baik.

Manfaat lain dari menggunakan motor yang lebih besar adalah memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih besar. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa mesin yang lebih kecil akan menggunakan lebih sedikit bahan bakar, tidak demikian halnya. Karena mesin yang lebih kecil akan lebih sulit dinyalakan daripada kapal yang berat, mesin tersebut akan menggunakan lebih banyak bahan bakar, sehingga meningkatkan biaya bahan bakar Anda. Motor yang lebih besar tidak akan menggunakan bahan bakar dengan cepat karena tidak akan kesulitan untuk menggerakkan kapal yang berat.

Rekomendasi Suplier Mesin Diesel Shanghai Nantong

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa mesin diesel Shanghai Nantong merupakan salah satu mesin yang cukup banyak digunakan. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya melalui PT. Agraprana Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengadaan suku cadang / spare part untuk perusahaan pelayaran (marine) seperti suku cadang atau spare parts.

Editor: Langgeng Irma Salugiasih

Author

Enable Notifications OK No thanks