Chart recorder merupakan alat yang digunakan untuk merekam data yang hasilnya dapat diwujudkan dalam sebuah kertas atau berbentuk digital. Alat perekam grafik ini banyak digunakan dalam bidang-bidang B2B seperti di pabrik, perusahaan, laboratorium, instalasi pemurnian air, dan gedung perkantoran.

Adanya perkembangan teknologi yang pesat, membuat alat perekam grafik telah berkembang dari tradisional menjadi digital dan lebih fleksibel. Bahkan banyak chart recorder yang dapat diaplikasikan pada ruang kerja yang terbatas.

Apa itu Chart Recorder

Chart recorder atau perekam grafik adalah perekam yang membaca dan menarik input ke selembar kertas yang bergulir. Perekam grafikini, digunakan untuk merekam berbagai proses dan sinyal listrik.

Sebelum era digital, banyak perusahaan atau laboratorium merekam data di atas kertas menggunakan perekam grafik tradisional. Namun seiring berkembangnya teknologi, kini perekam grafik dapat dioperasikan tanpa kertas.

Perekam grafik ini biasanya digunakan di pabrik, perusahaan atau laboratorium. Penggunaan perekam grafik di pabrik, dilakukan dengan melacak variabel seperti suhu, tekanan, aliran, pH, dan kelembapan. Perekam grafik di pabrik, digunakan untuk menyimpan catatan faktor proses seperti tekanan, aliran, dan kelembapan suhu.

Sementara laboratorium, menggunakan alat ini untuk memantau data ilmiah dan teknik yang dihasilkan dalam pengujian diagnostik, analisis statistik, dan pekerjaan lain yang membutuhkan pencatatan grafis.

Selain itu, alat ini juga digunakan di instalasi pemurnian air dan gedung perkantoran besar. Dalam instalasi pemurnian air, perekam grafik digunakan untuk merekam laju aliran air selama berbagai titik aktivitas. Pada gedung perkantoran besar, digunakan untuk merekam suhu internal sepanjang hari tertentu. Data tersebut nantinya dapat membantu operator gedung menentukan cara memanfaatkan sistem dengan paling efisien.

Baca juga: Tindakan Pencegahan Kecelakaan Pada Pressure Transmitter

Jenis-Jenis Chart Recorder

Chart Recorder
Sumber: Pinterest

Alat perekam grafik adalah salah satu komponen penting dalam berbagai aplikasi B2B. Saat ini, alat perekam ini telah berkembang menjadi beberapa jenis, bahkan berkembang menjadi praktis dan fleksibel dalam ruang kerja yang terbatas.

Strip Chart Recorder

Perekam grafik dengan jenis strip, dirancang untuk proses pengukuran berkelanjutan. Proses perekaman grafik strip, paling sering digunakan untuk penelitian laboratorium dan aplikasi proses.

Perekam grafik jenis ini, memproses potongan kerja panjang dengan dilewatkan di bawah spidol. Pena disejajarkan di atas garis lurus melintasi kertas dari komponen lampiran dan bergerak saat aktivitas dibaca dari sumber yang sesuai. Ketika proses pembacaan, pena membelok ke atas atau ke bawah dari garis lurus.

Circular Chart Recorder

Circular chart recorder, bekerja dengan cara menangkap informasi dengan komponen berputar, di mana kertas digulung ke bawah perangkat penandan. Ketika sinyal (kecepatan atau intensitas) berubah, pena membelok ke atas atau ke bawah dari posisi sentralnya.
Perekam grafik melingkar ini memiliki desain yang ringkas dan dapat diatur dan dioperasikan dalam ruang terbatas.

XY Chart Recorder

XY chart recorder, digunakan untuk merekam dua input yang berlawanan secara bersamaan. Perekam grafik jenis ini, akan memetakan kontras antara input X dan input Y. Rekaman tersebut digunakan untuk mempelajari bagaimana satu input dipengaruhi oleh input lainnya dan sebaliknya.

Jenis XY ini sering digunakan dalam laboratorium untuk mempelajari proses kimia. Pada rekaman tersebut, input X akan mencatat suhu lingkungan tertentu dan input Y merekam tingkat tekanan yang dihasilkan dalam suhu tersebut.

Hybrid Chart Recorder

Hybrid chart recorder merupakan kombinasi dari perekam grafik dan pencatatan data. Unit hibrida merekam dan menyimpan informasi secara digital. Perekam ini diproduksi dengan kemampuan multi saluran yang ditangani dengan satu kepala cetak.

Paperless Chart Recorder

Paperless chart recorder adalah perekam grafik tanpa menggunakan gulungan kertas. Rekaman dengan jenis ini nantinya disimpan dalam memori digital unit dan dapat dilihat pada layar tampilan grafis, sehingga data yang direkam pada unit langsung dapat ditransfer ke sistem komputer untuk dilihat dan dipelajari selanjutnya.

Secara bentuk dan fungsi, jenis ini mirip dengan pencatatan data. Perekam jenis ini menggabungkan teknologi perekaman grafik dengan kemampuan digital yang diperlukan untuk Sebagian besar aplikasi B2B.

Baca juga: Pressure Transmitter: Pengertian, Komponen, dan Cara Kerja

Tips Memilih Chart Recorder

Tingginya penggunaan alat perekam grafik, membuat Anda harus menentukan unit yang paling cocok untuk aplikasi B2B. Berikut beberapa faktor yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan:

  1. Jumlah input yang harus dicatat
  2. Jenis input yang Anda rencanakan untuk direkam
  3. Jenis rekaman yang paling berguna untuk keperluan Anda
  4. Siklus pemindaian yang diperlukan untuk aplikasi Anda
  5. Jenis antarmuka yang diperlukan untuk komunikasi B2B
  6. Desain unit yang paling sesuai untuk aplikasi
  7. Jenis rekaman yang disukai

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Mengenai Pressure Transmitter

Jual Pneumatic Chart Recorder

Chart Recorder
Sumber: Pinterest

PT. Pabolak Arta Utama adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2009. PT. Pabolak Arta Utama menyediakan perlengkapan produk dan layanan industry seperti Control Valve CVS, Ball Valve, Chemical Pump, Safety valve, Installation Instrument, Calibration Instrument, Instrumentation Supply, Perakitan Rekayasa Matering Gas, dan beberapa produk serta layanan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan Pneumatic Chart Recorder dalam perusahaan ini dengan kualitas dan harga terbaik. Tunggu apalagi? Percayakan kebutuhan Anda pada PT. Pabolak Arta Utama dan buatlah penawaran terbaik.

Author

Enable Notifications OK No thanks