Indonetwork, MakananPenggunaan iji wijen paling sering ditemukan sebagai taburan makanan seperti onde onde atau sebagai taburan roti. Biji wijen memiliki nama latin Sesamum indicum. Biji wijen sendiri berasal dari tanaman famili Pedaliaceae yang berasal dari Afrika. 

Tanaman ini mulanya dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau yang lebih dikenal dengan minyak wijen. Biji wijen juga banyak kenal orang banyak karena memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk sebagai bahan pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Kandungan yang terdapat pada biji wijen diantaranya vitamin, serat, flavonoid, dan asam lemak omega di dalam biji wijen. Tak heran jika biji wijen banyak dikonsumsi setiap harinya.

Pada artikel ini akan menjelaskan penggunaan biji wijen selain sebagai taburan makanan.

Manfaat Biji Wijen Bagi Tubuh

manfaat biji wijen putih

Selain sebagai taburan makanan, biji wijen juga ternyata memiliki banyak manfaat berikut mengenai penjelasannya. 

1. Sebagai Sumber Protein 

Biji wijen diketahui memiliki sumber protein yang tinggi. Biji wijen mengandung asam amino berkualitas tinggi yang membentuk 20 persen dari bijinya. Oleh karena itu, biji wijen sangat cocok dijadikan bahan pelengkap makanan bagi seseorang yang sedang berdiet.

2. Menjaga Kesehatan Mulut 

Selain sebagai sumber protein biji wijen juga memiliki manfaat bagi kesehatan mulut karena biji wijen memiliki sistem antibakteri dan zat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut. Terlebih lagi dari gangguan bakteri streptococcus, yaitu bakteri yang bisa mengganggu kesehatan rongga mulut.

3. Mencegah Diabetes 

Mengkonsumsi biji wijen ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan glukosa plasma pada penderita diabetes hipersensitif. Karena biji wijen mengandung magnesium dan nutrisi lain yang telah terbukti dapat melawan diabetes.

4. Mencegah Kanker 

Selanjutnya manfaat biji wijen adalah mencegah tumbuhnya kanker seperti kanker otak, payudara dan mulut. Karena biji wijen juga dilengkapi dengan anti karsinogenik, mineral, kandungan fitat, serta thymoquinone. Kandungan tersebut dikenal baik untuk membantu menekan pertumbuhan sel kanker dan sel darah kotor di beberapa area. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Minyak Biji Wijen Putih Di Rumah

5. Menjaga Pencernaan 

Biji wijen mengandung serat sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat diyakini mampu merangsang gerak peristaltik makanan pada usus halus sehingga gangguan dan masalah pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diminimalisir.

6. Menurunkan Tekanan Darah 

Seperti yang sudah diketahui biji wijen sendiri mengandung magnesium yang dapat mencegah terjadinya diabetes, namun selain dapat mencegah terjadinya diabetes magnesium yang terkandung dalam biji wijen dapat menurunkan tekanan darah. selain itu biji wijen juga mengandung  sesamol dan sesamin yang diyakini efektif juga untuk merelaksasikan pembuluh darah.

7. Menjaga Kesehatan Rambut 

Biji wijen nyatanya juga mengandung mineral zinc. Seperti yang kita tahu kedua kandungan tersebut dikenal baik untuk membantu memperkuat jaringan kulit rambut hingga pertumbuhan dan kesehatan rambut.

8. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Manfaat dari biji wijen yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan pernapasan karena magnesium yang terkandung dalam biji wijen nyatanya terbukti memiliki manfaat dalam mencegah asma dan gangguan pernapasan lainnya dengan cara mencegah kejang saluran napas.

Rekomendasi Distributor Biji Wijen Putih

biji wijen putih
Sumber: Unsplash

Demikian Artikel mengenai manfaat dan penggunaan biji wijen lain selain sebagai taburan, semoga dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Jika Anda sedang mencari jenis biji-bijian yang berkualitas, termasuk biji wijen super Anda dapat menemukannya di PT Sumber Roso Agromakmur

Perusahaan ini menyediakan jenis biji bijian berkualitas selain menjual jenis biji-bijian PT Sumber Roso Agromakmur juga merupakan distributor rempah rempah, importir cabe kering yang bertempat di indonesia. Kami pun sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun di perdagangan hasil bumi seperti palawija dan lain lainnya. 

Penulis: Adelia
Editor: Nafila Chaerunnisa


%d bloggers like this: