Indonetwork, Peluang UsahaPernah mendengar madu klanceng? Madu memiliki banyak jenis, salah satunya adalah madu klanceng. Madu ini dihasilkan oleh lebah Trigona Sp. Lebah trigona merupakan salah satu jenis lebah yang tidak menyengat dan menghasilkan madu dalam jumlah sedikit.

Madu klanceng sendiri mempunyai rasa dan tekstur yang cukup unik. Tidak seperti madu murni yang memiliki rasa manis, madu klanceng memiliki rasa cenderung sedikit asam. Ada juga madu klanceng yang memiliki rasa sedikit pahit. Selain itu, madu klanceng memiliki tekstur yang cukup cair.

Selain memiliki tekstur yang berbeda daripada madu murni, ternyata ada beberapa perbedaan madu klanceng dengan madu murni. Berikut ini rangkuman mengenai perbedaan madu klanceng dan madu murni beserta manfaatnya yang perlu Anda ketahui!

Perbedaan Madu Murni dan Madu Klanceng

madu murni madu klanceng

Madu biasanya memiliki beberapa persamaan dalam beberapa hal seperti memiliki rasa manis. Ternyata tidak hanya memiliki persamaan, madu  juga memiliki beberapa perbedaan.

Madu klanceng memiliki banyak perbedaan daripada madu murni pada umumnya. Berikut perbedaan madu klanceng dengan madu murni.

1. Harga Lebih Mahal

Harga madu klanceng lebih mahal dikarenakan jenis bibit lebah trigona menghasilkan madu dalam jumlah sedikit, yakni hanya 100-200 ml per 3 bulan saja. Selain itu, madu klanceng relatif lebih mudah dibudidayakan dan tidak agresif dalam melindungi sarangnya.

2. Rasa Lebih Asam

Madu klanceng memiliki kadar madu mencapai 3,05-4,55. Teksturnya pun lebih cair dibanding dengan madu murni yang cenderung kental. Hal ini karena madu klanceng memiliki kadar air yang lebih banyak, berkisar antara 30-35 persen.

3. Mengandung Bee Pollen dan Propolis

Lebah trigona ini juga menghasilkan bee pollen dan propolis yang lebih tinggi, serta memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Bee pollen adalah butiran tepung sari yang dihasilkan oleh lebah melalui campuran serbuk sari, nektar, dan air liur lebah.

Bee pollen diketahui mengandung nutrisi yang melimpah. Sedangkan propolis adalah lem lebah untuk melindungi sarang dari serangan predator.

BACA JUGA: CARA MEMILIH BIBIT LEBAH MADU UNTUK BUDIDAYA

Manfaat Madu Klanceng

Madu klanceng memiliki banyak khasiat sehingga memiliki banyak peminatnya. Madu ini dapat bermanfaat untuk manfaat kesehatan dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti meredakan batuk, menurunkan kadar gula darah, dan kadar gula kolesterol. 

Selain digunakan untuk kesehatan, ternyata madu klanceng juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat madu klanceng bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Madu Klanceng Bagi Kesehatan

perbedaan madu murni madu klanceng

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Madu klanceng sendiri  memiliki senyawa antioksidan bernama protocatechuic acid (PCA), dan hydroxyphenylacetic acid. PCA merupakan antioksidan yang cukup kuat yang terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka infeksi yang disebabkan oleh bakteri E. subtilis, M. Luteus, B. Megaterium, dan B. brevis.

2. Mengontrol Diabetes

Madu klanceng sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Madu jenis ini memiliki indeks glikemik rendah yang dapat membantu menekan kadar gula darah. Madu klanceng sendiri mengandung senyawa bioaktif polifenol yang sering digunakan secara tradisional untuk mengobati diabetes.

3. Mengatasi Keputihan

Kandungan anti mikroba dalam madu klanceng juga dapat mengatasi keputihan, keputihan umumnya cukup normal bagi beberapa perempuan. Akan tetapi, jika tidak diatasi, keputihan dapat menjadi indikasi infeksi yang berhubungan dengan masalah reproduksi wanita.

4. Anti Peradangan

Madu klanceng mengandung senyawa fenol yang dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh. Fenolik yang memiliki fungsi mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh seperti tumor dan kanker.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, madu klanceng juga dapat dijadikan campuran minuman kesehatan sebagai pengganti gula.

5. Mengatasi Gangguan Kesuburan

Madu klanceng memiliki sifat anti-inflamasi, anti-hiperlipidemia, dan kardioprotektif, sehingga mempunyai kemampuan untuk membantu mengobati gangguan mata, gangguan neurologis, dan gangguan kesuburan.

BACA JUGA: MADU KLANCENG, SI ASAM MANIS KAYA MANFAAT

Manfaat Madu Klanceng Bagi Kecantikan

madu untuk kecantikan

1. Melembabkan Kulit

Selain memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, ternyata madu klanceng juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk melembabkan kulit. Hal ini karena madu klanceng memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang dapat meredakan radang pada kulit serta mengobati bintik bintik merah pada wajah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain menjadi pelembab pada wajah, madu klanceng juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan di wajah yang membuat wajah Anda terlihat lebih tua, padahal usia Anda tergolong cukup muda.

Anda dapat mencegah terjadinya penuaan dini dengan cara menggunakan campuran madu klanceng dengan perasan lemon, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, Anda dapat mengoleskannya pada wajah dan diamkan beberapa saat. Setelah sudah, Anda bisa membilas wajah hingga bersih.

Anda bisa melakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi Anda juga perlu hati-hati terhadap efek sampingnya, seperti gatal-gatal hingga alergi.


Nah itulah informasi mengenai perbedaan dan manfaat madu klanceng. Ingin merasakan manfaat dari madu klanceng? Rekomendasi tempat jual madu klanceng Anda dapat temukan di Rimba Raya Bee Farm.

Anda dapat menemukan berbagai jenis madu yang anda inginkan dengan kualitas terbaik dan harga cukup bersahabat, seperti madu klanceng, madu murni, bibit lebah, dan lain sebagainya.

Penulis: Adelia

Editor: Nafila Chaerunnisa

Enable Notifications OK No thanks