Indonetwork, Kesehatan– Sejak zaman dahulu madu sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Manusia menggunakan madu sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Sebagai makanan alami, madu termasuk sebagai salah satu makanan tertua di dunia.

Madu memiliki keunikan dari makanan yang lain seperti bersifat asam, keseimbangan pH yang bagus serta memiliki kandungan air yang rendah membuatnya sebagai makanan tanpa kadaluarsa meskipun sudah disimpan lama. Informasi di bawah ini berisi tentang salah satu jenis madu dan rekomendasi tempat jual madu klanceng.

Lebah Madu

Jual Madu Klanceng Murah
Sumber: Ahadi.id

Menurut para ahli, lebah madu sudah ada sejak 158 juta tahun lalu. Manusia diketahui sudah mengumpulkan madu dan lilin lebah sejak 8.000 tahun sebelum masehi. Madu juga sudah digunakan pada masa peradaban kuno seperti yang tercatat di dinding-dinding piramida mesir kuno. Bahkan dalam beberapa kitab suci madu disebutkan di dalamnya. Hal ini membuktikan bahwa madu memang diciptakan untuk memberi manfaat bagi manusia.

Ribuan lebah harus menghisap setidaknya 5.000 kali untuk menghasilkan satu sendok teh madu. Koloni lebah akan mengambil nektar dari bunga atau buah dan menyimpannya ke dalam perut. Di dalam perut lebah terdapat enzim yang berfungsi mengubah nektar menjadi gula alami. Nektar yang sudah diubah menjadi gula alami inilah yang kemudian dikumpulkan dalam celah-celah lubang sarangnya.

Di indonesia ada berbagai macam jenis madu yang sangat populer. Tiap-tiap daerah pun memiliki ciri khas madu yang berbeda-beda. Hal ini terjadi karena bentuk, warna, dan rasa madu sangat dipengaruhi oleh sumber makanan lebah. Hampir setiap pulau di Indonesia memiliki madu khasnya masing-masing yang mengandung segudang manfaat seperti madu klanceng dalam pembahasan berikut ini.

Baca Juga: 9 Langkah Ternak Lebah Madu untuk Pemula

Perbedaan Madu Klanceng dengan Madu Lainnya

Jual Madu Klanceng
Sumber: Seputargk.id

Setiap lebah menghasilkan madu yang berbeda-beda tergantung jenis lebah yang memproduksinya. Madu klanceng misalya, dihasilkan dari jenis lebah bukan penyengat sehingga menghasilkan cita rasa dan kandungan yang berbeda dengan madu pada umumnya. Berikut beberapa perbedaan madu klanceng dengan madu lainnya:

1. Produk dari Lebah yang Tidak Menyengat

Madu klanceng dihasilkan dari lebah klanceng Trigona (Trigona sapiens dan Trigona clypearis) yang memiliki ciri bertahan hidup dengan menggigit, bukan menyengat. Sementara madu yang banyak dikenal masyarakat merupakan madu dari lebah spesies Apis (Apis cerana, A. Meliafera, A. Dorasata  dan lain-lain) yang bertahan hidup dengan menyengat.

Secara fisik dan bentuk sarangnya kedua jenis lebah ini memiliki perbedaan. Sarang lebah madu spesies Apis memilili bentuk heksagonal, sedangkan sarang lebah klanceng berbentuk seperti pot atau kendi bulat yang melintang secara horizontal.

2. Rasa yang Lebih Asam

Madu pada umumnya memiliki rasa yang manis, tak terkecuali madu klanceng. Hanya saja, Anda juga akan merasakan sedikit asam dibandingkan madu biasanya karena madu klanceng mimiliki kadar keasaman mencapai 3,05-4,55. Tekstur madu klanceng pun lebih encer karena kadar airnya kebih banyak, yaitu 30-35 persen. Dari segi warna madu klanceng memiliki warna yang lebih gelap dari madu biasanya.

3. Harga yang Lebih Mahal

Madu klanceng memiliki harga yang lebih mahal daripada madu biasa karena madu klanceng tidak bisa menghasilkan madu dalam jumlah banyak, yaitu hanya 100-200 ml saja perbulan. Selain itu, terdapat sekitar 200 senyawa yang dibutuhkan tubuh Anda seperti vitamin, enzim, asam amino, dan mineral lainnya yang tidak terdapat pada madu biasa.

Baca Juga: 8 Menu Hidangan Olahan Madu yang Lezat

Manfaat Madu Klanceng

Meskipun harganya lebih mahal dari madu biasa, madu klanceng memiliki peminat yang banyak karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa manfaat madu klanceng bagi kesehatan:

1. Tinggi Antioksidan

Madu klanceng memiliki senyawa antioksidan Protocatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. PCA merupakan antioksidan kuat yang berkhasiat mempercepat penyembuhan luka.

2. Anti Bakteri

Madu klanceng bersifat anti bakteri karena mengandung hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. Kandungan tersebut dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. Coli, B. Subtilis, P. Syringae, M. Luteus, B. Megaterium, dan B. Brevis. Hidrogen peroksida juga berfungsi merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Selain itu, madu ini dapat menarik leuksit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

3. Anti Peradangan

Madu klanceng juga mengandung senyawa fenolit yang dapat melawan proses peradangan dalam tubuh. Fungsi ini mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti tumor dan kanker.

4. Mengontrol Diabetes

Madu klanceng cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jenis madu ini memiliki indeks glikemik rendah yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Meski manis, makanan dengan indeks glikemik rendag tidak memicu kenaikan gula darah secara drastis ketika dikonsumsi.

5. Mengatasi Gangguan Neurologis

Madu klanceng juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak, terutama mengatasi gangguan neurologis. Gangguan neurologi umumnya terjadi pada otak, sumsum tulang belakang, dan sistem saraf secara keseluruhan. Hasil penelitian juga menunjukkan aktivitas antioksidan, anti kanker dan antiaterogenik yang signifikan yang membantu mencegah gangguan neurologis dan mengatasinya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Bagi Anda yang mempunyai masalah jantung atau ingin menjaga kesehatan jatung, madu klanceng sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Madu klanceng sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung baik pada pasien sehat maupun pada mereka dengan faktor resiko bawaan.

Baca Juga: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Ternak Lebah Madu

Rekomendasi Peternakan Jual Madu Klanceng

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi madu ini, Anda bisa mendapatkannya di peternakan Rimba Raya Bee Farm. Mereka memiliki madu berkualitas yang berasal dari peternakan langsung. Selain itu, peternakan ini mengembangkan 3 jenis madu yang lain yaitu madu jenis Apis Trigona, Apis Melifera dan Apis Indica/ Cerana. Jadi, bagi Anda yang mencari peternakan yang jual madu klanceng bisa menghubungi Rimba Raya Bee Farm.

Editor: Langgeng Irma S.

Author

Enable Notifications OK No thanks