Kawat bendrat adalah salah satu dari berbagai jenis material yang biasa digunakan untuk konstruksi bangunan. Setiap kawat memiliki fungsi, ukuran, serta jenis yang berbeda-beda. Mulai dari diameter yang paling besar hingga kecil, ketebalan yang paling tipis hingga tebal, dan lain sebagainya.

Apa itu Kawat Bendrat

Dalam sebuah konstruksi bangunan, biasanya dibutuhkan berbagai material yang dapat mendukung agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh dan membentuk struktur seperti apa yang diinginkan. Salah satu material tersebut adalah kawat bendrat.

Material bangunan ini adalah kawat tipis yang dibuat dari bahan besi. Kawat ini sering digunakan bersamaan dengan besi beton dan besi begel dalam pembuatan kolom praktis atau sloof.

Selain itu, material bangunan ini juga biasa disebut dengan kawat galvanis. Hal ini dikarenakan warna dan bentuknya yang sangat mencolok. Meskipun keduanya memiliki spesifikasi berat hingga ketebalan yang berbeda. Bahan bangunan ini dibuat dengan bahan utama kawat khusus yang sudah teruji ketahanannya.

Baca juga: 7 Jenis dan Fungsi Kawat untuk Bahan Bangunan

Untuk apa material bangunan ini

Seperti material bangunan pada umumnya, kawat jenis ini juga memiliki kegunaan dalam bidang konstruksi. Berikut beberapa fungsinya dalam konstruksi bangunan.

Untuk Mengikat Struktur Bangunan

Proses pembangunan rumah, biasanya dimulai dengan membuat rangka-rangka bangunan. Agar bangunan memiliki tiang yang kokoh, maka beberapa material bangunan perlu disatukan dan diikat. Maka dari itu, fungsi utama dari bahan bangunan ini adalah untuk mengikat struktur bangunan.

Karakteristiknya yang tipis, tidak membuat material ini memiliki kekuatan yang kecil. Kawat ini mampu mengikat besi berukuran apapun, sehingga tidak mudah lepas dan roboh.

Untuk Menahan Rangka Besi

Seperti pada umumnya gedung atau rumah dibangun, setiap bangunan disusun atas kerangka-kerangka yang dibuat dari besi. Seperti membuat dinding, atap, tiang, lantai, dan bagian-bagian rumah lainnya.

Besi-besi tersebut disusun dan disatukan dengan sebuah kawat untuk menahannya agar dapat berdiri kokoh. Untuk membuat ikatan yang kencang pada rangka besi, Anda bisa menggunakan alat pemutar khusus agar dalam proses mengikat besi menjadi lebih mudah.

Untuk Material Tambahan

Tidak hanya digunakan dalam pembuatan kerangka bangunan, kawat ini juga dapat digunakan untuk material tambahan dalam peralatan konstruksi Anda. Kawat ini dapat Anda gunakan untuk merapikan beberapa material yang tidak terpakai seperti kumpulan besi, dan lain sebagainya.

Untuk Menyusun Sistem Linking Kabel

Material bangunan ini juga dapat difungsikan untuk menyusun sistem linking kabel. Nantinya, kawat ini diikatkan untuk sistem linkingnya. Selain itu, material ini juga bisa digunakan untuk mengikat tumpukan kabel.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Wiremesh dan Fungsinya

Varian Ukuran

Kawat Bendrat
Sumber: Pinterest

Terdapat sejumlah ukuran kawat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. berikut beberapa ukuran yang bisa menjadi referensi Anda.

Kawat Bendrat
Ukuran Kawat Bendrat

Jika Anda hendak membeli material bangunan ini, Anda hanya perlu menyebutkan kode kawatnya saja. Mengingat setiap jenis memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Kawat yang tebal dapat mengikat konstruksi yang lebih besar. Sementara kawat yang kecil hanya mampu mengikat besi dengan diameter kecil.

Apabila Anda kesulitan dalam menentukan akan memilih kawat dengan ketebalan berapa, Anda juga dapat mengkonsultasikannya kepada staf di mana Anda membeli material tersebut. Mereka dengan senang hati akan memberikan Anda rekomendasi material yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membeli material ini adalah kualitas dari barang yang Anda pilih. Kawat dengan kualitas yang bagus, tidak mudah putus meskipun tipis.

Perkiraan Harga Terbaru 2022

Material bangunan ini biasa dijual dalam bentuk gulungan dan dihitung berdasarkan rol maupun per kilogram. Berat satu rolnya sekitar 20 kg. Akan tetapi, kawat ini akan dihitung berdasarkan beratnya yang dibeli. Berikut perkiraan harga terbaru 2022 menurut Rumah123.

  1. Kawat bendrat per rol: Rp300.000
  2. Model kawat bendrat: Rp15.000/kg
  3. Jenis kawat bendrat 20 kg: Rp200.000
  4. Kawat bendrat per meter: Rp2.000
  5. Model kawat bendrat BWG 6: Rp15.500/kg
  6. Harga kawat bendrat BWG 8: Rp15.00/kg
  7. Kawat bendrat BWG 14: Rp18.750/kg
  8. Model kawat bendrat BWG 16: Rp21.000/kg
  9. Jenis kawat bendrat BWG 10: Rp15.200/kg
  10. Kawat bendrat BWG 12: Rp17.200/kg

Perlu diingat, bahwa setiap harga material bangunan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Variasi harga tersebut juga dapat berbeda-beda tergantung di mana Anda membelinya.

Baca juga: Fungsi dan Jenis Kawat Bendrat untuk Konstruksi Bangunan

Jual Kawat Bendrat

Kawat Bendrat
Sumber: Pinterest

Apabila Anda berencana untuk melakukan pembangunan dalam waktu dekat, Anda dapat membeli berbagai material bangunan berkualitas di PT. Baja Mas Abadi.

Mereka menyediakan berbagai material konstruksi bangunan mulai dari besi beton, wiremesh, kawat, paku, pipa, galvalum, besi, dan lain sebagainya. Didukung dengan tim yang profesional dan berpengalaman, PT. Baja Mas Abadi selalu melayani dan memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan mutu, kualitas produk, dan harga yang kompetitif. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kontak yang tersedia dan konsultasikan kebutuhan konstruksi Anda hari ini!


Author

%d bloggers like this: